IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KESETARAAN PAKET C DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA SEMARANG


GINANJAR BAYU NURSAMSU, 1201414086 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KESETARAAN PAKET C DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201414086 - GINANJAR BAYU NURSAMSU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan dan sikap antusias Warga Belajar Kesetaraan Paket C di homeschooling primagama Semarang. Rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana tutor dapat membantu warga belajar yang motivasinya menurun pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: proses pembelajaran kesetaraan paket c di homeschooling primagama Semarang, mendeskripsikan faktor pendukung dalam proses pembelajaran dan mendeskripsikan faktor penghambat proses pembelajaran warga belajar kesetaraan paket C. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dimana dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini terdiri dari kepala homeschooling, 3 tutor, 3 warga belajar, Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber serta dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan Reduksi Data, Penyajian data Kesimpulan dan Verifikasi. Dalam penelitian ini memperoleh hasil diantaranya: Motivasi belajar warga belajar dalam mengikuti proses pembelajaran terdiri dari motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik, motivasi belajar secara keseluruhan warga belajar memiliki motivasi yang kurang baik dalam melaksanakan proses pembelajaran dan kegiatan belajar, sehingga perlu adanya peningkatan motivasi dari dalam maupun luar dirinya. Peranan tutor untuk meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket C di homeschooling primagama semarang dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu: sebagai informator, organisator, pembimibing, inisiator, motivator, mediator, fasilitator,dan evaluator secara garis besar tutor mampu melaksanakan perannya sehingga tutor mampu memberikan serta meningkatkan motivasi belajar kepada warga belajar. Simpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran paket C di homeschooling primagama semarang tak lepas dari para tutor yang membantu dan menjalankan perannya sebagai tutor/pendidik. Peran tutor dalam pembelajaran di kesetaraan paket C di homeschooling primagama semarang dari perancangan silabus dan rpp, memilih strategi pembelajaaran yang akan digunakan, menyiapkan metode yang akan di pakai dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan warga belajarnya, mengamati respon warga belajar dan mengevaluasi proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Anggara, D. S., & Abdillah, C. (2018). Proses Pembelajaran Program Homeschooling Tingkat Sekolah Dasar Di Pkbm Anugrah Bangsa Kota Semarang. Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 3(1). Ananda, Lisa Rahmi. (2017). Kematangan Sosial Pada Siswa Homeschooling. Jurnal Empati, 6(1). Ayub, N. (2010). Effect of intrinsic and extrinsic motivation on academic performance. Pakistan business review, 8, 363-372. A’yun, Q., & Prihartanti, N. (2015). Peran Orang Tua Dalam Implementasi Homeschooling Pada Anak Usia Dini. Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134. Alifah, F. N. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Tadrib, 5(1). Choiriyah, C. (2017). EVALUASI PROGRAM HOMESCHOOLING GROUP UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2). Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan Homeschooling sebagai Pendidikan Alternatif dalam Mengembangkan Potensi Anak di Homeschooling kak Seto Jakarta Selatan. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(1). Ernawati, E., & Mulyono, S. E. (2017). Manajemen pembelajaran program paket C di PKBM Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 60-71. Fakhruddin. (2011). Evaluasi Program Pendidikan Nonformal. Semarang: UNNES PRESS. Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193-204. Hasyim, M. H. M. (2014). Penerapan fungsi guru dalam proses pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 265-276. Istiqomah, N., Fakhruddin, F., & Utsman, U. (2017). Evaluasi Mutu Layanan Pendidikan Kesetaraan pada PKBM Citra Ilmu di Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(2), 149-157. Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sutarto, J., Mulyono, S. E., Shofwan, I., & Siswanto, Y. (2019). Determinants of Web�Based E-Training Model to Increase E-Training Effectiveness of Non-Formal Educators in Indonesia. Kafarisa, R. F., & Kristiawan, M. (2018). Kelas Komunitas Menunjang Terciptanya Karakter Komunikatif Peserta Didik Homeschooling Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 68-76. Kisworo, B. (2017). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Prinsip-Prinsip Pendidikan Orang Dewasa Pkbm Indonesia Pusaka Ngaliyan Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 80-86. Kisworo, B., Ilyas, I., & Kriswanto, H. D. (2016). Model pembelajaran partisipatif melalui teknik pendampingan terhadap tugas diskusi kelompok mahasiswa dalam membentuk karakter santun berdiskusi. Journal of Nonformal Education, 2(1). Mas, S. R. (2008). Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2). McClelland, D. A. V. I. D. (2005). Achievement motivation theory. Organizational behavior: Essential theories of motivation and leadership, 46-60. Mulyono, S. E., & Unnes, J. P. F. Strategi Pendidikan Nonformal Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). In Seminar Dan Temu Akademisi PLS Tingkat Nasional (p.125). Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: : PT Remaja Rosdakarya. Milheim, K. L. (2012). Towards a better experience: Examining student needs in the online classroom through Maslow's hierarchy of needs model. Journal of online learning and teaching, 8(2), 159. Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Ananta, A., Sumiarsa, D., & Ashlan, D. (2018). Development Of Non-Formal Primary School Education Tutor In Facing The Era Of Industrial Revolution 4.0 In Sukabumi City. International Journal of Community Service Learning, 2(4), 274-282. Pakaya, Y. (2020). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Warga Belajar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kedondong Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 1-11. Putra, A. K., & Frianto, A. (2018). Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kepuasan Kerja. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 6(1), 59- 66. Rahayu, S., & Fakhruddin, F. (2019). Manajemen Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sebagai Upaya Meningkatkan Budaya Literasi. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2). Ramadani, F., & Syuraini, S. (2018). Gambaran Kompetensi Profesional Tutor Menurut Warga Belajar pada Program Kesetaraan Paket B di PKBM Legusa Kabupaten Lima Puluh Kota. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(4), 425-433. Razi, A. (2016). Homeschooling: An alternative education in Indonesia. International Journal of Nusantara Islam, 4(2), 75-84. Rochgiyanti, R. (2013). Pembelajaran Paket B Di PKBM Barito Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Progresif, 3(2). Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Setioningtyas, W. P., & Widyatmika, S. W. (2017). Analisis Karakteristik Dosen yang Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Surabaya. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 4(1), 277-287. Setiawan, R. (2010). Analisis Pengaruh Faktor Kemampuan Dosen, Motivasi Belajar Ekstrinsik dan Intrinsik Mahasiswa, Serta Lingkungan Belajar Terhadap Semangat Belajar Mahasiswa Di Departmen Matakuliah Umum Universitas Kristen Petra. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, (2 O), 229-243. Sardiman, S. (2014). Perspektif Spiritualisme dalam Pembelajaran Sejarah. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 10(1). Senjawati, R. A., & Fakhruddin, F. (2017). Motivasi Warga Belajar Dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Program Kelompok Belajar Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Tunas Bangsa Brebes. Journal of Nonformal Education, 3(1), 40-46. Sugiarti, D. Y. (2009). Mengenal homeschooling sebagai lembaga pendidikan alternatif. Edukasi, 1(2), 13-22. Suminar, T., Budiartati, E., Arbarini, M., Utsman, U., & Imtinan, F. S. (2020). Pelatihan Bagi Tutor Homeschooling: Model Pendidikan Karakter Berbasis Etnopedagogik untuk Pengembangan Kecakapan Personal dan Sosial di Homeschooling Primagama Kota Semarang. JURNAL PANJAR: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 2(1), 14-19. Saputra, W. A., & Mulyono, S. E. (2015). Pembelajaran Kejar paket C Yang Terintergrasi Lifeskill Di UPTD SKB Ungaran. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2). Shofwan, I., Desmawati, L., Raharjo, T., & Santosa, I. W. (2019, December). Homeschooling: Nonformal Education Learning Strategy 4.0. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) (pp. 655- 660). Atlantis Press. Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada Utsman, U. (2016). EVALUASI MODEL PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA BEBERAPA TK DI KOTA SEMARANG. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(2). Utsman, U. (2016). Evaluasi Potensi Kelompok Belajar Paket B Untuk Menunjang Wajib Belajar 9 Tahun (Studi pada Beberapa Daerah Tingkat II di Jawa Tengah). Journal of Nonformal Education, 2(2). Vibriyanthy, R., & Fauziah, P. Y. (2014). Implementasi pendidikan karakter di homeschooling kak seto yogyakarta. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(1), 75-85. Vero, E., & Puka, E. (2017). The Importance of Motivation in an Educational Environment L’importanza della motivazione in un ambiente educativo. Formazione & insegnamento XV, 57-66. Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2017). Implementasi pembelajaran tematik kelas 1 SD. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129- 136. Wiliandani, A. M., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2016). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(3), 132-142. Wijayarto, B., & Haryanto, H. (2015). Perbandingan kompetensi Sosial Siswa Komunitas Homeschooling Dengan Siswa Reguler SD Muhammadiyah 1 Surakarta. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 26-32. Wulandari, N. A. D., & Ilyas, I. (2015). Manajemen Penyelenggaraan Pelatihan Otomotif Dalam Mempersiapkan Warga Belajar Memasuki Dunia Kerja Di BLKI Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2). Yumnah, S. (2018). Home schooling dalam keluarga muslim. Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 13(2), 38-45. Yustian, G. (2015). Peran Tutor untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Mandiri. Jurnal Pendidikan Non Formal Dan Informal, 7(2).
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Oct 2022 04:29
Last Modified: 01 Nov 2022 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52228

Actions (login required)

View Item View Item