HUBUNGAN ANTARA COPING STRESS DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA KELAS X SMA
Diana Lilik Kusumawati Dewi, 1301416070 (2021) HUBUNGAN ANTARA COPING STRESS DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA KELAS X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena tingginya stres akademik siswa selama pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi, meskipun belajar dari rumah saja akan tetapi siswa merasa kelelahan hingga stres. Berdasarkan studi data awal yang telah dilakukan peneliti di SMA Negeri se-Kecamatan Ngaliyan Semarang banyak siswa mengalami stres akademik pada kategori tinggi, sedangkan yang mengalami tingkat stres akademik kategori rendah hanya sedikit saja. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara coping stress dan dukungan sosial dengan stres akademik pada pembelajaran jarak jauh siswa kelas X SMA Negeri se-Kecamatan Ngaliyan Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 255 siswa yang tersebar di kelas X. Alat pengumpulan data menggunakan skala stres akademik, skala coping stress, dan skala dukungan sosial yang masing-masing reliabilitasnya 0,872, 0,861, 0,921. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif, serta analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) ada hubungan yang negatif dan signifikan antara coping stress dengan stres akademik pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kecamatan Ngaliyan Semarang, (2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan stres akademik pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kecamatan Ngaliyan Semarang, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara coping stress dan dukungan sosial dengan stres akademik pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kecamatan Ngaliyan Semarang. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat coping stress dan dukungan sosial siswa secara bersam-sama maka tingkat stres akademik akan semakin rendah. Begitu pula sebaliknya, apabila tingkat coping stress dan dukungan sosial rendah, maka tingkat stres akademik semakin tinggi. Berkenaan dengan hasil dari penelitiin tersebut diharapkan kepada guru BK dapat menyelenggarakan layanan klasikal ataupun bimbingan kelompok berkenaan kiat-kiat menghadapi tuntutan-tuntutan akademik dengan mengembangkan kemampuan strategi coping stress serta cara mengatasi kejenuhan selama pembelajaran jarak jauh dari rumah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Additional Information: | Aprianti, I. (2012). Hubungan antara perceived social support dan psychological well-Being pada mahasiswa perantau tahun pertama di universitas indonesia. Skripsi. Universitas Indonesia. Awalya. (2013). Pengembangan Pribadi Konselor. Yogyakarta : CV Budi Utama. Azahra. (2017). Hubungan antara Stres Akademik dengan Coping stress Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Fakultas Pendidikan Psikologi. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta. Azwar, S. (2011). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Baqutayan, S.M.S. (2015). Stress and coping mechanism: a Historical Overview. Mediterranean Journal of Social Science. Vol 6 No 2 S1: 479 – 488 Barseli, dkk. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5 (03):143-148. Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Bayani, I., & Sarwasih, S. (2013). Attachmen dan Peer Group dengan Kemampuan Coping stress pada Mahasiswa Kelas VII di SMP RSBI Al Azhar 8 Kemang Pratama. Jurnal Soul. 6(1), 78-96. Chandra, Y. (2020). Online education during COVID-19: perception of academic stress and emotional intelligence coping strategies among college students. Asian Education and Development Studies. Damayamti, D.T., Masitoh, A. (2020). Strategi koping siswa dalam menghadapi stres akademik di Era pandemi covid-19. Journal of multidisciplinary studies: 4 (2), 185-198. Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya. Dixit, M. & Signt, N., (2015). Academic Stress of School Student in Relation to Their Self Esteem. Global Journal For Research Analysis. 4, 1-2 Ernawati, L., & Rusmawati, D. (2015). Dukungan sosial orang tua dan stres akademik pada siswa SMK yang menggunakan kurikulum 2013. Jurnal Empati, 4(4), 26-31. Fadlan, Z. (2019). Hubungan Problem Focused Coping dengan Academic Stress Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Unggul Binaan Kabupaten Bener Meriah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Fink, G. (2009). Stress consequence: Mental: Neuropsychological and Socioeconomic. Academic Press. Firnanda, G., Ibrahim, Y. (2020). Peer Social Support Relations with Student Academic Stress. Jurnal Neo Konseling, 2(3), 1. Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-70. Hardjana. (1994). Stres Tanpa Distres : Seni Mengolah Stres. Yogyakarta: Penerbit Kanisius. Hasan. A. (2012). Disiplin Beribadah: Alat Penenang Ketika Dukungan Sosial Tidak membantu Stres Akademi. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vol. 1, No. 3. Hasan, N., & Rufaidah, E. R. (2013). Hubungan antara dukungan sosial dengan strategi coping pada penderita stroke RSUD Dr. Moewardi Surakarta. TALENTA, 2(1), 41-62. Hertanto, Eko. (2017). Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. Jurnal Metodologi Penelitian September 2017. Inayatillah, V. 2015. Hubungan antara adversity question dengan kecenderungan stres dalam menyelesaikan tugas akhir (skripsi) pada mahasiswa (Doctoral dissertation, STIKES’Aisyiyah Yogyakarta). Kadapatti, M., & Vijayalaxmi, A. (2012). Stressor of academic stress- a study on Pre-university students. Indian J.Sci.Res., 1(3), 171–175. Kalat, J. W. (2010). Biopsikologi. Jakarta: Salemba Humanika. Keliat, B.A. (1999). Pelaksanaan Stres. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. King, L. A. (2016). Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. (Penerjemah: Petty Gina Gayatri). Jakarta: Salemba Humanika. Krisnanigrum, C. M. (2015). Hubungan Strategi Koping Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian SBMPTN. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kumar, R. (2011). Stres and coping strategies among nursing students. Nursing and midwifery research journal: 7(4), 141–151. Hasan, A. B. (2012). Disiplin Beribadah: Alat Penenang Ketika Dukungan Sosial Tidak Membantu Stres Akademik. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. Hobfoll, S.E. (1986). Stress, social support and women: the series in clinical and community psychology. New York: Herpe & Row Lieberman, M.A. (1992). The Effect of Social Support on Respond on Stress. Dalam Bretnitz & Golberger (Eds). Handbook of Stress: Theoritical & Clinical Aspects. London: Collier MacMillan Publisher. Livana, Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). “Tugas Pembelajaran” Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208. Maryam, S. (2017). Strategi Coping. Jurnal Konseling Andi Matappa. Maziyah, F. (2015). Hubungan Dukungan Sosial dengan Tingkat Kecemasan Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) NU Tuban. Malang: Skripsi. Universitas Islam Negeri Malana Malik Ibrahim. Muslim, M. (2020). MANAJEMEN STRES PADA MASA PANDEMI COVID19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192-201. Nakalema, G., & Ssenyonga, J. (2014). Gladys Nakalema Joseph Ssenyonga Mbarara University of Science and Technology, Uganda. African Journal of Teacher Education, 3(3), 1–21. Naviska, Nadia. (2012). Gambaran Mekanisme Koping Siswa Kelas 3 SMA di SMAN 1 Purwakarta Tahun Ajaran 2011/2012 Menjelang ujian Nasional. Skripsi, Universitas Indonesia. Ningrum, D. W. (2011). Hubungan optimisme dan coping stress pada mahasiswa UEU yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi. 9(1), 41-47. Nurfitriana. (2014). Strategi Coping stress Siswa terhadap Tugas Seolah di SMK Farmasi Yamasi Makassar. Skripsi, Universitas Hasanuddin. Nurmaliyah, F. (2014).Menurunkan Stres Akademik Siswa dengan Menggunakan Teknik Self Instruction. Jurnal Pendidikan Humaniora. (Online), Vol. 2 , No.3 hal 273-282. Pajarianto, H., Kadir, A., Galugu, N., Sari, P., & Februanti, S. (2020). Study from Home in the Middle of the COVID-19 Pandemic : Analysis of Religiosity, Teacher , and Parents Support Against Academic Stress, 12(2), 1791– 1807. Palupi, T. N. (2020). Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19 . JP3SDM. Purba, Shafira Aulia (2020). Tingkat Stres pada Siswa yang Bersekolah dengan Media Daring di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Skripsi, Universitas Sumatera Utara. Prayascitta, P. (2010). Hubungan antara coping stress dan dukungan sosial dengan motivasi belajar remaja yang orangtuanya bercerai. Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Priyatno, Duwi. (2014). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gava Media. Rahayu, Fitriyani. (2014). Hubungan Tingkat Stres Dengan Strategi Koping Yang Digunakan Siswa Siswi Akselerasi SMAN 2 Kota Tangerang Selatan. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Rahmawati, D. D. 2012. PengaruhSel-Efficacy terhadap Stres Akademik pada Siswa Kelas 1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Medan. Rizky, E., Zulharman., & Risma, D. (2014). Hubungan efikasi diri dengan coping stress pada mahasiswa angkatan 2012 Fakultas Kedokteran Universitas Riau. JOM FK. 1(2), 1-8. Sakti, E. D. D. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan coping stress pada siswa akselerasi. Naskah Publikasi. Falkutas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2012). Health psychology: biopsychosocial interactions, 7th/ed. John Wiley & Sons, Inc. Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology biopsychosocial interactions. amerika: Wiley. Sarafino, E.P. (1998). Health psychology: Biopsychosocial intervention. Third Edition. New York : John Willey & Sons, Inc. Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta : PT Grasindo. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Sun, J., Dunne, M.P., Hou, X.Y.,& Xu, A. (2011). Educational stress scale for adolescents: development, validity, and reliability with Chinese students. Journal of Psychieducational Assesment. 29 (6). 534-546. Utami, N. S. (2013). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan penerimaan diri individu yang mengalami asma. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 12-21. Yudiati, E. A., & Rahayu, E. (2017). Coping stress dan kecemasan pada orang�orang pengidap hiv/aids yang menjalani tes darah dan VCT (Voluntary Counseling Testing). Semarang: Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stress akademik. Psyche 165 Journal, 13 (2), 235-239. Faktor faktor yang mempengaruhi stres akademik. Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and After Covid-19 : Immediate Responses and LongTerm Visions. Zimet, G.D., Dahlem, N.W., Zimet, S.G. & Farley, G.K. (1988). The Multidimensional Scale of Perceived Social Support. Journal of Personality Assesment, 52 (1), 30-41 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 01:42 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 01:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52283 |
Actions (login required)
View Item |