Hubungan Antara Dukungan Sosial Konselor dengan Resiliensi Siswa dalam Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa SMA Negeri 7 Semarang


Muslimin, 1301414097 (2021) Hubungan Antara Dukungan Sosial Konselor dengan Resiliensi Siswa dalam Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa SMA Negeri 7 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301414097 - Muslimin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada dalam siswa SMA Negeri 7 Semarang yang memiliki resiliensi yang sudah baik tapi ada juga yang masing kurang baik menghadapi pandemic covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan antara dukungan sosial konselor dengan resiliensi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan desain korelasional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Dalam penelitian ini sampelnya adalah seluruh siswa SMA Negeri 7 Semarang yang berjumlah 1068 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala resiliensi dengan nilai reliabilitas 0,748; dan skala dukungan sosial konselor dengan nilai reliabilitas 0,867. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial dengan teknik korelasi product moment. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa dukungan sosial konselor dan resiliensi siswa secara umum berada pada kategori tinggi. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial konselor dan resiliensi yang ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi (rxy) = 0,479 dengan nilai signifikansi = 0,000. Sehingga terdapat hubungan positif yang signifikan dengan darajat korelasi yang kuat antara dukungan sosial konselor dengan resiliensi ssiwa. Artinya, semakin tinggi dukungan sosial konselor maka semakin tinggi pula tingkat resiliensi siswa, Berdasarkan hasil penelitian terebut, saran yang dapat peneliti berikan bagi konselor yaitu dengan konselor perlu meningkatkan dukungan sosial yang diberikan kepada siswa dengan cara memberikan layanan bimbingan konseling dengan berbagai setting dan jenis. Dan bagi stakeholder supaya dapat menjalin kerjasama yang baik maka akan menciptakan lingkungan sekolah dengan support system yang baik secara sistemik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga Dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas Viii. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 8(1), 17. https://doi.org/10.26555/humanitas.v8i1.448 Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologis. Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Azzahra, F., & Dharmawan, A. H. (2017). Perempuan dan resiliensi nafkah rumahtangga petani sawit: analisis dampak ekspansi perkebunan kelapa sawit di provinsi jambi. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 1(2), 25–35. https://pdfs.semanticscholar.org/1a62/62b8edeecbc4f462a692b07581f927ae442 8.pdf Baron-Cohen, S., & Wheelwright, S. (2003). The Friendship Questionnaire: an investigation of adults with Asperger syndrome or high-functioning autism, and normal sex differences. Journal of Autism and Developmental Disorders, 33(5), 509–517. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/14594330 Bilgin, O., & Taş, İ. (2018). Effects of perceived sosial support and psychological resilience on sosial media addiction among university students. Universal Journal of Educational Research, 6(4), 751–758. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.060418 Cheng, J., Zhao, Y. Y., Wang, J., & Sun, Y. H. (2020). Academic burnout and depression of Chinese medical students in the pre-clinical years: the buffering hypothesis of resilience and sosial support. Psychology, Health and Medicine, 25(9), 1094–1105. https://doi.org/10.1080/13548506.2019.1709651 Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young Children’s Online Learning during COVID-19 Pandemic: Chinese Parents’ Beliefs and Attitudes. Children and Youth Services Review, 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440 Dumont, M., & Provost, M. A. (1999). Resilience in Adolescents : Protective Role of Sosial Support , Coping Strategies , Self-Esteem , and Sosial Activities on Experience of Stress and Depression. 28(3), 343–363. Eskin, M. (2013). Problem Solving Therapy in the Clinical Practice. In Problem Solving Therapy in the Clinical Practice (1st Editio). Elsevier. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-398455-5.00001-2 Folke, C., Carpenter, S. R., Walker, B., Scheffer, M., Chapin, T., & Rockstrom., J. (2015). Resilience thinking: integrating resilience, adaptability and transformability. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 4(2), hal 137-144. https://doi.org/10.1038/nnano.2011.191 Folke, Carl. (2016). Resilience (Republished). Ecology and Society, 21(4). https://doi.org/10.5751/ES-09088-210444 Hasan, S. A., & Handayani, M. M. (2014). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri Siswa Tunarungu di Sekolah Inklusi. Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan, 3 no. 2(2), 128–135. Jackson, R., & Watkin, C. (2004). The resilience inventory: Seven essential skills for overcoming life’s obstacles and determining happiness. Selection & Development Review, 20(6), 13–17. http://org�portal.org/fileadmin/media/legacy/the_resilience_inventory.pdf Jannah, S. N., & Rohmatun, R. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Pada Penyintas Banjir Rob Tambak Lorok. Proyeksi, 13(1), 1. https://doi.org/10.30659/jp.13.1.1-12 Johana, P., Yulianto, A., & Widyanti, E. (2007). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Burnout. 5(1), 77–87. Khotimah, K. (2018). Faktor Pembentuk Resiliensi Remaja Dari Keluarga Broken Home di Desa Pucung Lor Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 136–157. https://doi.org/10.24090/komunika.v12i1.1384 Mallick, M. K., & Kaur, S. (2016). Academic resilience among senior secondary school students: Influence of learning environment. Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 8(2), 20–27. https://doi.org/10.21659/rupkatha.v8n2.03 Masten, A. S. (2001). Ordinary magic: Resilience processes in development. American Psychologist, 56(3), 227–238. https://doi.org/10.1037/0003- 066X.56.3.227 Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period. International Journal of Educational Research Open, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012 Nur Asiyah, S., Kumalasari, M. L. F., & Kusumawati, E. (2020). Student Resilience in Facing Covid-19 Pandemic Viewed From Sosial Support. Humanities & Sosial Sciences Reviews, 8(5), 132–139. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8513 Oni, A. A. (2010). Peer Group Pressure As a Determinant of Adolescent Sosial Adjustment in Nigerian Schools. Asian Pacific Journal of Educators and Education, 25(October), 189–202. http://www.myjurnal.my/filebank/published_article/10381/Article_11.pdf Pragholapati, A. (2020). Resiliensi Pada Kondisi Wabah Covid-19. 1–9. https://doi.org/10.35542/osf.io/3r8jk Purnama Sari, S., Januar Eko Aryansah, J., & Sari, K. (2015). Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 5(1), 39–44. journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk Richardson, G. E. (2002). The metatheory of resilience and resiliency. Journal of Clinical Psychology, 58(3), 307–321. https://doi.org/10.1002/jclp.10020 Roellyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan Optimisme terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengerjakan Skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 29–37. https://www.researchgate.net/publication/318128262_Peranan_Optimisme_terha dap_Resiliensi_pada_Mahasiswa_Tingkat_Akhir_yang_Mengerjakan_Skripsi Setiawan, A., & Pratitis, N. T. (2016). Religiusitas, Dukungan Sosial dan Resiliensi Korban Lumpur Lapindo Sidoarjo. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02). https://doi.org/10.30996/persona.v4i02.555 Setiawan, A., & Titi Pratitis, N. (2015). Religiusitas, Dukungan Sosial dan Resiliensi Korban Lumpur Lapindo Sidoarjo. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 4(2), hal 137-144. Smet, B. (1994a). Psikologi Kesehatan. Grasindo. Smet, B. (1994b). Psikologi Kesehatan. Grasindo. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta. Sugiyono. (2011). Statistik untuk Penelitian. Alfabeta. Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314 Taufiq, R., Susanty, E., Titi S, D., & Nurlina, E. (2014). Gambaran Resiliensi Anak Pasca Bencana Banjir di Desa Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Wacana Jurnal Psikologi, 6(11), 73–87. Taylor, S. E. (2011). Sosial support: A review. 192–217. Wahyudi, A., Setyowati, A., & Partini, S. (2020). Biblioterapi : Pengembangan Resiliensi Individu di Era Covid 19. Waxman, H. C., Gray, J. P., & Padron, Y. N. (2017). Educational Resilience. Journal of Disaster, 3, 167–183. https://escholarship.org/uc/item/7x695885 Weiss, R. (2003). Loneliness The Experience of Emotional and Sosial Isolation. The MIT Press. Werner, E. E. (2006). Resilience Research. Resilience in Children, Families, and Communities, 3–11. https://doi.org/10.1007/0-387-23824-7_1 Wilks, S. E. (2008). Resilience amid Academic Stress: The Moderating Impact of Sosial Support among Sosial Work Students. Advances in Sosial Work, 9(2), 106–125. https://doi.org/10.18060/51
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Oct 2022 06:26
Last Modified: 25 Oct 2022 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52276

Actions (login required)

View Item View Item