IMPLEMENTASI EVALUASI PROGRAM PADA PELATIHAN PENGELOLA ADMINISTRASI PERKANTORAN DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA SEMARANG


RISQI YUDHA PRATOMO, 1201416054 (2021) IMPLEMENTASI EVALUASI PROGRAM PADA PELATIHAN PENGELOLA ADMINISTRASI PERKANTORAN DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201416054 - Risqi Pratomo.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model evaluasi program CIPP (Context, Input, Process, dan Product) pada pelatihan pengelola administrasi perkantoran di BBPLK Semarang. Penelitian ini diharapkan dapat memeberikan informasi untuk penyempurnaan program pelatihan pengelola administrasi perkantoran di BBPLK Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data primer menggunakan instrumen observasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Subyek penelitian terdiri dari satu kepala lembaga, satu kepala bagian penyelenggara, satu instruktur pelatihan dan dua peserta pelatihan. Triangulasi yang digunakan adalah sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Evaluasi context (konteks) BBPLK Semarang tidak melaksanakan analisis kebutuhan dan memiliki latar belakang untuk menyiapkan tenaga kerja administrasi yang memiliki kompetensi dan kualitas serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pengelola administrasi perkantoran. Evaluasi input (masukan) penyelenggara pendidikan dan pelatihan, instruktur, kurikulum, sarana dan prasarana yang diberikan sangat lengkap dan pendanaan pendidikan dan pelatihan bersumber dari dana APBN Pemerintah. Evaluasi process (proses) jadwal pendidikan dan pelatihan berjalan sesuai dengan perencanaan, kinerja penyelenggara sudah optimal dan sesuai dengan tugasnya sebagai penyelenggara, peserta mampu mengikuti pendidikan dan pelatihan dengan aktif dan baik, dan evaluasi sudah dilakukan pada program pelatihan maupun pada proses pendidikan dan pelatihannya untuk terus memperbaiki program. Evaluasi product (produk) penguasaan materi para peserta pelatihan sangat sempurna. Tidak terdapat Indikator keberhasilan program pelatihan akan tetapi indikator keberhasilan berpatok pada kelulusan peserta saat menghadapi Ujian Kompetensi. Tujuan program sudah tercapai dengan sebagaimana mestinya. Para peserta pelatihan mampu meningkatkan sumber dayanya. Saran yang dapat diberikan antara lain: (1) walaupun BBPLK Semarang hanya bertugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan diharapkan tetap melakukan analisis kebutuhan (2) meningkatkan kinerja penyelenggara dengan mengisi posisi penyelenggara dengan tenaga yang ahli dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sehingga penyelenggaraan pendidikan pelatihan program pelatihan pengelola administrasi dapat berjalan dengan lebih optimal lagi, (3) evaluasi kegiatan pendidikan dan pelatihan baiknya tidak dilakukan hanya dengan cara mengumpulkan respon dari peserta pelatihan saja ix tetapi langsung observasi dan memonitoring dari awal hingga selesainya pelatihan. (4) baiknya BBPLK Semarang melakukan kerjasama dengan seluruh perusahaan-perusahaan sekitar BBPLK Semarang untuk menyalurkan lulusan pelatihan agar saat peserta selesai pelatihan dapat langsung bekerja, (5) BBPLK Semarang dalam menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan yang akan datang diharapkan mampu menerapkan hasil dari evaluasi CIPP yang telah dilakukan dalam upaya memperbaiki program pendidikan dan pelatihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Agustin, J., & Afriansyah, H. (2020). Administrasi Peserta Didik. https://doi.org/10.31219/osf.io/g4naw Amin, S., & Nurhadi, A. (2020). Urgensi Analisis Kebutuhan Diklat Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pai Dan Budi Pekerti. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 53(9), 83–100. https://doi.org/10.30868/im.v3i02.871 Aminullah. (2018). Profesionalisme dan kualitas pelayanan (telaah implementasi dalam penyelenggaraan diklat pusdiklat tenaga teknis pendidikan dan keagamaan). Andragogi Jurnal Diklat Teknis, IV(1), 87–103. Antoni, A. (2019). 48.000 Warga Kota Semarang Masih Menganggur, Didominasi Lulusan SMA. Sindonews.Com. https://daerah.sindonews.com/artikel/jateng/3788/48000-warga-kota�semarang-masih-menganggur-didominasi-lulusan�sma#:~:text=SEMARANG - Dinas Tenaga Kerja Kota,yang mencapai 6%2C61%25. Ardiena, S. B. (2015). Implementasi Evaluasi Program Kursus Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( Pkbm ) Citra Ilmu Kabupaten Semarang. Arikunto, & Jabar. (2009). Evaluasi program pendidikan : pedoman teoretis praktis bagi praktisi pendidikan / Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin Abdul Jabar (Vol. 6, Issue 8). Bumi Aksara. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Atmosoeprapto. (2017). Studi pada Karyawan Bagian Frontliner PT . Bank Mandiri ( Persero ) Tbk . Area Tangerang Bintaro. Administrasi Bisnis, 51(2), 127. Binanto. (2009). Pengertian Program. Pemograman Dapat Diartikan Dalam Beberapa Hal. Chopra, K. (2017). Innovative and Interactive Training Techniques in Contemporary Competitive Era. 2(1), 26–33. Dalimunthe, Y. T. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Anak Jalanan Di Pusat Kajian Dan Perlindungan Anak ( Pkpa ). 78 Djibu, R., & Shofwan, I. (2019). Development training model mentoring convection sewing in improving assistant competence. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 131–139. Eka Widiasih. (2015). MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BATIK BREBESAN (Studi di Mitra Batik Desa Bentar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes) SKRIPSI. 151, 10–17. http://lib.unnes.ac.id/view/divisions/sch=5Fphy/2015.html Habibah, I. N., & Afriansyah, H. (2019). Adminitrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan. 1–3. https://doi.org/10.31227/osf.io/72eaj HASRA HARTINA. (2017). MODEL EVALUASI PROGRAM DALAM PENELITIAN EVALUASI. Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun, 4(1), 9–15. Irawati, R. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Pembinaan Terhadap Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 74–84. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i1.18 Kalangi, R. (2015). Pengembangan sumber daya manusia dan kinerja aparat sipil negara di Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 2(1), 1–18. Kum , F. D., Cowden, R., & Karodia, A. M. (2014). The Impact of Training and Development on Employee Performance : A Case Study of Escon Consulting. Singaporean Journal of Business , Economics and Management Studies, 3(3), 72–105. https://doi.org/10.12816/0010945 Lazwardi, D. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah. Kependidikan Islam, 7(2), 67–79. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh Lestari, B. D., Sutarto, J., & Raharjo, T. J. (2019). The Evaluation of Inclusive Education Curriculum Program in PAUD Talenta Semarang. Journal of Primary Education, 8(3), 299–308. Magdalena, I., Fauzi, H. N., Putri, R., & Tangerang, U. M. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Pendidikan Dan Sains - Stitpn, 2, 244–257. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/download/986/680/ 79 Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At�Ta’dib, 6(1), 118. Meitaningrum, D. (2013). Efektivitas Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(3), 192–199. Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya. Nababan, Y., Tawas, H., & Uhing, J. (2017). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt.Pln (Persero) Area Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(3), 751–759. https://doi.org/10.35794/emba.v4i3.14417 Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal Petik, 3(1), 28. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355 Nugraha, I. (2016). PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus pada SMA X Kota Bandung). 2016. https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7584 Nurasyiah, H. (2017). Pengaruh DIKLAT(Pendidikan dan Pelatihan) Terhadap Prestasi Kerja Karyawan di Bank BPR Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 71–82. Oktaviani.J. (2018). Tinjauan Pustaka:Pengertian Implementasi. Sereal Untuk, 51(1), 51. Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. 5, 22–27. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4417 Purwanto, H. (2014). Perancangan Sistem Informasi Jadwal Pelatihan Karyawan Pt. Xyz. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma. https://doi.org/10.35968/jsi.v6i2.311 Rifa’i, A. (2009). Achmad Rifai Pembelajaran Orang Dewasa (H. Waluyo (ed.)). UNNES PRESS. Ruhana, I. (2012). Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Vs Daya Saing Global. PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), 50–56. http://ejournalfia.ub.ac.id/index.php/profit/article/view/134 80 SAFITRI, E. (2013). Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Kerja Terhadapkinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(4). Saputra, H. (2019). Evaluasi Program Pelatihan Desain Pembelajaran Bagi Dosen Universitas Terbuka. JURNAL SeMaRaK, 2(2). https://doi.org/10.32493/smk.v2i2.2933 Shigenobu, K., & Ikeda, M. (2009). Care for the patients with frontotemporal lobar degeneration. Brain and Nerve, 61(11), 1337–1342. Shofwan, I., Yusuf, A., Suryana, S., & Widhanarto, G. P. (2019). Evaluasi Program “Model Logical Framework” untuk Pengelola Pusat Kegiatan Belajar. Jurnal Panjar, 1(1), 11–12. Stufflebeam, D. L. (1971). the Relevance of the Cipp Evaluation Model for Educational Accountability. Sucipto, N. R., & Sutarto, J. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Miskin Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Melalui Kursus Menjahit Di LKP Elisa Tegal. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 135–142. Sudjana, D. (2008). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah.pdf (I. Taufik (ed.); Cetakan Ke). PT REMAJA ROSDAKARYA. Sugiharto, Yudi Ali Akbar, N. (2015). Manajemen Pelatihan Penyuluhan. 13–15. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Sutha, D. W. (2018). Administrasi Perkantoran Cara Mudah Memahami Konsep Dasar Administrasi Perkantoran Secara Umum. https://www.academia.edu/download/56503191/1_7- PDF_Administrasi_Perkantoran_1.pdf%0A%0A Tamam, B. (2018). Reorientasi Pendanaan Pendidikan Dalam Membangun Mutu Sekolah. Kajian Islam Dan Masyarakat, 02, 35–48. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/MaA16/index Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). No Title. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24. 81 West, D. J. (n.d.). Catatan kebijakan pendanaan pemerintah untuk pengembangan keterampilan. Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pelatihan (1st ed.). Pustaka Pelajar. Widoyoko, E. P. (2019). EVALUASI PROGRAM PELATIHAN (Training Program Evaluation). 1–17. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf Wulandari, A. (2020). Pengaruh Instruktur Pelatihan, Peserta Pelatihan, Materi Pelatihan, Metode Pelatihan Dan Tujuan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan. Value: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(1). https://e�journal.umc.ac.id/index.php/VL/article/view/1010 Yanama, R., & Utsman. (2015). Pengaruh Program Pelatihan Menjahit Terhadap Kemandirian Alumni Peserta Didik Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Citra Ilmu Kabupaten Semarang. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 4(1), 1–6. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/8021
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:50
Last Modified: 25 Oct 2022 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52244

Actions (login required)

View Item View Item