PENGARUH PEMANFAATAN SMART SCHOOL TERHADAP KINERJA GURU DAN KARYAWAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN


Endah Dwi Intantari, 1102417043 (2021) PENGARUH PEMANFAATAN SMART SCHOOL TERHADAP KINERJA GURU DAN KARYAWAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102417043 - Endah Dwi Intantari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi semakin banyaknya tugas guru dan karyawan dalam pengelolaan manajemen sekolah seiring dengan perkembangan IPTEK yang semakin pesat, menuntut guru untuk mampu menyesuaikan diri terhadap pemanfaaan teknologi. Munculnya smart school yang mempengaruhi kualitas kinerja guru dan karyawan. Tujuan smart school yaitu untuk meningkatkan pengelolaan manajemen sekolah yang lebih terstruktur dan mampu mengikuti perkembangan era informasi. Implementasi smart school dalam bentuk SIM antara lain sistem informasi akademik, e-learning, dan sistem Computerized Based Testing (CBT). Kendala pelaksanaan pemanfaatan smart school yaitu kurangnya kesiapan guru dan karyawan dalam menguasai teknologi terutama yang sudah lanjut usia. Hadirnya sistem smart school diharapkan mampu meningkatkan kinerja guru dan karyawan dalam pengolahan manajemen sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis pemanfaatan sistem informasi manajemen dalam konsep smart school di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo (2) menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan smart school (3) mengukur pengaruh yang ditimbulkan dari adanya penggunaan sistem informasi manajemen dalam konsep smart school terhadap kinerja guru dan karyawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desian penelitian asosiatif. Penelitian asosiatif merupakan metode penelitian untuk mencari pengaruh atau hubungan sebab akibat dari dua atau lebih variabel bebas terhadap variabel terikat. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 75 guru dan 13 tenaga kependidikan. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil pada variabel pemanfaatan smart school dan variabel kinerja guru yaitu nilai konstanta 15,070 dan hasil koefisien regresi sebesar 1,106 sehingga persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = 15,070 + 1,106X, koefisien regresi menunjukkan hasil positif. Sedangkan untuk variabel pemanfaatan smart school dan variabel kinerja karyawan hasil nilai konstanta sebesar Y 0,697 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,547 sehingga hasil persamaan regresi sebesar Y = 0,697 + 0,547 X, dalam hal ini koefisien regresi juga menunjukkan hasil positif. Semua perhitungan dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 18. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pemanfaatan smart school terhadap kinerja guru, dan terdapat pengaruh pada pemanfaatan smart school terhadap kinerja karyawan. Sehingga dapat dikatakan pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan kinerja dalam mengelola manajemen sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Abdel-Basset, M., Manogaran, G., Mohamed, M., & Rushdy, E. (2018). Internet Of Things In Smart Education Environment: Supportive Framework In The Decision-Making Process. Concurrency Computation Pract and Exper, 31(10), 1–12. https://doi.org/10.1002/cpe.4515 Adisel, & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada masa Pandemi Covid 19. ALIGNMENT : Journal of Administration and Educational Management, 3(1), 1– 10. Alcami, R. L., & Caranana, C. D. (2012). Introduction To Management Information Systems. In Servei de Comunicació i Publicacions. Alfarizi, M., Primananda, R., & Siregar, R. A. (2018). Implementasi Smart Identification Menggunakan Perangkat Smartphone dengan Raspberry PI (Studi Kasus : SMAN 2 Balikpapan). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komupter, 2(8), 2899–2906. Anam, M. K., & Musyafik, M. N. (2020). Analisis Sistem Informasi Manajemen dan Disiplin Terhadap Kinerja Guru Madrasah Penerima Tunjangan Profesi pada Guru Madrasah Ibitidaiyah Kabupaten Nganjuk. Journal Otonomi, 20(2), 262– 266. Anih, E. (2016). Modernisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(2), 185–196. Ariani, D. (2017). Aktualisasi Profesi Teknologi Pendidikan Di Indonesia. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(1), 1–9. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta. Arthana, I. K. R., Dantes, G. R., & Dantes, N. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Bidang Pendidikan Melalui Penerapan Smart School. Jurnal Widya Laksana, 7(1), 81–91. Ashsiddiqi, M. H. (2012). Kompetensi Sosial Guru Dalam Pembelajaran Dan Pengembangannya. Ta’dib:Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 17(01), 61–71. https://doi.org/10.19109/tjie.v17i01.25 Attaran, M., Alias, N., & Siraj, S. (2012). Learning Culture in a Smart School: A Case Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 64, 417–423. Awang, M., Ismail, R., Flett, P., & Curry, A. (2011). Knowledge Management In Malaysian School Education: Do The Smart Schools Do It Better? Quality Assurance in Education, 19(3), 263–282. Azhar. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Fisika pada SMA/MA. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 128–139. Bakhtiar. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). At�Ta’lim: Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, 12(2), 176–185. Blau, I., & Presser, O. (2013). E-Leadership Of School Principals: Increasing School Effectiveness By A School Data Management System. British Journal of Educational Technology, 44(6), 1000–1011. https://doi.org/10.1111/bjet.12088 Bozkaya, M., Erdem Aydin, I., & Genc Kumtepe, E. (2019). Research Trends and Issues in Educational Technology: Content Analysis of TOJET (2012–2018). Turkish Online Journal of Educational Technology, 18(4), 46–61. Budiman, H. (2014). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 31–43. Caena, F., & Christine, R. (2019). Aligning Teacher Competence Frameworks To 21st Century Challenges: The Case For The European Digital Competence Framework For Educators (Digcompedu). European Journal of Education, 54(3), 356–369. https://doi.org/10.1111/ejed.12345 Creswell, J. W. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publications. Creswell, J. W. (2015). Educational Research : Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative And Qualitative Research (4th ed.). Pearson. Darwis, A., & Mahmud, H. (2017). Sistem Informasi Manajemen Pada Lembaga Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education Management, 2(1), 64–77. Destiana, B., & Soenarto, S. (2014). Faktor Determinan Pemanfaatan Tik Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru SMK Di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3), 285–299. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i3.2555 EL-Halawany, H., & Huwail, E. I. (2008). Malaysian Smart Schools : A Fruitful Case Study for Analysis to Synopsize Lessons Applicable to the Egyptian Context. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 4(2), 117–143. Fitri, S. (2020). Melalui Google Suite For Education Guna Mewujudkan Sekolah Efektif di SD Al-Khairiyah 1 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume, 8(3), 108–117. Frischknecht, F. (1986). Informatic Philosophy of Behavioral Sciences. Behavioral Science, 31(3), 162–172. https://doi.org/10.1002/bs.3830310303 Fuad, N. (2020). Manajemen Persekolahan Era Pandemi Covid: Masalah dan Solusi. Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19, 211–217. Fuyin, X., & Jianli, J. (2010). Programmes of Educational Technology In China: Looking Backward, Thinking Forward. British Journal of Educational Technology, 41(4), 560–566. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2010.01084.x Gunawan, Ibrahim, & Almukarramah. (2018). Kompetensi Kinerja Guru Menurut Kurikulum Karakter (K13) (Sufriadi & N. Akmal (eds.); 1st ed.). CV. Sefa Bumi Persada. Hamzah, M. I., Embi, M. A., & Ismail, A. (2010). ICT and Diversity in Learners’ Attitude on Smart School Initiative. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7, 728–737. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.099 Harahap, L. P. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah Dan Kemampuan Penggunaan Teknologi Terhadap Kinerja Guru Man Di Kota Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(1), 9–16. Harun, A. (2013). Pengembangan Tenaga Kependidikan. Jurnal Islamika, 13(2), 167– 176. Huang, R., Spector, J. M., & Yang, J. (2019). Educational Technology. In Springer Nature Singapore Pte Ltd. https://doi.org/10.4324/9780203735657-8 Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192. Ibrohim, B. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Strategi Alternatif Dalam Persaingan Mutu. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(1), 57–72. Irawan, M. A. (2020). Metode dan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Sekolah. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 1(1), 31–48. Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational Technology: A Definition with Commentary. New York and London: Taylor & Francis Group. Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Suderman, 1(1), 28– 43. https://doi.org/https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18 Leman, D. (2020). Smart School Management Integrasi Dengan Fingerprint (Studi Kasus : SMK Tritech Informatika Medan). Riau Journal of Computer Science, 06(01), 1–5. Lestari, P. (2017). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di SMK Negeri Karangpucung Kabupaten Cilacap. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 5(1), 61–68. Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. Luppicini, R. (2005). A Systems Definition of Educational Technology in Society. Journal of Educational Technology & Society, 8(3), 103–109. Maba, W., Perdata, I. B. K., Astawa, I. N., & Mantra, I. B. N. (2018). Conducting Assessment Instrument Models for Teacher Competence, Teacher Welfare as an Effort to Enhance Education Quality. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 5(3), 46–52. Madjid, A. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui : Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja (M. Huda (ed.); 1st ed.). Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI). Majeed, Z. S., & Yusoff, Z. S. (2015). Are We ‘Smarter’ Now? Case Study of Smart School Implementation in a Developing Nation. Journal of Studies in Education, 5(3), 236–258. https://doi.org/10.5296/jse.v5i3.8082 Maslan. (2019). Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kelas Terhadap Penanaman Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1226–1231. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7884 Mirzajani, H., Bayekolaei, M. D., Kookandeh, M. R., Razzaghpoor, S. S., Rezaee, Kamalifar, A. A., & Shani, H. R. (2016). Smart Schools an Innovation in Education: Malaysian’s Experience. Asian Journal of Education and Training, 2(1), 11–15. https://doi.org/10.20448/journal.522/2016.2.1/522.1.11.15 Nugroho, N. T. (2016). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Karyawan STMIK Duta Bangsa). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 12–22. Nurdyansyah, & Andiek, W. (2017). Manajemen Sekolah Berbasis ICT. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. Nurziah. (2016). Kinerja Tenaga Kependidikan pada Perguruan Tinggi Swasta Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Panca Marga Palu. Jurnal Katalogis, 4(8), 25–34. Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, & Rahman, Y. (2019). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah dan Tantangannya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 800–807. Pianda, D. (2018). Kinerja Guru (Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah) (1st ed.). CV Jejak. Pramungkas, P. R. (2020). Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Information Communication Technology (ICT) Dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan Siswa Di Lingkungan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 1–18. Pratiwi, S. N. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Jurnal EduTech, 2(1), 86–96. Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Professional Development Of Teachers In Improving The Performance Of Teacher). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 202–211. Putu, N., Meiliana, E., & Mogi, I. K. A. (2019). Designing a Computer Network in Building a Smart School with Case Study of SMA Negeri 1 Kediri. Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana, 8(2), 177–180. Rahman, M. A., & Anisah. (2020). Pelaksanaan Standar Sistem Informasi Manajemen Sekolah Menengah Pertama kecamatan Padang Utara. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(1), 33–38. Reychav, I., Warkentin, M., & Ndicu, M. (2016). Tablet Adoption With Smart School Website Technology. Journal of Computer Information Systems, 56(4), 280–287. https://doi.org/10.1080/08874417.2016.1163996 Reynolds, D. (2010). Smart School Improvement: Towards Schools Learning from Their Best. Second International Handbook of Educational Change, 23, 595–610. https://doi.org/10.1007/978-90-481-2660-6 Salahuddin, Akos, M., & Hermawan, A. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Sumber Daya Manusia Dan Sarana Prasarana Di Mtsn Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 2(1), 1–13. Samuel, R. J., & Zaitun, A. B. (2007). Do Teachers have Adequate ICT Resources and the Right ICT Skills in Integrating ICT Tools in the Teaching and Learning of English Language in Malaysian Schools? The Electronic Journal of Information Systems in Developing Countries, 29(1), 1–15. https://doi.org/10.1002/j.1681- 4835.2007.tb00196.x Seraji, F., Kasani, H. A., Abedi, H., & Sajedifard, M. (2020). Smart School Project In Iran: Potentials and Barriers. Education and Information Technologies, March. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10173-9 Setiawan, R. I. (2017). Analisis Pengukuran Kinerja Tenaga Kependidikan Di Sekolah Tinggi. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 2(2), 175–187. Sidh, R. (2013). Peranan Brainware dalam Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Computech & Bisnis, 7(1), 19–29. Siri, A., Supartha, I. W. G., Sukaatmadja, I. P. G., & Rahyuda, A. G. (2020). Does Teacher Competence and Commitment Improve Teacher’s Professionalism. Cogent Business and Management, 7(1), 1–13. Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madraasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94–104. Soyeir, E. Al, & Chanboo, H. (2017). Toward Smart School: Study of Efficiency Application of ICT in Malaysian Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 90–95. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.093 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung. Alfabeta. Suhada, S. (2017). Peranan Teknologi Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 13(2), 35–49. Sumarudin, A., P, W. P., Suheryadi, A., Maulana, K., & Ibrahim, N. (2019). Penerapan Sistem Absensi Sekolah Menggunakan Fingerprint Terintegrasi Dengan Smartphone Android. Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), 3(1), 18–22. https://doi.org/https://doi.org/10.30871/jaic.v3i1.1051 Surani, D. (2019). Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469. Suryadi, S. (2015). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 3(3), 9–19. Sutomo, Prihatin, T., & Kusumandari, R. B. (2016). Manajemen Sekolah (U. Press (ed.); 2016th ed.). UNNES PRESS. Syah, T. F. S., Winarko, S. H., & Cholid, A. A. (2020). Pengaruh Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen Terhadap Tugas Guru Smk Negeri Se-Kabupaten Malang. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 11–19. Symeonidis, V. (2019). Teacher Competence Frameworks in Hungary: A Case Study on The Continuum of Teacher Learning. European Journal of Education, 00, 1– 13. https://doi.org/10.1111/ejed.12347 Taghva, M. R., Fard, M. T. T., Taheri, S. M., & Omidinia, S. (2019). Success Factors for Smart Schools Emphasizing the Role of Information Technology: A Case Study. International Journal of Engineering and Technology, 11(4), 731–739. https://doi.org/10.21817/ijet/2019/v11i4/191104065 Taleb, Z., & Hassanzadeh, F. (2015). Toward Smart School: A Comparison between Smart School and Traditional School for Mathematics Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 90–95. Wiguna, W. (2017). Kinerja Manajerial, Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Sekolah dan Efektifitas Implementasi Rencana Stratejik. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(1), 130–140. Yudianto, F., & Susanto, F. A. (2020). Design of Smart School Webcam Security System Using Raspberry Pi With Motion Detection. International Journal of ASRO, 11(20), 202–206.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Oct 2022 04:09
Last Modified: 24 Oct 2022 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52225

Actions (login required)

View Item View Item