HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 4 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Anang Aulia Rizki, 1301416079 (2021) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 4 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301416079 - Anang Rizki.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Self efficacy berhubungan dengan activity in process. Individu yang sedang terlibat suatu kegiatan akan terbagi perhatian dan konsentrasinya ketika dihadapkan dengan kegiatan lain dalam waktu bersamaan. Berdasarkan penuturan guru kelas, siswa yang memiliki nilai rapor di atas rata-rata memang siswa yang terbilang aktif, percaya diri, antusias, rajin menegerjakan latihan ataupun PR dari guru. Sementara itu, siswa yang memiliki nilai rata-rata rapor kurang memuaskan memang berasal dari siswa yang terbilang pemalu, kurang percaya diri, kurang antusias dalam pembelajaran serta menghindari dan mengeluh saat mendapatkan tugas atau PR dari guru. Tujuan penelitian, terdiri dari 2 macam, yaitu tujuan umum dan khusus diantaranya untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan self efficacy dengan hasil belajar pada siswa SMP Negeri 4 Demak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian expost facto dengan jenis penelitian kuantitatif, hasil analisis deskriptif variabel self efficacy diperoleh pada masing-masing kelas VII, VII dan IX memiliki nilai tertinggi nilai tertinggi 93; nilai terendah 71; nilai rata�rata 81,24; dan standar deviasi 4,33, dan siswa yang memiliki self efficacy tinggi berjumlah 31 siswa (18,02%), siswa yang memiliki self efficacy sedang berjumlah 195 siswa (66,86%), dan jumlah siswa yang memiliki self efficacy rendah adalah 21siswa (15,12%). Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang memiliki prestasi belajar tinggi terdiri dari 40 siswa (22,60%), siswa yang memiliki hasil belajar sedang berjumlah 185 siswa (52,88%), dan siswa yang memiliki hasil belajar rendah berjumlah 42 siswa (24,52%). Kesimpulan Besarnya hubungan atau korelasi antara variabel self efficacy dengan hasil belajar yang ditunjukkan pada Pearson Correlation sebesar 0,723 dan nilai P 0,00<0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedua variabel tersebu

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press. Bandura, Albert. (1997). Self Efficacy : The Exercise Of Control. New York : W.H. Freeman and Company. Bandura, A. 2005. Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W. H. Freemanand Company. (Online) Freemanand Company. (Online) dalam (http://skripsipsikologie.wordpress.com /2010/07/05/efikasi�diri-dan- kecemasan/ di akses pada 28 Februari 2020). Bandura, A. & Edwin. A. 2006. Negative Self-Efficacy and Goal Effects Revisited. Journal of Applied Psychology. (Online). Vol. 88, No.1, 87-99 dalam (http://www.emory.edu/education/. di akses pada 28/02/2020). Bundu. Patta. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains SD . Jakarta: Depdiknas Bloom (dalam Sudjana). 2014. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Tarsito Bandung Dwi Siswoyo, dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press Farah Maulida, dkk. 2018. Hubungan Self Efficacy dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di MAN 7 Jakarta. Univeristas Muhammadiyah Prof Hamka: Jakarta Selatan (Vol 1, 2018) Fatiya Rosyida, dkk. 2016. Pengaruh Kebiasaaan Belajar dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA. Gusriko Hardianto, Erlamsyah & Nurfarhanah 2014 Hubungan Antara Self-efficacy Akademik Dengan Hasil Belajar Siswa jurnal konselor Volume 3 Number 1 Gloria A Tangkeallo, dkk.2014. Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Orientasi Masa Depan Mahasiswa Tingkat Akhir. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif (vol, 1 No. 10, 2014) Hermoni. 201. Karakter Belajar Siswa. Bandung:Alfabeta Nana Syaodih Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Ormrod, Jeanne Ellis. (2008). Psikologi Pendidikan : Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta : Erlangga. Purwanto.2014. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar Pajares, Frank. 1996. Review of Educational Research, Vol.66, No.4. (http://links.jstor.org/) Pajares, Frank & Tim Urdan. 2006. Self-Efficacy Beliefs of Adolescence. Greenwich: Information Age Publishing. Rr. Nanda Puspa Saputri. (2009). Hubungan Efikasi Diri Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK 1 Purbalingga. Skripsi. FIP UNY. Rizal Rusdyanto. 2015. Hubungan Antara Tingkat Self Efficacy Dengan Tingkat Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Irada Gresik. Fakultas Psikologi: Universitas Muhammadiyah Gresik Sutrisno Hadi. (2004). Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta : Andi Offset. Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Santrock, John W. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Dasar Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta. Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta. Sumadi Suryabrata. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Syaiful Bahri Djamarah. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional. Ridwa. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara Tutuk Ari Asanti. (2009). Hubungan antara Penetapan, Self Efficacy, dan Kinerja. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE) edisi September 2009 Vol.16
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Oct 2022 06:21
Last Modified: 26 Oct 2022 06:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52303

Actions (login required)

View Item View Item