PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PLS UNNES


Daniella Natasha Peni Hurit, 1201417024 (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PLS UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417024 - Daniella Natasha.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan berwirausaha dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat pengangguran yang ada. Dengan memaksimalkan pendidikan kewirausahaan dan penggunaan media sosial instagram diharapkan dapat meningkatkan minat dalam berwirausaha. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan penggunaan media sosial instagram terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa PLS UNNES dan berapa besar pengaruhnya. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis ex post facto. Melalui teknik proportionate stratified random sampling diperoleh jumlah responden penelitian sebanyak 152. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa variabel independent dan dependent melalui uji t dan uji f menunjukan hasil yang positif dan saling mempengaruhi, baik pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, penggunaan media sosial instagram terhadap minat berwirausaha, maupun variabel pendidikan kewirausahaan dan penggunaan media sosial instagram terhadap minat berwirausaha. Kemudian besar pengaruh variable pendidikan kewirausahaan dan media sosial Instagram terhadap minat berwirausaha sebesar 36,6%. Berdasarkan hasil uji penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif serta signifikan pada variabel pendidikan kewirausahaan dan penggunaan media sosial instagram terhadap minat berwirausaha mahasiswa PLS UNNES. Oleh karena itu penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan apabila mahasiswa PLS UNNES akan melakukan penelitian lebih lanjut terkait kewirausahaan. Serta dapat dijadikan masukan kepada jurusan PLS UNNES bahwa media sosial instagram dapat dijadikan media praktik pembelajaran kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Aditya, R. (2015). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Komunitas Fotografi Pekanbaru. Jom FISIP, 2(2), 5–7. Aidha, Z. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Kesehatan Mayarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal JUMANTIK, 1(1), 47. Alma, B. (2003). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta. Alma, B. (2006). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta. Aidha, Z. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Kesehatan Mayarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal JUMANTIK, 1(1), 47. Amaliya, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram, Teman Sebaya, dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang). Universitas Negeri Semarang. Anggraeni, D., & Nurcaya, I. (2016). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(4), 2430. Arifin, M. (2019). Pengantar Ilmu Pendidikan. Bogor: Guepedia.Aditya, R. (2015). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Komunitas Fotografi Pekanbaru. Jom FISIP, 2(2), 5–7. Aidha, Z. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Kesehatan Mayarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal JUMANTIK, 1(1), 47. Alma, B. (2003). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta. Alma, B. (2006). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta. Amaliya, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram, Teman Sebaya, dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang). Universitas Negeri Semarang. Anggraeni, D., & Nurcaya, I. (2016). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(4), 2430. Arbarini, M., Rifai, A., & Mulyono, S. E. (2018). Model Literasi Berbasis Entrepreneurship dalam Peningkatan Ekonomi Produktif Perempuan Istri Nelayan Tradisional. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(2), 172. Arifin, M. (2019). Pengantar Ilmu Pendidikan. Bogor: Guepedia. Arifuddin, M. R., & Irwansayah. (2019). Dari foto dan video ke toko: perkembangan instagram dalam perspektif konstruksi sosial. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 3(1), 48. Aryaningtyas, A. T., & Palupiningtyas, D. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Akademik Trhadap Niat Kewirausahaan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa STIEPARI Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(2), 143. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i2.1398 Atmoko, B. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita. Badan Peneliti dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (2010). Pengembangan Pendidikan Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional. Badan Pusat Statistik. (2020a). Februari 2020: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,99 persen. Retrieved from bps.go.id website: https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/1672/februari-2020--tingkat�pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-99-persen.html Badan Pusat Statistik. (2020b). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986 - 2019. Retrieved from bps.go.id website: https://www.bps.go.id/statictable/2009/04/16/972/pengangguran-terbuka�menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan-1986---2019.html Belás, J., Dvorský, J., Tyll, L., & Á, K. Z. K. O. V. (2017). Entrepreneurship of University Students : Important Factors and the Propensity for Entrepreneurship. Journal Administratie Si Management Public, 28, 20. Desmawati, L., & Malik, A. (2018). Peran Orangtua dalam Pembinaan Pemahaman Motif Pernikahan bagi Anak dalam Lingkup Pendidikan Informal. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(2), 163. Dewi, S. K. S. (2017). Konsep Dan Pengembangan Kewirausahaan Di Indonesia. Yogyakarta: Deepublish. Enterpris, J. (2014). Instagram untuk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif. Jakarta: Elex Media Komputindo. Fahri, Jalil, A., & Kasnelly, S. (2019). Meningkatnya Angka Pengangguran Ditengah Pandemi (Covid-19). Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 51. Handayani, C. M. S., Wibowo, T. S., & Prabowo, T. A. (2020). Media Sosial dan Pendidikan Kewirausahaan Pengaruhnya Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen. Majalah Ekonomi, 25(2), 118. Hardjono, Raharjo, T. J., & Suminar, T. (2019). Model Pemberdayaan Pusat 84 Kegiatan Belajar Masyarakat Dalam Pengelolaan Program Pendidikan Kesetaraan Berbasis Life Skills Dan Kewirausahaan. Edukasi, 13(2), 5. Harlan, J. (2018). Analisis Regresi Linear. Jakarta: Gunadarma. Hartanto, D., & Yuliani, S. (2019). Statistik riset pendidikan. Pekanbaru: Cahaya Firdaus. Hartini, H. I., AR, H. F., & Charlina. (2017). Kesantunan berbahasa dalam komentar caption instagram. Indonesian Language and Literature Education, (C), 9. Hendrawan, Josia Sanchaya, & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Keirausahaan terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 297. Hendrawan, Josia Sanchaya, & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 297. Hendrawan, Josia Shancaya, & Sirine, H. (2017). PENGARUH SIKAP MANDIRI, MOTIVASI, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 297. Hermawan, H. (2018). Metode kuantitatif Untuk Riset Bidang Kepariwisataan. Yogyakarta: Open Scince Framework. Husin, A., Asuan, M. E., Sumarni, S., Surino, P. O., & Dellomos, C. O. (2020). Journal of Nonformal Education Entrepreneurship Education for Family Investment Values in Indonesia and the Philippines. Journal of Nonformal Education, 6(1), 1–8. Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu. Idrus, S. Al. (2017). Strategi Pembelajaran Kewirausahaan (Aplikasi Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan di Perguruan Tinggi). Iman, M. (2020). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. Retrieved from goodnewsfromindonesia.id website: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di�indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial Kasmir. (2010). Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Kurniyawati, A. (2020). Peran Minat Berwirausaha Dalam Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Terhadap Tingkat Pendapatan Keluarga Dalam Prespektif Ekonomi Islam (Vol. 5). 85 Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antar Personal. (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Malik, A., & Mulyono, S. E. (2017). Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 89. https://doi.org/10.15294/pls.v1i1.15151 Moberg, K. (2014). Two Approaches To Entrepreneurship Education : The Different Effects of Education For and Through Entrepreneurship At The Lower Secondary Level. The International Journal of Management Education, XXX, 1–17. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2014.05.002 Muhiba, F. N. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Siswa Mnejadi Entrepreneur Kelas XII Jurusan RPL SMKN 9 Malang. Mukhlis, F. (2018). Analisis Peran Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Dalam Prespektif Ekonomi Islam. Universitas Islam Raden Intan Lmpung. Muljono, P. (2002). Penyusunan dan Pengembangan Instrumen Penelitian. Mulyono, S. E. (2020). Model Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Jalur Pendidikan Non Formal Di Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Edukasi, 14(1), 3. Mulyono, S. E., Sutarto, J., Malik, A., & Loretha, A. F. (2020). Community empowerment in entrepreneurship development based on local potential. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(2), 272. Mursita, D. A., & Suminar, T. (2019). Pembelajaran Kecakapan Hidup dalam Membangun Sikap Kewirausahaan Warga Belajar Paket C SKB Purwokerto. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1), 6. https://doi.org/10.15294/pls.v3i1.24457 Nadia, K., King, V., & Paramita, E. L. (2016). FOODSTAGRAM ENDORSEMENT AND BUYING INTEREST IN CAFÉ / RESTAURANT. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 18(2), 100. https://doi.org/10.9744/jmk.18.2.100 Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 81. Ningsih, R. (2017). Peranan Pendidikan Kewirausahaan dalam Mningkatkan Motivasi Berwirausaha Bagi Mahasiswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Kewirausahaan, 62. Nurhadi, Z. F. (2017). Model Komunikasi Sosial Remaja Melalui Media Twitter. 86 Jurnal ASPIKOM, 3(3), 540. Nurikasari, F. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kreativitas, dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1(2), 8. Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media. PH, L., Suwoso, R. H., Febrianto, T., Kushindarto, D., & Aziz, F. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Perekonomian Masyarakat Desa. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), 38. Pratiwi, M. (2021). Business Survivability: Social Media as a Channel in the Pandemic Era. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 6(1), 121–128. Purnomo, B. H. (2005). Membangun Semangat Kewirausahaan. Yogyakarta: Laksbang Pressindo. Putra, R. M., & Rupa, P. S. (2021). Dewa Palsu Sistem Perilaku Dominasi Pada Sosial Media Instagram. Jurnal ATRAT, 9(3), 82. Putri, N. L. W. W. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 140. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19998 Raharjo, T. J., & Harianingsih. (2019). The Effect of Motivation and Team Dynamic on Entrepreneurial Learning Success. KnE Social Sciences, 2019, 682. https://doi.org/10.18502/kss.v3i18.4758 Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(03), 207. Rahmadani, R., Suwatno, & Machmud, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneurship Education) Di Perguruan Tinggi Negeri Kota Bandung. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 5(1), 49. https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.9522 Rifai, A., Desmawati, L., Arbarini, M., & Muarifudidin. (2019). Peningkatan Kompetensi Pembuatan Aneka Makanan Berbahan Dasar Ikan Menuju Rintisan Kelompok Usaha bagi Istri Nelayan di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tugu Kota Semarang. Jurnal Puruhita, 1(1), 41. Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish. Rohmadi, A. (2016). Tips Produktif Ber-Social Media. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Rozaq, M., Hastjarjo, S., & Slamet, Y. (2021). How Novice Entrepreneurs Learn About Digital Marketing Communication Strategies ? Jurnal ASPIKOM, 6(2), 346. Sa’adah, L., & Mahmud, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Instagram dan Efikasi Diri Melalui Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Pendidikan Ekonomi, 8(1), 18–32. Said, I. N., & Iskandar, D. D. (2020). Perceived Employability, Entrepreneural Intention and Behavior of Students: Analysis of Planned Behavior Perspective. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(2), 202. Santoso, & Herlina, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Intruction Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMB. Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 65. Saragih, R., & Elisabeth, D. M. (2020). Kewirausahaan Sosial dibalik Pandemi Covid-19: Penelusuran Profil dan Startegi Bertahan. Jurnal Manajemen, 6(1), 47. Saroni, M. (2012). Mendidik dan Melatih Enterpreneur Muda Membuka Kesadaran Atas Pentingnya Kewirausahaan Bagi Anak Didik. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA. Sehang, J. D., Tulenan, V., & Sambul, A. M. (2019). Perancangan Game Simulasi Kewirausahaan. Teknik Informatika, 14(1), 192. https://doi.org/10.35793/jti.14.1.2019.23840 Setyawan, F. E. B. (2017). PEDOMAN METODOLOGI PENELITIAN: ( Statistika Praktis). Sidoarjo: Zifatama Jawara. Sherkat, A., & Chenari, A. (2020). Studies in Higher Education Assessing the effectiveness of entrepreneurship education in the universities of Tehran province based on an entrepreneurial intention model. Studies in Higher Education, 1. https://doi.org/10.1080/03075079.2020.1732906 Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup, Ed.). Yogyakarta: Literasi Media Publishing. Sudaryono, Sunarya, P. A., & Saefullah, A. (2011). Kewirausahaan. Yogyakarta: Peerbit Andi. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sulthan, M., & Istiyanto, S. B. (2019). Model Literasi Media Sosial Bagi Mahasiswa. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1081. Sumarno, & Gimin. (2019). Analisis Konseptual Teoretik Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Solusi Dampak Era Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomii: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 2. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.12557 Suny, I. (2020). Efektifitas Layanan Informasi Dengan Teknik Modeling Untuk Menumbuhkan Minat Berwirausaha Siswa SMK. Journal of Chemical Information and Modeling, 7(1), 50. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 48–55. Suryana. (2003a). Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat, dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat. Suryana. (2003b). Kewirausahaan: Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salema Empat. Susanto, E. H. (2017). Media Sosial Sebagai Pendukung Jaringan Komunikasi Politik. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 381. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.123 Syairozi, M. I., & Susanti, I. (2018). Analisis Jumlah Pengangguran dan Ketenagakerjaan terhadap Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Pasuruan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 201. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 105. Tosepu, Y. A. (2018). MEDIA BARU DALAM KOMUNIKASI POLITIK (Komunikasi Politik I Dunia Virtual). Surabaya: Jakad Media Publishing. Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 274. https://doi.org/10.31294/WIDYACIPTA.V2I2.4387 Virtanem, H., Björk, P., & Sjöström, E. (2017). Follow for Follow: Marketing of A Start-Up Company on Instagram. Journal of Small Business and Enterprise, 24(3), 5. Wahyudin, A. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Wahyuningsih, R. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI Jombang. Jurnal Kependidikan, 6(3), 513. Yadewanil, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus: AMIK Jayanusa Padang). Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informan), 1(1), 65. Yi, R., Lyu, B., Wang, H., & Huang, W. (2020). Entrepreneurial passion , entrepreneurial expectation and entrepreneurial decision-making among college students. Journal of Psychology in Africa, 30(4), 323. https://doi.org/10.1080/14330237.2020.1796094 Yuliara, I. M. (2016). Modul Regresi linier berganda. Bali. Yusuf, A., Suminar, T., & Kisworo, B. (2019). Karakter Kewirausahaan Mahasiswa. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 140. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448 Yusuf, H. (2019). Pokoknya Administrasi Pendidikan (A. Zaenuri, Ed.). Tulungagung: Cahaya Abadi. Zulatsari, M. R., & Soesatyo, Y. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 158
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:23
Last Modified: 25 Oct 2022 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52256

Actions (login required)

View Item View Item