PEMBELAJARAN DISTANCE LEARNING UNTUK KESETARAAN PAKET A DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA SEMARANG


Tangguh Arya Saputra, 1201415019 (2021) PEMBELAJARAN DISTANCE LEARNING UNTUK KESETARAAN PAKET A DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201415019 - TANGGUH ARYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran distance learning di Homeschooling Primagama Semarang dilatarbelakangi karena banyaknya potensi anak-anak yang kurang cocok atau kurang nyaman dengan sistem pendidikan formal, contohnya anak-anak yang berkebutuhan khusus serta anak-anak yang tidak bisa mengikuti pembelajaran di pendidikan formal dikarenakan sesuatu hal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 4 orang yaitu Pengelola Homeschooling Primagama Semarang, 1 orang staff akademik, dan 2 orang tutor sedangkan infroman 2 orang yaitu warga belajar pembelajaran distance learning. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, menunjukan adanya pembelajaran distance learning yang dilaksanakan di Homeschooling Semarang adalah (1) implementasi pembelajaran, dimana yang diterapkan tutor yaitu dengan metode ceramah, diskusi, serta demonstrasi dalam pembelajaran distance learning di Homeschooling Primagama Semarang, (2) faktor pendorong pembelajaran distance learning ini adalah tutor yang berkompeten dalam menyampai materi terhadap warga belajar serta ketersedian sarana dan prasarana yang cukup dan memadai, serta niat dan kemauan belajar warga belajar untuk mengikuti pembelajaran distance learning, sedangkan faktor penghambatnya yakni kurangnya konsentrasi dan niat belajar pada warga belajar dan terjadinya mati listrik bisa menghambat keberhasilan atau kelancaran belajar, karena pembelajaran distance learning ini dilaksanakan secara online. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran distance learning telah berjalan sesuai tujuan dengan memberikan pengetahuan materi serta beberapa keterampilan agar warga belajar lebih kreatif dengan pengembangan pengetahuan dan ketarampilan. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu kurangnya konsentrasi dan niat belajar pada warga belajar dan terjadinya mati listrik bisa menghambat keberhasilan atau kelancaran belajar, karena pembelajaran distance learning ini dilaksanakan secara online. Saran yang diberikan untuk faktor penghambat hendaknya orang tua warga belajar juga ikut berperan dalam mengawasi anaknya saat melaksanakan pembelajaran distance learning, agar pembelajaran tetap berjalan dengan kondusif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Abadi, G. F. (2015). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E�Learning. Tasyri’ Vol. 22, Nomor 2, Oktober 2015, 22, 137. Alfin, J. (2014). Analisis karakteristik siswa pada tingkat sekolah dasar. 190–205. Arikunto, S. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Azahra, L. R., & Ilyas, I. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Homeschooling Primagama Semarang. 3(1), 67–77. https://doi.org/10.15294/pls.v3i1.23921 Budi Wijayarto, H. (2014). Jurnal Prima Edukasia, Volume 2 - Nomor 2, 2014. 2, 250–262. Choiriyah. (2015). Evaluasi Program Homeschooling Group Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 201–216. Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445 Depdiknas. (2003) Undang- Undang Republik Indonesia. Tentang Sistem Pendidikan: Pemerintah RI. Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia. Tentang Sistem Pendidikan Nasional: jalur,jenjang, dan jenis pendidikan. Djamari Mardapi. (2013). Evaluasi Penerapan Ujian Akhir Sekolah Dasar Berbasis Standar Nasional. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 13(2), 227–245. Djemari, M. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Nuha Medika. 97 Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young Children’s Online Learning during COVID-19 Pandemic: Chinese Parents’ Beliefs and Attitudes. Children and Youth Services Review, 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440 Fanani, A. (2017). Ice Breaking Dalam Proses Belajar Mengajar. 11, 1–7. https://doi.org/10.1145/3110292.3110316 Fitriani. (2016). Implementasi Pembelajaran Sejarah di Homeschooling pada Program Distance Learning (Studi Kasus di Homeschooling Kak Seto Tangeran Selatan 2015). Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH Vol.5 No.2 Juli 2016, 5, 75-76. Fuad, A. J. (2010). Cooperative Learning*. International Encyclopedia of Education, (2), 177–183. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894- 7.00494-2 Handriadi. (2018). Homeschooling Sebuah Pendidikan Alternatif. Al Mau’izhah Volume 16 No.1 Januari –Juni 2018, 16, 2-11. Herwina, W. (2016). Penerapan Homeschooling Sebagai Model Pendidikan Alternatif bagi Masyarakat Pedesaan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Hs, Aliffiani. Alfiati Syafrina, M. H. (2018). Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Keterampilan Variasi Stimulus Di SD Negeri 71 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 24–34. Husamah, dkk. (2015). Pengantar Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. Ilyas. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal of Nonformal Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jne.v2i1.5316 J.Moloeong, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 98 Kisworo, B. (2017). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Prinsip-Prinsip Pendidikan Orang Dewasa Pkbm Indonesia Pusaka Ngaliyan Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 80–86. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8987 Korkmaz, H., & Duman, G. (2014). Public Understanding about Homeschooling: A Preliminary Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3891–3897. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.861 Mahariah. (2014). Homeschooling dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Islam. IV(1), 16–35. Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Martono, J. (2014). Pelaksanaan Homeschooling Setingkat Sekolah Dasar Studi Di Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. Volume 3, Nomor 1, Januari 2014, 3, 3. Muhtadi, A. (2014). Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Rumah (Home Schooling). Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis. Materi, 1–17. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132280878/11. Pendidikan dan pembelajaran di sekolah rumah (home schooling)-tinjauan teoritis dan praktis.pdf Mulyono, & Sungkowo, E. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Paket C Di Pkbm Bangkit Kota Semarang. Manajemen Pembelajaran Program Paket C Di Pkbm Bangkit Kota Semarang, 3(1), 60–71. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8915 Muslimat, A. (2016). Homeschooling Sebagai Pendidikan Alternatif Proses Belajar-Mengajar Dalam Pendidikan. Jurnal Studi Gender dan Anak Vol. 3 No. 1 Januari-Juni 2016, 3, 98-99. Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16. 99 Neuman, A. (2020). Ask the Young: What Homeschooled Adolescents Think About Homeschooling. Journal of Research in Childhood Education, 34(4), 566–582. https://doi.org/10.1080/02568543.2019.1710628 Pane, A. & Muhammad, D.D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman.Vol. 3, No. 2, 337. Putri, Y. L., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Sikap dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 173–184. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448 Ramadani, F., & Syuraini, S. (2018). Gambaran Kompetensi Profesional Tutor Menurut Warga Belajar pada Program Kesetaraan Paket B di PKBM Legusa Kabupaten Lima Puluh Kota. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Vol. 6 No. 4, 425. Redford, J., Battle, D., & Bielick, S. (2016). Homeschooling in the United States: 2012. 1–16. Razi, A. (2016). Homeschooling: an Alternative Education in Indonesia. International Journal of Nusantara Islam, 4(2), 75–84. https://doi.org/10.15575/ijni.v4i2.973 Rifa’i, A. (2009). Desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: UNNES PRESS. Riyadi, M. I. R., Sutarto, J., & Yusuf, A. (2020). Effects of Learning Facilities and School Environment through Self-regulation on the Learning Interests of Primary School Students. 9(3), 313–320. Rohmah, L., 2016. Konsep E-Learning Dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam. An-Nur, 3(2). 100 Sama, H. (2014). Kompetensi Karyawan Dan Efektivitas Penggunaan Video Conference Berbasis Skype Terhadap Efisiensi Waktu Perekrutan Karyawan. CBIS Journal, Volume 2 No 2, 2, 32. Sari, P. M. (2019). Mengembangkan Metode Homeschooling Bagi Masyarakat Kelurahan Sidodadi Kec. Kota Kisaran Barat Kab. Asahan. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyaraka, Vol.1 No.1, 2019, 1, 4. Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173 Setiawan, M. A., Fakhruddin, F., & Kardoyo, K. (2020). The Service Quality Influence and The School Facilities to The Students ’ Satisfaction Through The School Reputation As The Intervening Variable. 9(2), 182–190. Shabrina, A. A. (2017). Gaya Belajar Program Distance Learnig Siswa Homeschooling. AntroUnairdotNet, Vol.6/No.3/Oktober 2017, 6, 328. Sobron, A. ., Bayu, Rani, & S, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1–5. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204/136 Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suherlan, E. S. (2018). Partisipasi Tokoh Masyarakat RT 01 RW 11 Kelurahan Cipangeran Dalam Meningkatkan Manajemen Program Kesetaraan Paket A Setara SD Di PKBM Mandiri Cipageran. e-ISSN : 2615-1480 p-ISSN : 2622-5492 Volume 1 Nomor 3, September 2018, 1, 111. Sutarto, J. (2007). Pendidikan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, dan Pemberdayaan Masyarakat). Semarang: UNNES PRESS. Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314 101 Tan, W. S. (2017). Prombelms Related to Imlpementing Equal Education Right in Non Formal Education: Challanges for. 7(2), 230–243. Tara, M. (2005). Assessment - summative and formative- some theoretical reflections. British Journal of Educational Studies, 53(4), 466–478. Utsman. (2016). Evaluasi Potensi Kelompok Belajar Paket B Untuk Menunjang Wajib Belajar 9 Tahun. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 9–15. Widyoko, P. E. (2013). Evaluasi Program pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1266 Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61–68. Yumnah, S. (2018). Home schooling dalam keluarga muslim. 13(2), 38–45
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:38
Last Modified: 25 Oct 2022 01:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52241

Actions (login required)

View Item View Item