PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI DI BBPLK SEMARANG


Jamalullail, 1201417041 (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI DI BBPLK SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417041 - jamal ullail.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

Memasuki dunia kerja bagi seseorang tentu sangat membutuhkan kesiapan kerja yang telah terbentuk supaya mampu beradaptasi dan menghadapi permasalahan yang ada dalam pekerjaannya. Semakin sempit lapangan kerja dan meningkatnya perkembangan teknologi adalah tantangan baru yang harus dihadapi angkatan kerja. Meningkatkan kesiapan kerja peserta pelatihan merupakan salah satu usaha dari BBPLK Semarang melalui peningktan motivasi belajar dan minat kerja peserta pelatihan Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu (1) Menguji pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan kerja di BBPLK Semarang, (2) Menguji pengaruh minat kerja terhadap kesiapan kerja di BBPLK Semarang, (3) Menguji pengaruh motivasi belajar dan minat kerja terhadap kesiapan kerja di BBPLK Semarang secara simultan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Jumlah populasi dalam penelitiani in adalah peserta pelatihan tahap IV di BBPLK Semarang. Pengambilan sample menggunakan total sampling yaitu jika subjeknya kurang dari 100 orang sebaiknya diambil semua. Jumlah sampel pada uji coba instrument penelitian 30 peserta, dan 80 peserta menjadi responden penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Validitas instrument angket dilakukan dengan analisis butir korelasi dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini yaitu, (1) Terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap kesiapan kerja dengan Thitung 1,450 (2) Terdapat pengaruh positif antara minat kerja terhadap kesiapan kerja dengan Thitung 1,229 (3) Terdapat pengaruh positif motivasi belajar dan minat kerja secara bersama – sama terhadap kesiapan kerja dengan RSquare 0,360 Simpulan dan saran penelitian variabel yang memberi pengaruh lebih besar adalah minat kerja terhadap kesiapan kerja. Saran peneliti yaitu untuk terus meningkatkan motivasi dan menggali minat pada peserta pelatihan serta memberikan kegiatan tambahan yang positif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Alfiati, D. A., & Kisworo, B. (2017). Manajemen Pelatihan Praseleksi Program Pemagangan ke Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja Jiritsu. Universitas Negeri Semarang, 8(9), 101–118. Alwi, I. (n.d.). KRITERIA EMPIRIK DALAM MENENTUKAN UKURAN SAMPEL. 2(2), 140–148. Arbarini, M., Jutmini, S., Joyoatmojo, S., & Sutarno, S. (2018). Effect of participatory learning model on functional literacy education. Journal of Nonformal Education, 4(1), 13–24. Bukhori, P. S., Hidayat, A., & Ilyas. (2017). Efektivitas Penggunaan media sosial line messenger terhadap motivasi belajar siswa. Chumbley, S. B., Haynes, J. C., & Stofer, K. A. (2015). A Measure of Students’ Motivation to Learn Science through Agricultural STEM Emphasis. Journal of Agricultural Education, 56(4), 107–122. https://doi.org/10.5032/jae.2015.04107 Dalyono. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Duwi, P. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendataan. Yogyakarta: Gaya Media. Faizah, D. N., & Indrawati, A. (2017). Effect of Learning Achievement of the Eye of Productive Training, Prakerin Experience, and Interests in Student Readiness Entering the World of Work. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 3(3), 179–191. https://doi.org/10.17977/um003v3i32017p179 Firdaus, Z. Z. (2013). Pengaruh unit produksi, pengalaman prakerin dan dukungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 397–409. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1045 Gunawan, I., Benty, D. D. N., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. N., Pratiwi, F. D., … Hui, L. K. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kemampuan Manajerial, Efikasi Diri, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 126–150. https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p126 Hasibuan, M. S. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Imam, G. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan : Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada. Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta. Kartini, K. (1991). Menyiapkan dan Memandu Karier. Jakarta: Rajawali Pers. Koskela, I., & Palukka, H. (2011). Trainer interventions as instructional strategies in air traffic control training. Journal of Workplace Learning, 23(5), 293– 314. https://doi.org/10.1108/13665621111141902 Krisnamurti, T. F. (2017). Mempengaruhi, Faktor-faktor Yang Kerja, Kesiapan Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(1), 65–76. Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 53(9), 121–130. Lee, I. (2010). The Effect of Learning Motivation , Total Quality Teaching and Peer-Assisted Learning on Study Achievement : Empirical Analysis from Vocational Universities or Colleges ’ students in Taiwan. 6(December), 56– 73. Mangkunegara, A. P. (2014). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama. Monteiro de Castro, M. L., Reis Neto, M. T., Ferreira, C. A. A., & Gomes, J. F. da S. (2016). Values, motivation, commitment, performance and rewards: analysis model. Business Process Management Journal, 22(6), 1139–1169. https://doi.org/10.1108/BPMJ-09-2015-0132 Mu’ayati, R., & Margunani. (2014). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Penguasaan Mata Diklat Produktif Akuntansi Dan Minat Kerja Siswa Terhadap Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja Siswa Smk Program Keahlian Akuntansi Di Smk N 1 Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 327–335. Mudjiyono, D. dan. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta. Munandir. (1996). Program Bimbingan Karir di Sekolah. Jakarta: Depdiknas Press. Nanang, M. (2011). Metod Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grifindo. Nasution, S. (2000). Dikdaktik Asas -asas Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Pallawagau, M., Prihatin, T., & Suminar, T. (2017). Pengembangan Model Supervisi Akademik dengan Mentoring Method dalam Pembelajaran yang Mendidik pada SMK di Kabupaten Kupang. Educational Management, 6(1), 9–19. Pandji, A. (2014). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta. Pujianto, & Arief, S. (2017). PENGARUH PENGALAMAN ON THE JOB TRAINING DAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA. 6(2016), 173–187. Putri, A. A. Y., Indrawati, C. D. S., & Subarno, A. (2020). PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP KESIAPAN KERJA DI SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. 4(3), 3–5. Ranganathan, A. (2017). Train Them to Retain Them : Work Readiness and the Retention of First-time Women Workers in India. https://doi.org/10.1177/0001839217750868 Riyanto, J., Kuat, T., & Tentama, F. (2020). The Influence of Competence, Independence, Interest, and Discipline on The Readiness of Working in Vocational School Students in Lombok Barat District. Journal of Vocational Education Studies, 3(2), 97. https://doi.org/10.12928/joves.v3i2.1856 Sardiman, A. . (2011). Interaksi dan Motivas Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada. Setiawan, A., Suminar, T., Kurniawati, Y., & Pranoto, S. (2020). Correlation Achievement Motivation With Learning Achievement of Street Children in Elementary School Subdistrict Kemranjen District of Banyumas. 9(1), 92– 100. Sismoyo, Santosa, B., & Sayuti, M. (2021). THE EFFECT OF WORK MOTIVATION , LEARNING ACHIEVEMENT , AND WORK PRACTICE RESULTS ON WORK READINESS Sismoyo , Budi Santosa and Muhammad Sayuti Ahmad Dahlan University Received : Abstract Revised : Approved : Sismoyo , Budi Santosa and Muhammad Sayuti The e. 1(5), 360–372. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor - faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Solfema, S., Wahid, S., & Pamungkas, A. H. (2019). The Contribution of Self Efficacy, Entrepreneurship Attitude, and Achievement Motivation to Work Readiness of Participants of Life Skill Education. Journal of Nonformal Education, 5(2), 125–131. https://doi.org/10.15294/jne.v5i2.20205 Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif. Bandung: Alfabeta. Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Sukardi. (2012). Metode Penelitain Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Sukendar, S., Endroyo, B., & Sudarman, S. (2018). Interest Students to be Productive Teachers Reviewed from Learning Achievement of Building Practices, Learning Achievement of Learning Practices and Learning Motivation. Journal of Vocational and Career Education, 3(1), 10–16. https://doi.org/10.15294/jvce.v3i1.14006 Sukmadinata, N. S. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sutarto, J. (2011). Learning Behaviour Effectiveness Management Of Equivalent Education. Sutarto, J. (2012). Manajemen Pelatihan. Semarang: Unnes Press. Sutarto, J., & Siswanto, Y. (2018). Model E-Training dalam Pelatihan (Teori dan Implementasi). Semarang: Unnes Press. Suwatno, D. J. P. (2011). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta. Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Syahputra, R., Lumbanraja, P., & Rini, E. S. (2020). Effect of Work Interest, Emotional Intelligence and Self-Efficacy of Achievement of Work Achievement with Work Motivation as Variable Intervening in PT Bank XYZ. International Journal of Research and Review (Ijrrjournal.Com), 7(1), 1. Syaifudin, A. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Syaiful Bahri DJamarah, A. Z. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Walgito, B. (2004). Bimbingan dan Konseling (Studi & Karir). Yogyakarta: Andi Yogyakarta. Walker, O. C., Churchill, G. A., & Ford, N. M. (1977). Motivation and Performance in Industrial Selling: Present Knowledge and Needed Research. Journal of Marketing Research, 14(2), 156. https://doi.org/10.2307/3150465 Widiasih, E., & Dr. Tri Suminar, M. P. (2015). MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BATIK BREBESAN (Studi di Mitra Batik Desa Bentar Kabupaten Brebes). MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BATIK BREBESAN (Studi Di Mitra Batik Desa Bentar Kabupaten Brebes), 1(1). https://doi.org/10.24914/pnf.v1i1.3987 Widiyanti, E., Murwati, & Raharjo, T. J. (2018). The Influence of Principal Leadership, School Culture through Motivation on Junior High School Teacher Performance. Educational Management, 7(5), 11–16. Winkel, W. ., & Sri Hastuti, M. . (2012). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Grasindo. Wowo, K. (2013). Dasar - dasar Pendidikan dan Vokasi Kejuruan. Bandung: Alfabeta. Wulandari, N. A. D., & Ilyas. (2015). Manajemen Penyelenggaraan Pelatihan Otomotif Dalam Mempersiapkan Warga Belajar Memasuki Dunia Kerja Di Blki Semarang. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 4(2), 107–114. Yulianti, I., & Khafid, M. (2015). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Dan Kemampuan Soft Skills Terhadap Tingkat Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Kompetensi Keahlian Akuntansi Di Smk Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 389–403. Yustina, A., & Sukardi, T. (2014). Pengaruh bimbingan kejuruan, motivasi berprestasi, dan kemandirian siswa terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII TKJ. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 181–194. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2544 Yusuf, M. A. (2005). Kiat Sukses dalam Karier. Padang: Ghalia Indonesia. Zirkle, C. (1998). Perceptions of Vocational Educators and Human Resource/Training and Development Professionals Regarding Skill Dimensions of School-to-Work Transition Programs. Journal of Career and Technical Education, 15(1). https://doi.org/10.21061/jcte.v15i1.694 Zuniarti, Z., & Siswanto, B. T. (2013). Pengaruh motivasi belajar, kinerja intensitas pembimbingan prakerin terhadap kesiapan kerja siswa SMK Pariwisata DIY. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 405–415. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1852
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:57
Last Modified: 25 Oct 2022 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52263

Actions (login required)

View Item View Item