PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS PAUD NONFORMAL DI LEMBAGA KURSUS ASTIKOM ASTIKIDS)


Auliya Khairul Fatihin, 1201417042 (2021) PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS PAUD NONFORMAL DI LEMBAGA KURSUS ASTIKOM ASTIKIDS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417042 - Auliya Khairul Fatihin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan berdasar pada perubahan masa dikarenakan terjadinya penyebaran virus covid-19 yang memberikan dampak pada berubahnya sector Pendidikan, tak luput dari itu ialah berubahnya pembelajaran anak usia dini yang mengalami penyesuaian, dilaksanakan dengan tatap muka melalui ketentuan sesuai dengan protokol Kesehatan. Di LKP Astikom Astikids, yang menyediakan program bimbingan belajar untuk anak usia dini juga mengalami perubahan ini. Meliputi pembelajaran anak usia dini saat adanya virus covid-19, pembelajaran anak usia dini era new normal, kendala apa saja yang dialami oleh Lembaga dan apa solusi yang dapat dilakukan. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan pembelajaran anak usia dini saat adanya virus covid-19, pembelajaran anak usia dini era new normal, kendala apa saja yang dialami oleh Lembaga dan apa solusi yang dapat dilakukan di LKP Astikom Astikids pada era new normal. Penelitian ini menggunakan merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian yakni satu pengelola LKP Astikom Astikids, dua tenaga pendidik anak usia dini LKP Astikom Astikids dan tiga orang tua siswa di LKP Astikom Astikids. Informan utama adalah para tenaga pendidik Lembaga Kursus Astikom Astikids. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran pada era new normal yang dilaksanakan dengan tatap muka melalui ketentuan sesuai dengan protokol kesehatan, pada pembelajaran era new normal para tutor melakukan sedikit perubahan terhadap adanya aturan pembatasan jumlah siswa demi menjaga setiap individu yang menghadiri pertemuan pembelajaran. Dengan memanfaatkan berbagai media digital yang ada demi mengajarkan kepada anak mengenai bagaimana menggunakan media digital dengan bijak. Kelas disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan juga protokol kesehatan yang ada. Pada era new normal ini, kendala yang dihadapi ialah penyesuaian akan protokol kesehatan berupa pengurangan jumlah siswa saat tatap muka. Dengan solusi, pergantian sesi sesuai yang diinginkan para siswa yakni para siswa dapat memilih teman demi menciptakan kondisi menyenangkan saat pembelajaran berlangsung. Simpulan dari penelitian ini ialah bahwa pembelajaran anak usia dini di LKP Astikom Astikids pada era new normal menunjukkan perubahan pada komponen pembelajaran berupa media pembelajaran. Serta pemanfaatan media pembelajaran elektronik lebih ditekankan kembali. Saran dari penelitian ini ialah diharapkan pelaksanaan pembelajaran anak usia dini pada era new normal ini sebaiknya diperhatikan dengan seksama dari segi protokol kesehatan demi keselamatan para siswa dan individu disekitar mengingat bahaya virus covid-19.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Abdullah, R. (2012). Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 12(2). Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. Ahmad, J. S. (2015). Konsep Pembelajaran. E-Prints UTM, 8. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23790/4/Chapter I.pdf Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & Nurhikmah, H. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (Jalal (ed.)). CV. CAHAYA BINTANG CEMERLANG. Amalia, A. (2018). Kepribadian tokoh tritagonis dalam novel Tentang Kamu karangan Tere Liye perspektif psikologi sastra serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 154–164. Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. (2020). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28–37. Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 121–136. Anjar, F., Laksono, T., & Soedirman, U. J. (2020). Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Era Pandemi Virus Corona 19 di Berbagai Sektor Pendidikan (Issue December). Apriloka, D. V., & Fitri, M. (2021). Peran Orang Tua Mempersiapkan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Perubahan di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4(1), 64. Arbarini, M., & Mobo, F. D. (2021). IMPLEMENTATION OF BEYOND CENTER CIRCLE TIME ( BCCT ) APPROACH IN EARLY CHILDHOOD LEARNING DURING THE PANDEMIC Keywords : RESEARCH ON CYBER PEDAGOGY IN THE COVID 19, 84–89. Ardiansyah, A., & Arda, A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah (Studi Kasus Pada Siswa Usia 10-12 Tahun Pada Mata Pelajaran IPA). Musawa: Journal For Gender Studies, 12(1), 140–164. Ardin, F. N., Indihadi, D., & Rahman, T. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN 77 MEDIA KARTU HURUF HIJAIYAH MENULIS PADA ANAK USIA DINI DI RA ATH-THOHA TASIKMALAYA. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 4(1), 15–23. Arikunto, S. (2007). Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, 16– 22. Auliya, F., & Suminar, T. (2016). Strategi Pembelajaran Yang Dapat Mengembangkan Kemandirian Belajar Di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 10–15. Badru Zaman, C. E. (2010). Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru (PPG). Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 231. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610 Bahtiar, A. R. (2017). Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 149–158. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.368 Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2). Daulae, T. H. (2014). Menciptakan pembelajaran yang efektif. Forum Paedagogik, 6(02). Denzin, N. K. (2011). The elephant in the living room: Or extending the conversation about the politics of evidence. Qualitative Research, 9(2), 139– 160. https://doi.org/10.1177/1468794108098034 Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 No.1, 81–96. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1489 Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89 Fadilah, A. A., & Fakhruddin, F. (2019). Manajemen Pembelajaran Pelatihan Persiapan Program Magang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 148–159. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448 Fazrin, I., Saputro, H., & Chusnatayaini, A. (2017). Intelegensi Quotient Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Stimulasi Pendidikan Anak Usia Dini. Strada Jurnal Ilmiah Kesehatan, 6(2), 53–58. https://doi.org/10.30994/sjik.v6i2.9 Febriana, R. (2019). Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Figueroa Flores, J. F. (2015). Using Gamification to enhance second language learning. Digital Education Review, 27, 32–54. https://doi.org/10.1344/der.2015.27.32-54 Guslinda, & Kurnia, R. (2018a). Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing. Guslinda, & Kurnia, R. (2018b). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=TgCDDwAAQBAJ&oi=fnd &pg=PA44&dq=Media+Pembelajaran+Anak+Usia+Dini+GUSLINDA&ots =3WDPErSDiI&sig=gqn01i76M5BBkJ2ZCWFmcVVgLpA&redir_esc=y#v =onepage&q=Media Pembelajaran Anak Usia Dini GUSLINDA&f=false Habibi, A. (2020). Normal Baru Pasca Covid-19. Journal.Uinjkt.Ac.Id, 4(1), 197– 202. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15809 Hadi, I. A. (2017). Pentingnya Pengenalan Tentang Perbedaan Individu Anak Dalam Efektifitas Pendidikan. INSPIRASI: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 71–92. Halidjah, S. (2010). Evaluasi keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1). Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Family Practice, 8(3), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005 Handoko, S. D., & Ahmad Rifai, R. C. (2013). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment. 2(2), 39–45. Hanushek, E. A., & Rivkin, S. G. (2010). The quality and distribution of teachers under the No Child Left Behind Act. Journal of Economic Perspectives, 24(3), 133–150. https://doi.org/10.1257/jep.24.3.133 Hardiyanti, W. E., Tuasikal, J., Mori, S., Konseling, B., & Gorontalo, U. N. (2021). Kesiapan Penerapan Pembelajaran Aktif , Kreatif dan Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini di Era New Normal Proses perkembangan dan pembelajaran anak usia dini tengah menghadapi kendala diakibatkan dunia dan Indonesia khususnya sedang dilanda wabah pandemik ya. 1(1), 1–10. Harianti, R. (2016). Pola Asuh Orangtua Dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Curricula, 2(2), 20–30. https://doi.org/10.22216/jcc.v2i2.983 Hermawan, A. R. (2013). Peran Gugus PAUD Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD Non Formal Di Kecamatan Ciranjang. Jurnal EMPOWERMENT, 2(2252), 149–159. Hewi, L., & Asnawati, L. (2020a). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530 Hewi, L., & Asnawati, L. (2020b). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158–167. Hidayatulloh, M. A. (2014). Lingkungan Menyenangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pemikiran Montessori. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 139–154. Ida, N. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Kursus Menjahit Pada Balai Latihan Kerja (Blk) Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. Empowerment, 6(2), 11. https://doi.org/10.22460/empowerment.v6i2p11-19.545 Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Kencana. Jernigan, D. B. (2020). Update: Public Health Response to the Coronavirus Disease 2019 Outbreak — United States, February 24, 2020. MMWR. Morbidity and Mortality Weekly Report, 69(8), 216–219. https://doi.org/10.15585/mmwr.mm6908e1 Joko Sutarto, W. R. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Kursus Komputer Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp) Alfabank Kota Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(2), 156–164. https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i2.2958 Juaningsih, I. N. (2020). Analisis Kebijakan PHK Bagi Para Pekerja Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1), 189–196. Khasanah, T., Desmawati, L., & Budiartati, E. (2013). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment. 2(2), 39–45. Kurnianto, B. T. (2018). Strategi pengembangan Lingkar Wilis Berdasarkan Dampak Sosial Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Tulungagung. Jurnal AGRIBIS, 14(1), 43–56. Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis efektivitas pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) selama pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253. Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356–465. Nasrah, S. (2017). Manajemen Pengelolaan Kelas pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tangan-tangan Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Visioner & Strategis, 6(1). Navy, A. (2014). Manajemen sumber belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran sains (Studi kasus di Pratomseksa (SD) Sassanasuksa Thailand). Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(4), 388–395. Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. Nugraha, D. A., & Binadja, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi Sets, Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education, 2(1). Nur Jaya, H., Idhayani, N., & Nasir. (2021). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1566–1576. Oktaviasari, A. (2015). Evaluasi Program Penyelenggaraan Makanan Di Madrasah MuAllimin Muhammadiyah Yogjakarta. Yogjakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945 Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26 Pinahayu, E. A. R., Auliya, R. N., & Adnyani, L. P. W. (2018). Implementasi aplikasi Wingeom untuk pengembangan bahan ajar di SMP. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(02), 112–121. Pragholapati, A. (2020). New Normal “Indonesia” After Covid-19 Pandemic. 2019, 1–6. https://doi.org/10.31234/osf.io/7snqb Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557 Putri, S. M. L., & Malau, R. M. U. (2020). PRESENTASI DIRI KOMUNITAS K�POP COVER DANCE DI MEDIA YOUTUBE (STUDI DRAMATURGI PADA KOMUNITAS COVER DANCE YANG MENGGUNAKAN YOUTUBE DI KOTA BANDUNG). EProceedings of Management, 7(2). Putri, Y. L., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Sikap dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 173–184. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448 Rahman, S. A. (2020). Pentingnya Penyediaan Lingkungan Belajar yang Kondusif Bagi Anak Usia Dini Berbasis Kunjungan Belajar Di Masa New Normal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 480–487. Rahmat, S. T. (2018). The Effective Parenting Patterns to Educate Children in The Digital Era. Journal Education and Culture Missio, 10(2), 137–273. Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia: Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press. Rivkin, M. S., & Schools, E. C. on R. E. and S. (2000). Outdoor Experiences for Young Children. Clearinghouse on Rural Education and Small Schools, Appalachia Educational Laboratory. https://books.google.co.id/books?id=UUyrMWMpdYYC Riyanto, A. (2012). Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan pecahan kelas VII MTsN Bandung, Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. Rohman, A. (2013). PROFIL FITNESS CENTER DI ATLAS SPORT CLUB SURABAYA. Jurnal Kesehatan Olahraga, 1(1). Saidah, K., & Damariswara, R. (2017). Analisis Bentuk Bentuk Penilaian Sikap Siswa Sekolah Dasar Di Kota Kediri. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 84–96. Salehudin, M., Yatun, S., Komariah, D. L., Eka, N., & Aminda, R. (2020). Persepsi Guru Dalam Implementasi Holistik Integratif Pendidikan Anak Usia Dini Pada Kondisi New Normal. Jurnal Golden Age, 4(02), 394–406. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2767 Samsinar. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13(02), 194–205. Setianingrum, S., Desmawati, L., & Yusuf, A. (2017). Peranan Kader Bina Keluarga Balita dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Fisik Motorik Anak Usia Dini. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 137–145. https://doi.org/10.15294/pls.v1i2.13891 Setyawan, A. (2015). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TATV DALAM UPAYA MEMPERKENALKAN PRODUK Chocomania. I(1), 1–88. Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139 Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. In Rineka Cipta. Smilansky, M., & Nevo, D. (2018). The gifted disadvantaged: A ten year longitudinal study of compensatory education in Israel. Routledge. Smilansky, S. (1968). The effects of sociodramatic play on disadvantaged preschool children. Solehudin. (2018). THE EFFECT OF THE USE ROLE PLAYING O HAND�WASHING METHOD THROUGH THE REVIEW OF STUDENT KNOWLEDGE: PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAY PADA CUCI TANGAN YANG BENAR DI TINJAU DARI PENGETAHUAN SISWA. Jurnal Ilmiah Wijaya, 10(2), 58–71. Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582 Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung. Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1). Sulasmi, E., Sibuea, M. B., Eriska, P., & AirLangga, E. (2020). COVID 19 & KAMPUS MERDEKA Di Era New Normal. KUMPULAN BUKU DOSEN. Susilawati, S., Maula, I., & Albar, R. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Etd ( Explain , Test , Discussion ) Dalam Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(Januari), 95–104. Sutarto, J., Ekosiswoyo, R., & Ahmad Rifai, R. C. (2017). Pendidikan Nonformal Teori dan Program. Semarang: Widya Karya. Sutjiono, T. W. A. (2005). Pendayagunaan media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, 4(4), 76–84. Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314 Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. Tika, R., & Suryana, D. (2014). STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI SELAMA PADEMI COVID-19 DI ERA NEW NORMAL. Tika, R., Suryana, D., & Dini, M. P. A. U. (2013). PENTINGYA KERJASAMA ANTAR SATUAN PAUD DALAM MEMBANGUN KECERDASAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN. Unjunan, O. P., & Budiartati, E. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di PAUD Sekar Nagari Unnes. E-Plus, 5(2), 174–189. Wahyuni, N., Subadi, T., & Muhibbin, A. (2017). Pemberdayaan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Negeri 4 Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Wawoh, M., Sambiran, S., & Kasenda, V. (2019). Kepemimpinan Camat Dalam Melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi di Kecamatan Aertembaga Kota Bitung. JURNAL EKSEKUTIF, 3(3). Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan evaluasi pendidikan. Prenada Media. Zaini, A. (2015). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130–131
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:04
Last Modified: 25 Oct 2022 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52266

Actions (login required)

View Item View Item