ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN MENJAHIT DI BLK DISNAKER KABUPATEN PEMALANG


SEPTI HANDAYANI, 1102417066 (2021) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN MENJAHIT DI BLK DISNAKER KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102417066 - Septi Handayani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Angka pengangguran di Kabupaten Pemalang meningkat dari tahun 2018 hingga tahun 2020. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menekan jumlah pengangguran yaitu melalui balai latihan kerja yang memberikan pendidikan dan pelatihan ketrampilan kepada masyarakat. Pendidikan dan pelatihan menjahit menjadi kejuruan di BLK Disnaker Kabupaten Pemalang yang paling banyak diminati oleh peserta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pelatihan menjahit banyak diminati oleh peserta, konsep kurikulum pendidikan dan pelatihan menjahit, serta implementasi kurikulum pendidikan dan pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pemalang. Informan dalam penelitian ini adalah kepala Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pemalang, instruktur pelatihan menjahit, dan 4 orang peserta pelatihan menjahit. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini tidak menggunakan pemeriksaan keabsahan data triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan menjahit banyak diminati karena besarnya kebutuhan tenaga kerja industri garmen yang tersedia di wilayah Kabupaten Pemalang. Konsep kurikulum pendidikan dan pelatihan menjahit adalah kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia dengan program keahlian menjahit pakaian wanita dewasa dan disesuaikan dengan kebutuhan industri garmen di wilayah Kabupaten Pemalang. Implementasi kurikulum pendidikan dan pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pemalang sepenuhnya sudah sesuai dengan Permenakertrans No. 8 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Berbasis Kompetensi. Saran dari peneliti terhadap implementasi kurikulum pendidikan dan pelatihan menjahit di BLK Disnaker Kabupaten Pemalang antara lain hendaknya BLK Disnaker Kabupaten Pemalang perlu melakukan monitoring secara berkala terhadap implementasi kurikulum pendidikan dan pelatihan menjahit guna mengetahui keefektifan penerapan kurikulum tersebut dalam program pelatihan. Selain itu instruktur pelatihan hendaknya lebih meningkatkan monitoring secara berkala terhadap lulusan alumni pelatihan menjahit guna mengetahui terserapnya alumni pelatihan di dunia industri dan di dunia usaha

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Aizuddin Saari, M. S. (2021). Skills Sets for Workforce in the 4th Industrial Revolution: Expectation from Authorities and Industrial Players. JOURNAL OF TECHNICAL EDUCATION AND TRAINING VOL. 13 NO. 2 , 1-9. Amalia, N. dkk. (2017). Profil Penjahit Wanita di Gampong Mon Alue Kecamatan Indrapuri Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol. 2 (November), 35–41. Anderson Galvão, C. M. (2019). The role of entrepreneurship education and training programmes in advancing entrepreneurial skills and new ventures. European Journal of Training and Development. Andrian, D. (2018). The Instrument Development to Evaluate Local Curriculum in Indonesia. 11(4), 921–934. Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta. Badan Pusat Statistik Kabupaten Pemalang. 2020. Perkembangan Tingkat Pengangguran Berdasarkan Tingkat Pendidikan di Kabupaten Pemalang Tahun 2018-2020 dalam https://jateng.bps.go.id diakses 6 Januari 2020 Badan Pusat Statistik Kabupaten Pemalang. 2020. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dan Tingkat Partisipan Angkatan Kerja (TPAK) di Kabupaten Pemalang Tahun 2018-2019 dalam (https://pemalangkab.bps.go.id diakses 7 Januari 2020 Bistok Sinurat Rahara Rahardjo, M. (2017). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan, Pengembangan Karir Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen, 6(1), 1–13. Cahyono, I. S. dan H. (n.d.). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN DI KABUPATEN JOMBANG. Cates, S. V., Doyle, S., Gallagher, L., Shelton, G., & Broman, N. (2019). Making the case for virtual competency-based education business workforce education. https://doi.org/10.1108/HESWBL-12-2018-0139 Chaudhary, G. K. (2015). Factors affecting curriculum implementation for students. 1(12), 984–986. Danim, Sudarwan. 1995. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 81 Dhakiri, M. H. (2019). KOMPETENSI ERA INDUSTRI. (April). Hadi, S. (2013). Evaluasi implementasi kurikulum berbasis kompetensi pada lembaga kursus dan pelatihan (LKP) program otomotif DIY. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 267–283. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1036 Khairul Anuar Abdul Rahman, N. A. (2021). Development of Mobile Application Framework Based on Competency-Based Education for Technical and Vocational Education. JOURNAL OF TECHNICAL EDUCATION AND TRAINING VOL.13 NO. 2 , 44-52 . Kuntadi, I. (n.d.). Seminar Internasional , ISSN 1907-2066 Seminar Internasional , ISSN 1907-2066. 315–334. Lan, C.-C. (2020). Industry instructors‟ perspective on internship. Journal Training and Education. Masykur. 2019. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: Aura CV. Anugrah Utama Raharja. Mukhyi, M. Abdul dan Hadir Hudiyanto. 1996. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gunadarma Nana Sudjana. 1996. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya Nkirina, S. P. (2010). The challenges of integrating entrepreneurship education in the vocational training system An insight from Tanzania ’ s Vocational. https://doi.org/10.1108/03090591011023998 Nugraheny, Dian Erika. 2020."Data Kependudukan 2020: Penduduk Indonesia 268.583.01 (Placeholder1)6 Jiwa", dalam https://amp.kompas.com/nasional/read/2020/08/12/15261351/data�kependudukan-2020-penduduk-indonesia-268583016-jiwa Nurasyiah, H. dan. (2017). PENGARUH DIKLAT ( PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ) TERHADAP Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian Email : ayat_pasie@yahoo.com. 6(1), 71–82. Nurhajati, W. A., & Bachri, B. S. (2014). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ( DIKLAT ) BERBASIS KOMPETENSI DALAM MEMBANGUN PROFESIONALISME PEGAWAI NEGERI SIPIL ( PNS ) Widi Asih Nurhajati Bachtiar Sjaiful Bachri. Prabandari, E. (2016). Issn e-issn : 1412 – 6613 : 2527 – 4570. 15(1), 31–46. 82 Rahdiyanta, D. (2003). KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI ( KBK ) ( Pengertian dan Konsep KBK ). 1–10. Ramasamy, M., & Pilz, M. (2020). Vocational Training for Rural Populations : A Demand-Driven Approach and its Implications in India. 7(3), 256–277. Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sekretariat Negara. Republik Indonesia. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta : Sekretariat Negara. Republik Indonesia. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta : Sekretariat Negara. Republik, Indonesia, Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2012 tentang Kerjasama Penggunaan Balai Latihan Kerja Oleh Swasta. Jakarta : Sekretariat Negara. Republik Indonesia. Peraturan Bupati Pemalang Nomor 81 Tahun 2018 tentang Pembentukan Balai Latihan Kerja Pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pemalang. Jakarta : Sekretariat Negara. Rohman, A. (2019). Development of Training Curriculum in Improving Community Based Geological Hazard Mitigation Competency. 33(2), 418– 427. Rohaeni, N., Jubaedah, Y., Jurusan, D., Fptk, P. K. K., Curriculum, T., Curriculum, T., … Kunci, K. (2010). Model desain kurikulum pelatihan profesi guru vokasional berbasis technological curriculum. 41–53. Rohmatillah, N. S. D. (2020). Jurnal Pendidikan Untuk Semua. 4(4), 47–56. Rusmulyani. (2021). Jurnal Inovasi Penelitian. 1(8). Sail, Rahim M., K. A. (2010). Social skills and social values training for future k�workers. https://doi.org/10.1108/03090591011031737 Sauber, M. H., Mcsurely, H. B., & Tummala, V. M. R. (2008). Developing supply chain management program : a competency model. 16(4), 375–391. https://doi.org/10.1108/09684880810906517 Singh, A. (2012). USE OF PSYCHOMETRIC TOOLS IN COMPETENCY BASED PLACEMENT AND TRAINING. INDIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION VOL. LV/ll, NO. 3. 83 Siti Hamidah Husain, A. I.-A. (2020). Mismatch in Supply and Demand of Building Surveying Graduates‟ Skills: A Triangulation Perspective. JOURNAL OF TECHNICAL EDUCATION AND TRAINING VOL. 12 NO. 4 , 70-80. Sopyanti, E., Koswara, D. deni, & Kurniady, dedy achmad. (2016). Pengaruh Program Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Di Pusdiklat Ir. H. Djuanda Pt. Kai Persero Bandung. Jurnal ADPEND, 1(1), 53–70. Subhi, T. A. (2016). KONSEP DASAR, KOMPONEN DAN FILOSOFI KURIKULUM PAI Oleh: Tb. Asep Subhi Abstrak. 3(1), 117–134. Sugianto dan Permadhy, Y. T. (2020). PENANGANAN PERMASALAHAN PENGANGGURAN PADA DESA BOJONGCAE , CIBADAK LEBAK. IKRA-ITH Ekonomika, 2(3), 54–63. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. -----------. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukmawati, H. (2021). Komponen-komponen kurikulum dalam sistem pembelajaran. 7, 62–70. Treagust, J. E. (2003). ENGINEERING EDUCATION – IS PROBLEM- BASED OR PROJECT-BASED LEARNING THE ANSWER? Journal of Engineering Education, 4. Tukundane, C., Minnaert, A., Zeelen, J., & Kanyandago, P. (2015). Building vocational skills for marginalised youth in Uganda : A SWOT analysis of four training programmes International Journal of Educational Development Building vocational skills for marginalised youth in Uganda : A SWOT analysis of four training programmes. International Journal of Educational Development, 40(February 2019), 134–144. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2014.10.007 Tutlys, Vidmantas, G. S. (n.d.). From the analysis of work-processes to designing competence-based occupational standards and vocational curricula. Uzaslan, R. A. (2017). Arslan, R. (2017). Impact of competency-based and target�oriented training on employee performance : A case study. Industry and Higher Education, 1-4. White, R. J., & Moore, K. (2017). Integrating Curricular and Co-Curricular Endeavors to Enhance Student Outcomes Article information  84 Winarno. 2020. "Permasalahan dalam Pelaksanaan Diklat Di BLK Disnaker Kabupaten Pemalang". (2020). Hasil Wawancara Pribadi: 18 Desember 2020, BLK Disnaker Kabupaten Pemalang. Wu, J. L. (2013). The Study of Competency- Based Training and Strategies in the Public Sector : Experience From Taiwan. Public Personnel Management 42(2) , 259 – 271. Yasa, Veronika. 2016. “Implementasi Metode Praktek dalam Peningkatan Keterampilan Menjhit Peserta Pelatihan di Lembaga Kursus dan Pelatihan Prima Kabupaten Jember”. [Skripsi]. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Jember Youngmin Lee, W. K. (2021). A Case Study for Technical and Vocational Education and Training Professional Development Training in Untact Era: Focusing on Official Development Assistance Project in Botswana. Journal of Technical Education and Training VOL. 13 NO. 2 , 10–24
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Oct 2022 04:23
Last Modified: 24 Oct 2022 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52227

Actions (login required)

View Item View Item