PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PASCA PENGALIH FUNGSIAN LAHAN SAWAH MENJADI LAHAN PERIKANAN DI DESA TALUN KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI


Juwita Noor Hidayah, 1201417002 (2021) PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PASCA PENGALIH FUNGSIAN LAHAN SAWAH MENJADI LAHAN PERIKANAN DI DESA TALUN KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417002 - Juwita N Hidayah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Desa Talun kecamatan Kayen Kabupaten Pati mengalami pengalih fungsian lahan sawah menjadi lahan perikanan pada tahun 1998 yang melahirkan potensi baru berupa tambak budidaya ikan air tawar dan berhasil dikembangkan masyarakat setempat menjadi sarana rekreasi. Penelitian ini memiliki tujuan:(1) Mendeskripsikan perubahan sosial masyarakat desa Talun pasca alih fungsi lahan pada dimensi struktural, kultural, dan interaksional.(2) Mendeskripsikan proses belajar masyarakat dalam menghadapi perubahan yang ditimbulkan oleh alih fungsi lahan.(3) Mendeskripsikan dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat desa Talun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian ketua Pokdakan Mina Sejahtera, kabid kuliner, kabid jasa pemancingan, sekretaris desa, serta tokoh masyarakat yang berpengaruh terhadap proses alih fungsi lahan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, sementara teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Perubahan sosial masyarakat desa Talun dipengaruhi oleh alih fungsi lahan dan didukung dengan harapan masyarakat akan kondisi kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang. Perubahan pada dimensi struktural yaitu perubahan peran dan status sosial masyarakat; perubahan kelas sosial; perubahan mata pencaharian; serta terbentuk kelompok baru. Pada dimensi kultural, nampak nilai-nilai gotong-royong masyarakat masih ditanamkan. Pada dimensi interaksional terjadi pergantian tenaga manusia menjadi tenaga mesin serta interaksi masyarakat lebih dipermudah dengan smartphone.(2) Proses belajar masyarakat desa talun melalui praktek langsung (bekerja sambil belajar), diskusi kelompok yang dilakukan rutin satu bulan sekali dan juga diskusi bebas waktu di warung kopi serta dilaksanakan penyuluhan.(3) Dampak positif: tokoh-tokoh yang terlibat dalam pengembangan tambak budidaya ikan air tawar desa Talun menjadi tokoh yang disegani oleh masyarakat; tetap dilestarikannya nilai-nilai budaya seperti sambatan, manganan, sedekah bumi dan sedekah tambak; pendapatan masyarakat bertambah, pembangunan desa seperti perbaikan fasilitas umum semakin gencar dilakukan; bertambahnya keikut sertaan masyarakat pada politik desa yaitu pemilihan kepala desa; kemajuan dalam berpikir. Dampak negatif: penyimpangan sosial oleh para pengunjung; lunturnya kesenian desa. Saran dari penelitian ini, bagi pemerintah desa diharapkan dapat menjalin kemitraan dengan pihak terkait untuk memperluas pasar pengembangan potensi desa. Selain itu bagi kelompok pembudidaya untuk menambah fungsi kontrol sosial untuk menindak timbulnya penyimpangan sosial

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Abidin, D., 2010. Modal Sosial dan Dinamika Usaha Mikro Kecil. MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi, 15(1). Agis Mursita, D. & Suminar, T., 2019. Pembelajaran Kecakapan Hidup dalam Membangun Sikap Kewirausahaan Warga Belajar Paket C SKB Purwokerto. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1), pp.1– 12. Available at: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc. Agostinho, S., 2005. Naturalistic Inquiry in E-Learning Research. International Journal of Qualitative Methods, 4(1), pp.13–26. Akintolu, M. & Letseka, M., 2021. The andragogical value of content knowledge method: the case of an adult education programme in Kwa-Zulu Natal Province of South Africa. Heliyon, 7(9), p.e07929. Available at: https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S2405844021020326. Ansori & Rosita, T., 2018. Increasing Economic Capacity of Rural Community Trhough The Use Of Local Ecological Potency Based. Journal of Nonformal Education, 4(1), pp.89–96. Arikunto, S., 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka Cipta. Aspin, D.N. & Chapman, J.D., 2010. Lifelong learning: Concepts and conceptions. International Journal of Lifelong Education, 19(1), pp.2–19. Bungin, B., 2007. Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya, Kencana. Cholifah, S., 2017. Perubahan Sosial Masyarakat Desa Jamprong Pasca Pendirian SMP Satu Atap. Jurnal Paradigma, 5(3), pp.1–9. Chookaew, S. et al., 2015. Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in Thailand for Muslim Country. Journal of Economics, Business and Management, 3(7), pp.739–741. Coy, D. et al., 2021. Rethinking community empowerment in the energy transformation: A critical review of the definitions, drivers and outcomes. Energy Research and Social Science, 72(May 2020), p.101871. Available at: https://doi.org/10.1016/j.erss.2020.101871. Damanik, H.G., 2018. Perubahan Status Sosial Ekonomi Petani Pasca Peralihan dari Tanaman Kopi ke tanaman Jeruk di Desa Urung Panei Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun. Available at: http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/4911. Dewi Nur’aini, R., 2020. PENERAPAN METODE STUDI KASUS YIN DALAM PENELITIAN ARSITEKTUR DAN PERILAKU, Djabbar, A., Rizal, J. & Rizaly, E.N., 2021. Dampak Keberadaan Sektor Pariwisata Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Home Creative “Lentera Donggo” Kecamatan Soromandi Bima NTB. … Bidang Pariwisata, 1, pp.14–20. Available at: http://journal.ainarapress.org/index.php/jppmp/article/view/58. Ekosiswoyo, R. & Sutarto, J., 2015. Model Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Berbasis Keterampilan Vokasional. JNE, 1(1). Available at: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne. Erwin, A. et al., 2021. Intersectionality shapes adaptation to social-ecological change. World Development, 138. Faezah, K., Hamidah, A.L. & Suzana, B., 2015. Impak bekerja sambil belajar di kalangan pelajar kursus secara sambilan di politeknik merlimau melaka. , pp.150–160. Fitriani, A., 2019. Peran Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Pati Dalam Pembangunan Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat (Studi Di Desa Talun Kecamatan Kayen Kabupaten Pati). Jurnal Politik kewarganegaraan. Fitrianti, H., 2014. Strategi Pengembangan Desa Wisata Talun Melalui Model Pemberdayaan Masyarakat. Economics Development Analysis Journal, 3(1), pp.204–211. Freire, P., 1970. Cultural Action and Conscientization*. Harvard Educational Review, pp.452–477. Gunawan, I., 2013. Metode Penelitian Kualitatif. , pp.1–14. Harper, C.L., 1989. Exploring Social Change, London: Prentice Hall. Hatu, R., 2011. Perubahan Sosial Kultural Masyarakat Pedesaan (Suatu Tinjauan Teoritik-Empirik). Journal Inovasi, 8(4), pp.1–11. Hidayatullah, F.A. & Suminar, T., 2019. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Candi Plaosan Melalui Program Desa Wisata Untuk Kemandirian …. Lifelong Education Journal, 1(1), pp.1–11. Available at: https://lib.unnes.ac.id/33846/. Kaesthi, E.W., 2014. PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DI DESA WISATA KARANGBANJAR KABUPATEN PURBALINGGA Info Artikel, Available at: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity. Kartika, M. et al., 2021. Learning By Doing, Training And Life Skills. MUDABBIR (JOURNAL RESEARCH AND EDUCATION STUDIES), 1(2), pp.91–103. Available at: http://jurnal.permapendis�sumut.org/index.php/mudabbir/article/view/80. Kasnawi, M.T. & Asang, S., 2009. Materi Pokok Perubahan Sosial dan Pembangunan. , pp.1–46. Kisworo, B., Ilyas & Kriswanto, H.D., 2016. Model Pembelajaran Partisipatif Melalui Teknik Pendampingan Terhadap Tugas Diskusi Kelompok Mahasiswa Dalam Membentuk Karakter Santun Berdiskusi. Journal of Nonformal Education, 2(1). Kogoya, D., 2015. DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE PADA MASYARAKAT Studi Pada Masyarakat Desa Piungun Kecamatan Gamelia Kabupaten Lanny Jaya Papua. Acta Diurna, 4. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/862 2 [Accessed September 20, 2021]. Krajnc, A., 1989. Andragogy. In Lifelong Education for Adults. Elsevier, pp. 19– 21. Available at: https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/B9780080308517500126. Kusumastuti, A., 2016. Modal Sosial dan Mekanisme Adaptasi Masyarakat Pedesaan dalam Pengelolaan dan Pembangunan Infrastruktur. MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi, 20(1). Laksono, B.A. & Rohmah, N., 2019. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Lembaga Sosial Dan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), p.1. Latif, S., 2016. Pengaruh Mobilitas Sosial Terhadap Perubahan Bahasa. Edukasi, 14(1), pp.383–389. Malik, A. & Mulyono, S.E., 2017. Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), pp.87–101. Available at: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc. Martono, N., 2014. Perspekstif Klasik, Modern, Posmodern dan Poskolonial. In Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Rajawali Pers, pp. 6–7. Mayo, P., 2011. Adult Learning, Instruction and Programme Planning: Insights from Freire. In Adult Learning and Education. pp. 66–70. Melati, F.F., 2013. Dinamika Perubahan Sosial dan Budaya di Desa Kendalsari, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang. AntroUnairDotNet, 2(1), pp.291–297. Moleong, L.J., 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Revisi., Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Muslikhah, M.-, Kamil, M. & Kamarubiani, N., 2018. The Implementation of Adult Learning Assumption Readiness Relationships in Improving the Effectiveness of Learning Process. Journal of Nonformal Education, 4(2), pp.141–150. Mustafa, D. et al., 2015. Social Quality Masyrakat Lahan Pasir Pantai Pada Aspek Social Empowerment di Kecamatan Panjatan. Agriekonomika, 4(1), pp.1–9. Available at: https://journal.trunojoyo.ac.id/agriekonomika/article/view/669. Napitupulu, W., 1982. Efektivitas Pendidikan Luar Sekolah dalam Menanggulangi Masalah Gelandangan, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Nursafitri, H. et al., 2020. Perubahan Sosial Masyarakat Suku Osing di Desa Kemiren Sebagai Media Pebelajaran Sosiologi, Parson, T., 1951. The Social System, New York: Free Press. Prasetya, A., Fadhil Nurdin, M. & Gunawan, W., 2021. Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal A B S T R A K A R T I K E L I N F O. , (1), pp.929–968. Available at: http://dx.doi.org/10.17509/ijost.v4i1.xxxx. Putri, I.B. & Muhid, A., 2021. Metode Pendidikan Keteladanan Relevansi antara Qasidah dengan Teori Belajar Sosial Albert Bandura. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), pp.164–187. Radcliffe, D.J. & Collletta, N.J., 1989. Nonformal education. In Lifelong Education for Adults. Pagermon, pp. 60–64. Rahardjo, M., 2017. Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. , 4, pp.9–15. Raharjo, T.J., Suminar, T. & Mu’arifuddin, 2016. Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Dalam Menanggulangi Kemiskinan Melalui Pendidikan Nonformal Di Jawa Tengah. Journal of Nonformal Education, 2(1). Rahmayanti, Y.D. dan I.S.P., 2013. Dampak Keberadaan Objek Wisata Waduk Sermo Terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Di Sremo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp.1689–1699. Rifa’i RC, A., 2009. Desain Pembelajaran Orang Dewasa, Semarang: UNNES PRESS. Rifa’i RC, A., 2016. Psikologi Belajar Orang Dewasa Mu’arifuddin, ed., Semarang: Cipta Prima Nusantara. Rogers, M, E. & Shoemaker, F., 1971. Communication of Innovation The Free P., New York: A Division of The Mac Millan Publishing co, Inc,. Rosana, E., 2015. Modernisasi Dalam Perspektif Perubahan Sosial. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 10(1), pp.67–82. Available at: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/alAdyan/article/view/1423. Rosfiantika, E. & Yusup, P.M., 2015. Belajar Bersama Para Jamaah Di Perpustakaan Masjid. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 3(2), p.195. Salam, I., Salahudin & Saputra, I., 2017. Peranan Kelompok Tani dalam Peningkatan Status Sosial Petani Padi Sawah di Desa Meraka Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe. Buletin Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Haluoleo, 19(37), p.275495. Samoilă, M.-E., 2014. Semantic Relationships in Adult Education. Romanian Conceptualisations. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 142, pp.542– 547. Sari, N., Abita, T.S. & Taufiq, A.. R., 2016. Perubahan Kerangka Penghidupan (Livelihood) Masyarakat Desa Sumberagung Akibat Perkembangan Wisata Pantai Pulau Merah Di Banyuwangi. Jurnal Tata Kota dan Daerah, 8(1), pp.171–180. Available at: http://tatakota.ub.ac.id/index.php/tatakota/article/view/234. Sidqi, K.Z.T., 2020. PENERAPAN STRATEGI LEARNING BY DOING DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL DAN INTELEKTUAL DI RACANA WAHID HASYIM SEMARANG. Sosio Dialektika, 5(1), pp.27–38. Available at: https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/SD/article/download/3467/3 197. [Accessed September 20, 2021]. Smith, M.A., 2021. Social Learning and Addiction. Behavioural Brain Research, 398. Soekanto, S., 1989. Teori Sosiologi tentang Perubahan Sosial, Jakarta: Ghalia Indonesia. Soelaiman, M., 1998. Dinamiika Masyarakat Transisi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Soemardjan, S., 1991. Perubahan Sosial di Yogyakarta, Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Soetomo, 2009. Pembangunan Masyarakat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sofyan, M., 2016. Analisis Peran Retribusi Dalam Meningkatkan Perkembangan Pariwisata: Studi Kasus Di Obyek Wisata Budidaya Ikan Air Tawar Desa Talun Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Subarkah, R. & Bagus, 2017. Analisis Tingkat Keberhasilan Dan Strategi Pengembangan Mina Wisata Menayu Di Desa Menayu Kecamatan Muntilan. UPN Veteran Yogyakarta. Available at: http://eprints.upnyk.ac.id/12393/. Sudiapermana, E. & Muslikhah, 2020. The Transformation of Sustainable Community Empowerment Based. Journal of Nonformal Education, 6(1), pp.36–43. Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta. Suryanegara, E., Suprajaka & Nahib, I., 2015. Perubahan Sosial Pada Kehidupan Suku Bajo: Studi Kasus Di Kepulauan Wakatobi , Sulawesi Tenggara ( Social Change on Bajo Tribe : Case Study in Wakatobi Islands , Southeast Sulawesi ). Majalah Globe, 17(1), pp.67–78. Sutarto, J., 2007. Pendidikan Nonformal: Konsep Dasar, Proses Pembelajaran & Pemberdayaan Masyarakat, Semarang: UNNES PRESS. Titmus, C.J., 2014. Lifelong education for adults: An international handbook, University of Leeds, UK: Pergamon Press. Tri, Y. & Desamawati, L., 2015. PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN ANDRAGOGI DI RUTAN BANJARNEGARA. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 4(1). Available at: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc. Tristanti, T. & Suharta, R.B., 2018. Model of Collaborative Learning to Improve Student’s Learning Ability in Nonformal Education Departement. Journal of Nonformal Education, 4(2), pp.177–186. Wahid, U., 2015. Perubahan Politik dan Sosial Budaya Masyarakat Gampong Aceh Di Era Internet-New Media. Jurnal Communicate, 1(1), pp.13–24. Wahyono, E., 2017. Stratifikasi Sosial pada Masyarakat Pedesaan di Jawa Abad ke-19. Warda Ningsi, F., 2018. SHIFT OF KARAENG ROLE ON COMMUNITY (Study in Empoang Village Binamu Regency Jeneponto City). Jurnal Commercium: Kajian Masyarakat Kontemporer, 1(1). Available at: http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/jurnalcommercium/article/view/79. Wijaya, S.A., Zulkarnain & Sopingi, 2016. Proses Belajar Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) Dalam Pengembangan Kampoeng Ekowisata. Jurnal Pendidikan Nonformal, XI(2), pp.88–96. Windiarti, N.A., 2015. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pada Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Mino Tirtorejo di Desa Tunjungrejo Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 1(1). Yin, R.K., 2008. Studi Kasus (Desain dan Metode),(Case Study Research Design and Methods”) diterjemah., Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa. Yusuf, M. & Agustang, A., 2020. Dinamika Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Kindang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 7(November), pp.31–37
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:32
Last Modified: 25 Oct 2022 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52250

Actions (login required)

View Item View Item