Book Chapter Konservasi Pendidikan Jilid 2


Tri Joko Raharjo, - Book Chapter Konservasi Pendidikan Jilid 2. Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2. Desain E-Training Berorientasi Kebutuhan Peserta Pelatihan di Era Society 5.0 - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (534kB)

Abstract

Pengembangan profesi berkelanjutan menjadi titik fundamental dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Selain kebutuhan peningkatan profesi, pelatihan pegawai harus mengacu pada pemenuhan kebutuhan yang secara langsung mendukung dalam menjalankan profesi pegawai. Pelatihan dilakukan guna mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap mental dan kepribadian pegawai agar dapat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan dengan sebaik- baiknya. Temuan faktual desain pelatihan yang selama ini dilakukan di Balai Keagamaan Semarang didasarkan usulan prioritas kebutuhan setiap organisasi satuan pendidikan, sehingga belum secara penuh menyentuh kebutuhan nyata para peserta pelatihan. Temuan penelitian menghasilkan kebaruan berupa Desain model E-training berbasis kebutuhan sesuai perkembangan kerja di era society 5.0. Kebutuhan peserta di era society 5.0 diarahkan dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap mental dan kepribadian pegawai agar dapat melaksanakan tugas-tugas sesuai tuntutan efektifitas bekerja berbasis teknologi. Tahapan desain yang dikembangan memuat analisis kebutuhan pelatihan, rancangan pelatihan, pengembangan pelatihan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi pelatihan. Uji persepsi desain e-training berorientasi kebutuhan peserta pelatihan di era society 5.0 melalui pengujian beberapa ahli dan praktisi mempunyai tingkat keefektifan yang tinggi. Kata Kunci: E-training, Kebutuhan Peserta Pelatihan, Society 5.0

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: E-training, Kebutuhan Peserta Pelatihan, Society 5.0
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:26
Last Modified: 26 Oct 2022 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52289

Actions (login required)

View Item View Item