PENGARUH PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN CIVIC DISPOSITION SISWA DI SMP NEGERI 1 KALIORI KABUPATEN REMBANG
Siti Mahsunah, 1102417040 (2021) PENGARUH PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN CIVIC DISPOSITION SISWA DI SMP NEGERI 1 KALIORI KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Program Adiwiyata merupakan tempat yang baik dan ideal untuk menerapkan pengetahuan, norma, dan etika bagi warga sekolah untuk meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan cita-cita pembangunan berkelanjutan. Berdasarkan observasi awal, dapat diketahui SMP Negeri 1 kaliori telah mendapat predikat sekolah Adiwiyata nasional di tahun 2018 namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala. Dari hasil observasi awal diketahui bahwa civic disposition siswa belum terlaksana secara maksimal, siswa belum menunjukkan karakter civic disposition yang diharapkan dengan program Adiwiyata, latar belakang siswa yang kurang sadar untuk menjaga lingkungan, kurangnya motivasi siswa untuk ikut serta dalam pembangunan keberlanjutan. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan civic disposition siswa dan implementasi program Adiwiyata serta keterkaitan antar keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan kausal korelasional. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kaliori dengan populasi sejumlah 539 siswa dan sampel sejumlah 54 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengukuran dengan instrumen skala likert. Penelitian ini menggunakan uji validitas dengan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis melalui uji model, uji kekuatan hubungan, serta analisis kontribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) civic disposition siswa berada pada kategori sangat tinggi (87,6%); 2) program Adiwiyata berada pada kategori sangat tinggi (85,5%); 3) ada korelasi antara program Adiwiyata dengan civic disposition siswa hal ini dilihat dari hasil analisis kontribusi yang memperoleh nilai sebesar 40,4%. Saran peneliti yaitu sekolah diharapkan mampu mempertahankan bahkan meningkatkan perubahan positif terhadap sikap dan perilaku siswa agar lebih peduli terhadap lingkungan, evaluasi program Adiwiyata tidak hanya dilakukan ketika ingin naik ke tingkatan sekolah Adiwiyata yang lebih tinggi, tetapi harus dilaksanakan rutin tiap tahun dan di masa pandemi covid-19, guru diharapkan lebih inovatif dalam memberikan pembelajaran terkait program Adiwiyata
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Additional Information: | Alaydin, E., Demirel, G., Altin, S., & Altin, A. 2014. Environmental Knowledge of Primary School Students: Zonguldak (Turkey) Example. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 141: 1150–1155. Ali, M. 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: CV Angkasa. Angin, A. P. 2017. Hubungan Perhatian Orang Tua dan Iklim Sekolah dengan Disiplin pada Siswa SMP N 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat. Jurnal Psychomutiara. 1(1): 1–14. Asrianti. (2016). Hubungan antara Program Adiwiyata dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa di SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa. UIN Alauddin Makassar. Bowers, A. W., & Creamer, E. G. 2020. A Grounded Theory Systematic Review of Environmental Education for Secondary Students in The United States. International Research in Geographical and Environmental Education, 30(3): 184–201. Cholisin. 2011. Peran Guru PKn dalam Pendidikan Karakter. 1–20. Chou, M., et al. 2013. Confucianism and Character Education: A Chinese View. Journal of Social Sciences. 9(2): 59–66. Dasrita, Y., dkk. 2015. Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata. Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia. 2(1): 61–64. Dhanarko, dkk. 2016. Implementasi Kebijakan Pendidikan Lingkungan melalui Program Adiwiyata di Provinsi Jawa Tengah (Studi Kasus SMA Negeri 2 Pati dan SMA Negeri 9 Semarang). 1–17. Eneji, et al. 2017. Historical Groundwork of Environmental Education (Fundamentals and Foundation of Environmental Education). International Journal of Continuing Education and Development Studies (Ijceds). 3(May): 87 110–123. Erhabor, N. I., & Don, J. U. 2016. Impact of Environmental Education On the Knowledge and Attitude of Students Towards the Environment. International Journal of Environmental & Science Education. 11(12): 5367– 5375. Feszterova, M., & Jomova, K. 2015. Character of Innovations in Environmental Education. Character of Innovations in Environmental Education, 197(February): 1697–1702. Genc, M. 2014. The Project-based Learning Approach in Environmental Education. International Research in Geographical and Environmental Education. 24(2): 105–117. Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hadjichambis, A. C., et al. 2020. Conceptualizing Environmental Citizenship for 21st Century Education. Springer. Halder, S. 2012. An Appraisal of Environmental Education In Higher School Education System: A Case Study of North Bengal, India. International Journal of Environmental Sciences. 2(4): 2223–2233. Hamzah, S. 2013. Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama.Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April). Hurri, I., & Widiyanto, R. 2018. Dwija cendekia. Pembelajaran IPS Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa SMP. 2(1): 12–23. Immas, M. F. 2017. Implementasi Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Iswari, R. D., & Utomo, S. W. 2017. Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa. Jurnal Ilmu Lingkungan. 15(1): 35–36. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2019. Penghargaan Adiwiyata. E-book. http://jdih.menlhk.co.id/uploads/files/P_53_2019_ADIWIYATA_ menlhk_11132019083053.pdf Latifah, I., Sundawa, D., & Syaifullah. 2019. Implementasi Program Adiwiyata dalam Mengembangkan Civic Disposition Siswa di SMK Negeri 1 Karawang. Jurnal Civicus. 19(1): 18–26. Miranto, S. 2017. Integrasi Konsep-konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Edusains. 9(1), 81–88. Mulyono, B. 2017. Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics. 14(2). 218–225. Munthe, A. P. 2015. Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan, dan Manfaat. 5(2): 1–14. Muria News. 2020. Banjir Bandang Terjang Sejumlah Rumah di Rembang, Warga di Evakuasi. http://www.murianews.com/2020/11/30/201471/banjir�bandang-terjang-sejumlah-desa-di-rembang-warga-dievakuasi.html (diunduh tanggal 3 Januari 2021). Novriyansah, A., Kurniah, N., & Suprapti, A. 2017. Studi tentang Perkembangan Karakter Jujur pada Anak Usia Dini. Jurnal Potensia. 2(1): 14–22. Nurlita, R., Damanhuri, & Legiani, W. H. 2019. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah untuk Meningkatkan Civic Disposition Siswa. Untirta Civic Education Journal. 4(1): 67–88. Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & M. Budiantara. 2017. Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media. Onder, R., & Kocaeren, A. A. 2015. Analysis of Science Teacher Candidates ’ Environmental Knowledge, Environmental Behaviorand Self�Efficacythrough a Project called “ Environment and Energy with Professional Science Education". Procedia - Social and Behavioral Sciences. 89 186: 105–112. Ozsoy, S., Ertepinar, H., & Saglam, N. 2012. Can Eco-schools Improve Elementary School Students’ Environmental Literacy Levels? Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching. 13(2): 1–25. Pane, M. M., & Patriana, R. 2016. The Significance of Environmental Contents in Character Education for Quality of Life. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 222: 244–252. Pangalila, T. 2017. Peningkatan Civic Disposition Siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 7(1): 91–103. Pratiwi, S., Sudaryat, Y., & Solehudin, O. 2013. Aspek Psikolinguistik Sosial dalam Peribahasa Sunda (Tinjauan Gambaran Watak Orang Sunda). Lokabasa. 4(2): 162–170. Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing. Purnomo, A. 2015. Pengaruh Pembelajaran Outdoor terhadap Pengetahuan, dan Sikap Pelestarian Lingkungan Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Pendidikan Geografi. 20(1): 37–47. Purwanti, D. 2017. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik. 1(2): 14–20. Rimbano, D., & Rahma, M. 2019. Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. 24(3): 274–287. Rondli, W. S., & Khoirinnida, Y. 2017. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Ecoliteracy: Upaya Rekontruksi Kewarganegaraan Ekologis. 114–122. Roswita, W. 2020. Adiwiyata-program-based School Management Model Can Create Environment-oriented School. Journal of Management Developmen. 39(2). 181–195. Sari, H. R., & Brata, N. T. 2017. Studi Etnoekologi tentang Nelayan dan Jaring Cantrang di Kabupaten Rembang. Journal of Chemical Information and Modeling. 1(2): 135–146. Schröder, L. M. U., Wals, A. E. J., & Koppen, C. S. A. (Kris) van. 2020. Analysing The State of Student Participation in Two Eco-Schools Using Engeström’s Second Generation Activity Systems Model. Environmental Education Research. 26(8): 1088–1111. Setyowati, D. L., dkk. 2014. Pendidikan Lingkungan Hidup. Semarang: UNNES Press. Sugiarti, L. S. 2017. Partisipasi Siswa dalam Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata SMAN 11 Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sujanto. 2008. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Aksara Baru. Sulistiyono, S. T. 2018. Nasionalisme, Negara-bangsa, dan Integrasi Nasional Indonesia: Masih Perlukah? Jurnal Sejarah Citra Lekha. 3(1). Sunarto, dkk. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Semarang: UNNES Press. Suparman, A. 2019. Modul 1Konsep Dasar Teknologi Pendidikan. In Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Jarak Jauh. Trauth-Nare, A. 2015. Influence of an Intensive, Field-Based Life Science Course on Preservice Teachers’ Self-Efficacy for Environmental Science Teaching. Journal of Science Teacher Education. 26(5): 497–519. Umar, M. 2019. Urgensi Nilai-nilai Religius dalam Kehidupan Masyarakat Heterogen di Indonesia. 3(1), 71–77. Unayah, N. 2017. Gotong Royong Sebagai Modal Sosial dalam Penanganan Kemiskinan. Sosio Informa. 3(1): 49–58. Undang-Undang Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia. 2009. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Uzun, F. V., & Keles, O. 2012. The Effects of Nature Education Project on the Environmental Awareness and Behavior. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 46: 2912–2916. Wahyudin, A. 2015. Metode Penelitian Bisnis & Pendidikan. Semarang: Unnes Press. Warsita, Bambang. 2013. Perkembangan Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran Serta Perannya dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran. Jurnal Kwangsan. 1(2): 72–94. Widoyoko, E. P. 2017. Evaluasi Program Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Yarbrough, D. B., dkk. 2010. Joint Committee on Standards for Educational Evaluation: The Program Standards: A Guide for Evaluators and Evaluation Users. Sage Publication. Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utaya, S. 2016. Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa. Jurnal Pendidikan. 1(4): 692–697. Yusuf, M. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri. Yusuf, R., dkk. 2020. Hubungan antara Kewarganegaraan Lingkungan terhadap Perilaku Lingkungan Siswa di Sekolah Adiwiyata. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 10(1): 1–15. Zachariou, F., et al. 2017. Teachers’ Attitudes Towards the Environment and Environmental Education : An Empirical Study. International Journal of Environmental & Science Education. 12(7): 1567–1593. Zheng, Q. J., et al. 2018. Correlation Between The Environmental Knowledge, Environmental Attitude, and Behavioral Intention of Tourists for Ecotourism in China. Applied Ecology and Environmental Research. 16(1): 51–62 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 03:34 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 03:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52223 |
Actions (login required)
View Item |