PENERAPAN PROGRAM PARENTING di ERA COVID-19 DALAM BELAJAR ONLINE PADA ANAK USIA DINI RA HIDAYATUL MUBTADI-IEN KOTA TEGAL


Muhamad Iand Aditya Nugroho, 1201417056 (2021) PENERAPAN PROGRAM PARENTING di ERA COVID-19 DALAM BELAJAR ONLINE PADA ANAK USIA DINI RA HIDAYATUL MUBTADI-IEN KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417056- Muhamad Iand Aditya Nugroho.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Era pandemi COVID-19 yang sedang dialami di seluruh penjuru dunia sangat mempengaruhi sektor pendidikan. Permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran di era pandemi mengharuskan semua elemen pendidikan merancang pembelajaran yang sesuai dengan keadaan dan kondisi. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana penerapan program parenting serta hasilnya di RA Hidayatul Mubtadi'ien, dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan program parenting serta faktor pendukung dan penghambatnya penerapan program parenting di RA Hidayatul Mubtadi-Ien Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Total ada 2 subjek, diantaranya 1 perwakilan orang tua murid yang bekerja, 1 perwakilan orang tua yang tidak bekerja. Serta 2 informan diantaranya, 1 kepala sekolah, dan 1 pengajar. RA Hidayatul Mubtadi-Ien. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Serta teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan analisis data untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan program parenting diawali merencanakan program parenting, melaksanakan program parenting sesuai rencana, dan melakukan evaluasi menggunakan metode focus group discussion (2)Hasil penerapan program parenting, meningkatkan pengetahuan orang tua dalam mengasuh dan membimbing anak, dan mengetahui perbedaan waktu dalam mendampingi anak ketika belajar online anatara orang tua yang bekerja dan tidak bekerja (3)Faktor pendukung, adanya dukungan dari semua pihak yaitu sekolah, orang tua, instansi terkait, untuk memenuhi kebutuhan belajar anak. Faktor penghambatnya kurangnya fasilitas untuk melaksanakan kegiatan, dan ada orang tua yang sulit untuk bekerjasama karena perbedaan kesibukan. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan program parenting di RA Hidayatul Mubtadi'ien berpedoman pada penyelenggaran PAUD berbasis parenting. Orang tua memahami perkembangan, kesehatan, serta kondisi anak di sekolah dan di rumah. RA Hidayatul Mubtadi'ien bisa dikenal masyarakat. Saran dari peneliti penerapan program parenting di RA Hidayatul Mubtadi'ien berpedoman pada penyelenggaran PAUD berbasis parenting. Orang tua harus mengikuti program sekolah demi mencapai tujuan program. Kemenag sebagai penaung RA memenuhi kebutuhan fasilitas sarana dan prasarana yang dibutuhkan demi kelancaran program.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Andani, F. D., Rasyad, A., & Ihsan, M. I. (2016). Manajemen Program Parenting Education Pada Ra Al-Ikhlas Kepanjen Malang. Pendidikan Luar Sekolah FIP UM, 10(2), 139– 150. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (p. 265). Yogyakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Asmani, J. M. R. (2009). PAUD Manajemen Strategis Pendidikan anak Usia Dini. In PAUD Manajemen Strategis Pendidikan anak Usia Dini. Asmawati, L. (2008). Pengelolaan kegiatan pengembangan anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 24–25. Buehler, C., Cox, M. E., & Cuddeback, G. (2003). Foster Parents’ Perceptions of Factors that Promote or Inhibit Successful Fostering. Qualitative Social Work, 2(1), 61–83. Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif (p. 70). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Covid.go.id. (2020). Pemerintah Evaluasi Pelaksanaan PSBB secara Menyeluruh. diakses pada tanggal 21 Maret 2021 https://covid19.go.id/p/berita/pemerintah-evaluasi�pelaksanaan-psbb-secara-menyeluruh. Daymon, Christine., dan I. H. (2008). Metode-metode Riset Kualitatif: dalam Public Relations dan Marketing Communications. (p. 369). Yogyakarta: Penerbit Bentang. Direktorat Jenderal, Dini, A. U., & Informal, K. (2012). Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini berbasis keluarga. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2020). Rencana strategis. Erni Trisnawati, S. (2005). Pengantar Manajemen. Pengantar Manajemen, 96. Sidoarjo: Umsida Press. Fuad Ihsan. (2011). Dasar-dasar Pendidikan Komponen MKDK (p. 1). Bengkulu: Rineka Cipta. Halodoc. (2020). Coronavirus. diakses pada 21 Maret 2021 https://www.halodoc.com/kesehatan/coronavirus. Hartati, sofia. (2005). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini (p. 30). Jakarta: Dikti Depdiknas Horton. (n.d.). E-learning Tools and Technologies: A consumer’s guide for trainers, teachers ... - William Horton, Katherine Horton - Google Buku. Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal 74 Warna, 2(2). Cilacap: Jurnal Warna, 2(2), 15–28. Klaudia, R. (2018). Pelaksanaan Program Parenting Di Paud Uswatun Khasanah Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Bengkulu Tahun 2018 M / 1439 H. Knerr, W., Gardner, F., & Cluver, L. (2013). Improving Positive Parenting Skills and Reducing Harsh and Abusive Parenting in Low- and Middle-Income Countries: A Systematic Review. Prevention Science, 14(4), 352–363. Koswara dan Suryadi, 2007, H. 2. (2007). Pengelolaan Pendidikan, 24. Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan. UPI Latif, M. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. In Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Lestariningrum, A., & Utomo, H. B. (2015). Program Parenting Untuk Membangun Generasi Berkarakter Pada Anak Usia Dini. Seminar Nasional Universitas Katolik WK, December, 553–563. Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Megawangi, R. (2007). Character Parenting Space: Menjadi Orang tua Cerdas untuk Membangkitkan Karakter Anak. Mizan Media Utama. Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode Baru. 16. Moleong, L. . (2010a). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosde Karya. Moleong, L. . (2010b). Metodologi Penelitian Kualitatif (p. 186). Remaja Rosde Karya. Mukminin, A., & Cahyani, M. D. (2017). Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini Pemula Di Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo. Journal of Nonformal Education, 3(1), 47–52. Ningsih, F. D., Nasirun, M., & Yulidesni. (2018). Pelaksanaan Program Parenting Di Lembaga PAUD Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. Journal Ilmiah Potensial, 3(1), 1689–1699. Noni Ganevi. (2013). Pelaksanaan Program Parenting Bagi Orangtua Dalam Menumbuhkan Perilaku Keluarga Ramah Anak (Studi Deskriptif di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Ikhlas Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 1–11. Pembinaan, D., Anak, P., Dini, U., Jenderal, D., Anak, P., Dini, U., Informal, D. A. N., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. A. N. (2012). Ujicoba Penyelenggaraan Paud Berbasis Keluarga ( Parenting ) Di Lembaga. Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116–124. Pranita, E. (2020). Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari 75 Januari. Kompas.Com. Puspitawati, H. (2012). Gender dan keluarga: Konsep dan realita di Indonesia. (p. 71). Bogor: PT IPB Press Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. Rosyid Ridho,. Markhamah, . Darsinah. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud. Wacana Didaktika, 5(02), 189. Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86. S Arikunto, L. Y. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 11, 291. Sabil Risaldy. (2015). Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini (p. 29). Luxima. Saepudin, A., & Ulfah, S. (2014). Penerapan Program Parenting Berbasis E-Learning dalam mengembangkan Kemampuan Mendidik Anak (Studi pada Anggota Komunitas Institut Ibu Profesional di Bandung). Bandung: Jurnal Teknodik, 18(3), 241–250. Sanders, M. R. (2008). Triple P-Positive Parenting Program as a Public Health Approach to Strengthening Parenting. Journal of Family Psychology, 22(4), 506–517. https://doi.org/10.1037/0893-3200.22.3.506 Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta (Ed.). Setiantono, T. (2012). Penggunaan Metode Bercerita Bagi Anak Usia Dini Di PAUD Smart Little Cilame Indah Bandung. Jurnal Empowerment, 1(2), 18–23. Sri Gusty, dkk. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid�19. Srihartini, Y., & Pratami, M. L. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. Tarbiatuna Journal of Islamic Education 1 | Tarbiatuna, 1(1), 1–21. Subiyakto, B. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi. 1–174. Sudjana, S. H. (2004). Pendidikan Nonformal, Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Azas. Sugiyono. (2010a). Business Research (p. 60). Sugiyono. (2010b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. (p. 345). Alfabeta. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. (p. 249). Alfabeta. 76 Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods) (p. 82). Alfabeta. Sugiyono. (2016a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (p. 177). PT Alfabet. Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (p. 327). PT Alfabet. Sugiyono. (2016c). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (p. 330). PT Alfabet. Sugiyono. (2016d). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (p. 225). PT Alfabet. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Kuantitatif (p. 240). Alfabeta. Sugiyono. (2018b). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). (p. 233). Alfabeta. Sujiono, Y. N. (2009). (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. In Konsep dasar pendidikan anak usia dini. (p. 2). Suni, N. S. P. (2020). Kesiapsiagaan Indonesia Menghadapi Potensi Penyebaran Corona. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, XII(3), 14–18. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-3-I-P3DI-Februari�2020-1957.pdf Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi : Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, Dan Perancangannya. In Media Pembelajaran. Sutarto, J. (2017). Determinant Factors of The Effectiveness Learning Process and Learning Output of Equivalent Education. https://doi.org/10.2991/nfe-16.2017.22 Sutarto, J., Education, N., Education, F., & Semarang, U. N. (2021). Determining Factors That Affect the Quality of Process and Training Results of Non-formal PAUD Educators in Indonesia. İlköğretim Online, 20(2), 228–236. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.02.22 Suyanto, S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. In Jakarta: Depdiknas. Suzanne L. Krogh, K. L. S. (2010). Early Childhood Education: Yesterday, Today, and Tomorrow. Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 396. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314 Syaharuddin. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19. 21(1), 1–9. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/ 77 Tjokroadmudjoyo, A. (2011). Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Graha Ilmu. Underwood, K., Valeo, A., & Wood, R. (2012). Understanding inclusive early childhood education: A capability approach. Contemporary Issues in Early Childhood, 13(4), 290–299. Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Pendidikan Luar Sekolah, 45. www.kemendikbud.go.id. (2020). Metode Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Harus Sesuai dengan Kondisi Daerah. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. diakses pada 12 Maret 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/metode-pembelajaran-di�masa-pandemi-covid19-harus-sesuai-dengan-kondisi-daera
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:27
Last Modified: 25 Oct 2022 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52270

Actions (login required)

View Item View Item