HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN SAAT MASA PANDEMI COVID 19 DI SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG


Fauzan Adhiman, 1301416039 (2021) HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN SAAT MASA PANDEMI COVID 19 DI SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301416039 - Ahmad Muhyiddin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti dengan melakukan wawancara terhadap murid dan guru bimbingan dan konseling SMA Institut Indonesia Semarang bahwa kemampuan resiliensi akademik siswa di masa pandemi covid-19 rendah dimana siswa sangat sering mengalami kesulitan dalam mengikuti proses belajar dengan kondisi yang baru ini dikarenakan penyesuaian diri yang masih kurang serta masih banyak hal lagi yang menghambat dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini menjelaskan tentang hubungan antara penyesuaian diri dengan resiliensi akademik pada siswa dalam menghadapi pembelajaran saat masa pandemi covid-19 di SMA Institut Indonesia Semarang. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) mengetahui informasi tentang tingkat penyesuaian diri pada siswa dalam menghadapi pembelajaran saat masa pandemi covid�19 di SMA Institut Indonesia Semarang, (2) mengetahui informasi tentang tingkat resiliensi akademik pada siswa dalam menghadapi pembelajaran saat masa pandemi covid-19 di SMA Institut Indonesia Semarang, serta (3) membuktikan adanya hubungan antara penyesuaian diri dengan resiliensi akademik pada siswa dalam menghadapi pembelajaran saat masa pandemi covid-19 di SMA Institut Indonesia Semarang. Jenis penelitain adalah penelitian kuatitatif denagn desain korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel penelitian 238 dari 767 siswa pada SMA Institut Indonesia Semarang. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah angket penyesuaian diri dan skala resiliensi akademik dalam menghadapi pembelajaran saat masa pandemi covid-19. Analisis data menggunakan uji koresional product moment pearson. Hasil penelitian memperoleh bahwa penyesuaian diri dan resiliensi akademik pada siswa dalam menghadapi pembelajaran saat masa pandemi covid-19 di SMA Institut Indonesia Semarang menunjukan hasil yaitu nilai r sebesar 0,634 dengan p = 0,000 (p < 0,05), hasil ini mengartikan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara. penyesuaian diri dengan resiliensi akademik. Dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara penyesuaian diri dengan resiliensi akademik pada siswa dalam menghadapi pembelajaran saat masa pandemi.covid-19 di SMA Institut Indonesia Semarang. Hal ini bermakna semakin tinggi penyesuaian diri maka semakin tinggi juga kemampuan resiliensi akademik siswa dalam menghadapi pembelajaran. Begitupun sebaliknya, jika semakin rendah penyesuain diri siswa maka semakin rendah kemampuan resiliensi akademik siswa. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan bagi guru bimbingan dan konseling mampu untuk memaksimalkan pemberian layanan yang mampu mendukung meningkatkan resiliensi akademik siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Ali, M., & Asrori, M. (2016). Psychology of Youth Development of Students. Bumi Aksara. Andriani, T. R., & Kuncoro, J. Hubungan antara Konsep diri dan Penyesuaian Diri dengan Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Banjir Rob di UNISSULA. Sultan Agung Fundamental Research Journal. 1(1).69-79 Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajemen Penelitian.Jakarta :Rineka Cipta ___________ . (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi Dukungan Sosial, Self-Esteem, dan Resiliensi terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 491-498. Azwar, Saifuddin. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Barmi, dkk. (2019). The Relationship between Spiritual Intelligence and Resilience of Rehabilitation Staff. Journal of Pastoral Care & Counseling, 73 (4), 205-210. Barseli, dkk. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5 (03), 143-148. Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Measure. Frontiers in Psychology, 7 (1787), 1-11. Challen, A.R., Machin, S. J., & Gilham, J. E. (2014) The UK resilience program is a school-based universal non randomized pragmatic controlled trial. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 84 (1), 75-89 Chen, S., & Bonanno, G. A. (2020). Psychological adjustment during the global outbreak of COVID-19: A resilience perspective. Psychological Trauma: Theory, Research, Practice, and Policy, 12(S1), S51. Connor K. M. & Davidson J. R. T. (2003) “Development of a New Resilience Scale: The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC)”. Depression and Anxiety. 18, 76- 82. Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Devi, Y. R., & Fourianalistyawati, E. (2018). Hubungan antara Self Esteem dengan Penyesuaian Diri sebagai Peran Ibu Rumah Tangga pada Ibu Berhenti Bekerja di Jakarta. Psibernetika, 11(1). 9-10 Dulin. (2019) Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi& Analisis Data dengan SPSS Eko Januar. 2020. “Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran”. Palembang: Indonesian Journal Guidance and Counseling. Grotberg. E. H. 2000. “The International Resilience Project”. Research and Application. International Perspective on Human Development, 397-399. Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503. Hendriani, W. (2018). Resiliensi Psikologis Sebuah Pengantar. Jakarta Timur: Prenada Media Group Hermawan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). (n.p.): Hidayatul Quran. Inovasi, (2020).Belajar dari Rumah. Nusa Tenggara Timur: Almi Kasari, W & Sawitri, D. R. (2018) Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 8 Purworejo. Jurnal Empati, 7(1), 368-372. Kemendikbud. (2016). Pedoman Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta. ______ .(2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentangPencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan. Dipetik Mei 01, 2020 (2016) Modul Guru Pembelajar: Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas/ Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK). Jakarta Marlinda, M., Fadhilah, N., & Novilia, N. (2020). Dukungan Keluarga Untuk Meningkatkan Motivasi Pasien Kanker Payudara Menjalani Kemoterapi. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai, 12(2), 1-8. Martin dan Marsh. 2008. “Towards and Understanding of Student Everyday Academic Resilience”.Journal of School Psychology. 46 (1) 53-83. Mudaim, Karwono, dan Agustina. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Resiliensi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Counseling Millennial, 1 (1), 31-39. Mufidah, A. C. (2017) Hubungan Antara Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Mahasiswa Bidikmisi Dengan Mediasi Efikasi Diri. Jurnal Sains Psikologi 6(2,) 68-74. Munawaroh, E & Mashudi, E, A. (2019). Resiliensi: Kemampuan Bertahan dalam Tekanan dan Bangkit dari Keterpurukan. Semarang: CV Pilar Nusantara. Nurkholis. 2020. “Dampak Pandemic Novel-Coronavirus Disease (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah”. Cirebon: Jurnal PGSD vol 6 No 1 2020. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling. (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Pragallapati, A. (2020). Resiliensi Pada Kondisi Wabah Covid-19. Nama Jurnal Tidak Diketahui. Volume dan edisi tidak diketahui, 1-9. Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4), 861-870. Sadiah. H. T., dll. (2019). Aplikasi Komputer Farmasi: Buku Ajar Hasil Penelitian Hibah Dikti 2019. (n.p.): Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Pakuan. Santoso, Santosa A. 2020. Covid-19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif. Mbridge Press: Jakarta Schneider, A.A. 2006. Personal Adjustment and Mental Health. New York: Holtt. Schneiders. (1964). Personal Adjustment and Mental Health. New York: Holt, Rinehart & Winston Inc Schneiders. A. A. 2008. Personal Adjustment and Mental Health. New York: Holt. Rinehart and Winston Inc. Seibert, S. E., Kraimer, M. L., & Heslin, P. A. (2016). Developing Career Resilience And Adaptability. Organizational Dynamic, 245-257 Siswanto. (2007). Kesehatan Mental; Konsep Cakupan dan Perkembangannya.Yogyakarta: Andi Offset Situmeang, M. S. (2020) Pengaruh Sikap Resiliensi Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan. Thawalib Jurnal Ilmu kependidikan Islam 1(1) 1-12 Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81-86. Su, L., Ma, X., Yu, H., Zhang, Z., Bian, P., Han, Y., & Gai, Z. (2020). The different clinical characteristics of coronavirus disease cases between children and their families in China–the character of children with COVID-19. Emerging microbes & infections, 9 (1), 707-713. Su et al. 2020. The different clinical characteristics of coronavirus disease cases between children and their families in China – the character of children with COVID-19. Emerging Microbes & Infections Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Sunarto, H dan Hartono A (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. Rineka Cipta. Sundari, S. (2005). Kesehatan Mental dalam Kehidupan. Penerbit Rineka Cipta Jakarta Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan Pembelajaran Daring Di Indonesia. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 89-98. Tampi, dkk., (2013). Hubungan Sikap Dukungan Sosial Dengan Tingkat Resiliensi Stress Penyintas Banjir di Kelurahan Taas kecamatan Tikala Kota Manado. Ejurnal Keperawatan (e-Kp). Vol II. No. 1, 1-8. Tarjo (2019) Metode Penelitian Sistem 3x Baca. Yogyakarta: CV Budi Utama Wahidah, E. Y. (2019, July). Resiliensi Akademik Perspektif Psikologi Islam. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018 (Vol. 1, No. 1, pp. 11- 140). Wulandari, S. W. (2016). Hubungan antara kesejahteraan psikologis dan penyesuaian diri siswa kelas X SMK santa maria jakarta. Psikoedukasi, 14(2), 94-100. Yusuf, M. A. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri Zaenal. (2011). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Oct 2022 06:58
Last Modified: 25 Oct 2022 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52280

Actions (login required)

View Item View Item