PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI POKOK BAHASAN KETENAGAKERJAAN PADA SISWA KELAS VIII MTs MANBA’UL A’LA PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2008/2009


Evi Esti Muryanti , 3301405153 (2009) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI POKOK BAHASAN KETENAGAKERJAAN PADA SISWA KELAS VIII MTs MANBA’UL A’LA PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI POKOK BAHASAN KETENAGAKERJAAN PADA SISWA KELAS VIII MTs MANBA’UL A’LA PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI POKOK BAHASAN KETENAGAKERJAAN PADA SISWA KELAS VIII MTs MANBA’UL A’LA PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (472kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VIII di MTs. Manbaul a’la Purwodadi tergolong rendah. Berdasarkan observasi yang dilakukan, pembelajaran mata pelajaran ekonomi berlangsung secara konvensional, yaitu guru cenderung aktif dan siswa cenderung pasif. Aktivitas siswa dalam pembelajaran juga masih rendah. Ketuntasan belajar ekonomi siswa kelas VIII A yang dicapai hanya 39,47%. Permasalahan yang diungkap adalah Adakah peningkatan hasil belajar ekonomi pokok bahasan ketenagakerjaan pada siswa kelas VIII MTs Manba’ul A’la Purwodadi tahun pelajaran 2008/2009 dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD ?” Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran ekonomi pokok bahasan ketenagakerjaan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Manba’ul A’la Purwodadi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ketenagakerjaan. Tahap pelaksanaannya terdiri dari 2 siklus pembelajaran. Pada tiap siklus diberikan lembar latihan diskusi untuk didiskusikan dan dicari pemecahannya oleh masing-masing kelompok. Tes untuk dikerjakan secara individu diberikan di akhir siklus. Hasil penelitian siklus I belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini terlihat dari hasil tes silus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar baru 60,53 %. Hasil tersebut belum mencapai target yang ditetapkan yakni 85% siswa mendapatkan nilai 65 (tuntas belajar). Hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yang melampaui target yang ditentukan yaitu sebanyak 89,47 % siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Peningkatan hasil belajar tiap siklus juga diikuti peningkatan keterampilan kooperatif dan peningkatan respon siswa terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam pembelajaran agar siswa dapat termotivasi sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar, Pokok Bahasan Ketenagakerjaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2011 06:37
Last Modified: 25 Apr 2015 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item