KONSEP LITERASI DIGITAL DALAM PERSPEKTIF GURU DAN APLIKASINYA DI SMAN 1 JUWANA
Nur Setiyo Ningsih, 1102417037 (2021) KONSEP LITERASI DIGITAL DALAM PERSPEKTIF GURU DAN APLIKASINYA DI SMAN 1 JUWANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan informasi dan teknologi yang masif membawa kebiasaan baru. Literasi digital menjadi keterampilan yang dibutuhkan masyarakat. Siberkreasi merupakan framework literasi digital yang diusung olek Kementrian Pendidikan Ristek dan Kebudayaan. Keterampilan ini meliputi Digital skills, Digital culture, Digital ethics dan Digital safety. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami konsep literasi digital dari perspektif guru dan aplikasinya dalam kegiatan pembelajaran. Fokus analisa meliputi komponen : Digital skills, Digital culture, Digital ethics dan Digital safety dan Aplikasi literasi digital saat pembelajaran pada guru guru di SMA N 1 Juwana. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bidang mata pelajaran umum meliputi : Seni Budaya, Matematika, PPKN, Pendidikan Agama Islam, Bahasa Indonesia, Sejarah, Bahasa Inggris dan Biologi. Metode Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif evaluatif. Data dalam penelitian diambil menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi dengan teknik triangulasi yang dipakai yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan: 1) Perspektif Guru Mengenai Literasi digital meliputi pemahaman Literasi Digital dibagi terbagi kedalam empat point yang meliputi Digital Skills, Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety. Digital Skills membawahi keterampilan konsep dasar literasi digital meliputi lanksap- digital maya, Internet, Media sosial, Aplikasi Percakapan dan transaksi digital. Dalam komponen Digital culture membawahi area konsep sisi sosial maupun kenegaraan, Batasan kebebasan Berekspresi di Ruang, HAKI dan Cara menghindari kasus hak cipta. Digital ethics membawahi area konsep etika yang berlaku di Netiket, berinteraksi dan partisiasi di Internet. Digital Safety membawahi area konsep aplikasi fitur Proteksi dan rekam jejak digital di media dan cara merawatnya. 2) Aplikasi atau penerapan digital literasi di sekolah pada SMA N 1 Juwana adalah pembelajaran menggunakan teknologi lebih tepatnya kelas Virtual Google Classroom dan Aplikasi lain sebagai penunjang pembelajaran seperti Whatsapp group, Zoom, Quizizz. Google Meet.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Additional Information: | Adikara, G. J., Kurnia, N., Adikara, G. J., Kurnia, N., Adhrianti, L., Astuty, S., … Astuti, S. I. (2021). Aman bermedia digital. Retrieved from http://literasidigital.id/books/modul-aman-bermedia-digital/ Agustina, L., Fayardi, A. O., & Irwansyah, I. (2018). Online Review: Indikator Penilaian Kredibilitas Online dalam Platform E-commerce. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(2), 141. https://doi.org/10.24002/jik.v15i2.1320 Agustini, R., & Sucihati, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Literasi Digital sebagai Strategi menuju Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 999–1015. Ahman, Mujiyanto, J., Bharati, Dwi Anggani Linggarnggeraini, Y., & Faridi, A. (2019). Literasi digital: Dampak dan tantangan dalam pembelajaran bahasa. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 386–389. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/313/342/ Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., … Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (I; H. Abadi, ed.). Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group. Aji, S. H. (2018). PENGEMBANGAN APLIKASI LAYANAN PESAN INSTAN WHATSAPP SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI POKOK EFEK RUMAH KACA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 PURWOKERTO. Aminah, N. (2008). Analisis Validasi Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Plomp Pada Materi Geometri. 3. Amirudin. (2015). PEMANFAATAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES (ICT) DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH. Al Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 5(II), 19–34. Andrian. (2018). PERSPEKTIF GURU SEBAGAI AGEN PEMBAHARU (AGENT OF CHANGE) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Untirta Civic Education Journal, 3(April), 6. Retrieved from http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp�content/uploads/IEEE-Reference�Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0Ahtt ps://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/ wiki/White-Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/hand Andriani, T. (2015). ISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Sosial Budaya : Media Komunikasi Ilmu -Ilmu Sosial Dan Budaya, 12(1). Anggeraini, Y., Faridi, A., Mujiyanto, J., & Bharati, D. A. L. (2019). The teachers’ perceptions on digital literacy competences in EFL classroom. Asian EFL Journal, 24(4), 5–12. Apriansyah, & Antoni, D. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Sumsel. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 1(2), 64. https://doi.org/10.32502/digital.v1i2.2371 Arikunto, & Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik (Ed. Rev. V). Jakarta: Rineka Cipta 2011. Astajaya, I. K. M. (2020). ETIKA KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL. Wifya Duta : JURNAL ILMIAH ILMU AGAMA DAN ILMU SOSIAL BUDAYA, 15(1). Astuti, N. R. Wi., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan. EduPsyCouns, 3(1). Astuti, S. I., Prananingrum, E. N., Astuti, S. I., Prananingrum, E. N., Ratri, L., Nurhajati, L., … Kurnia, N. (2021). Budaya bermedia digital. Retrieved from http://literasidigital.id/books/modul-budaya-bermedia-digital/ Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62. Barhoumi, C. (2020). The Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activty Theory on Students’ Knowldege Management. Contemporary Educational Technology, 6(3), 221–238. https://doi.org/10.30935/cedtech/6151 Blyznyuk, T. (2019). Formation of Teachers’ Digital Competence: Domestic Challenges and Foreign Experience. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 5(1), 40–46. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46 Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157. Retrieved from http://www.jurnal�unita.org/index.php/publiciana/article/download/79/73 Chairiyah. (2014). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan The Education Character in Education World. Literasi, 4(1), 42–51. Chan, B. S. K., Churchill, D., & Chiu, T. K. F. (2017). Digital Literacy Learning In Higher Education Through Digital Storytelling Approach. Journal of International Education Research (JIER), 13(1), 1–16. https://doi.org/10.19030/jier.v13i1.9907 Chohwanadi, H. (2012). Urgensi kriminalisasi terhadap ketentuan pidana tentang spamming ". 1–21. CNN. (2020). Polri tangani 4.250 kejahatan siber saat pandemi. Retrieved September 26, 2021, from cnnindonesia.com website: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201201141213-12-576592/polri�tangani-4250-kejahatan-siber-saat-pandemi Cotten, S. (2018). DIGITAL LITERACY: SUCCESSFUL AGING IN THE DIGITAL SOCIETY. SESSION 1930 (SYMPOSIUM), 731. Creswell, J. W. (2015). Educational Research : Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (FOURTH EDI; P. A. Smith, Ed.). United States: Pearson Education, Inc. Damayanti, R. R., Sumantri, M. S., Dhieni, N., & Karnadi, K. (2021). Guru sebagai Agen of Change dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 960–976. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1602 Dedi. (2017). Dewan Pers Beberkan Ciri-Ciri Berita Hoax. Retrieved September 23, 2021, from dewanpers.or.id website: npers.or.id/berita/detail/875/dewan�pers-beberkan-ciri-ciri-berita-hoax Deloitte, Kementerian Komunikasi dan Informatika, & Siberkreasi. (2021). Road map Literasi Digital 2021-2024. Elburdah, R. P., Qurbani, D., Warasto, H. N., Sutisman, & Sulaiman. (2020). Loyalitas Kreativitas Abdi Masyarakat Kreatif Loyalitas Kreativitas Abdi Masyarakat Kreatif. Jurnal LOKABMAS Kreatif, 01(03), 81–86. Eshet-alkalai, Y. (2004). Digital-literacy2004-JEMH.pdf. 13, 93–106. Farchan, A. (2018). Keragaman Basis Paradigmatik Teknologi Pendidikan dan Potensinya untuk Transformasi Sosial. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(1), 53–56. https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i1.25926 Fatimah, M. H. W. dan N. (2017). Ancaman phishing terhadap pengguna sosial media dalam dunia cyber crime. JOEICT(Jurnal of Education and Information Communication Technology), 1, 1–5. Fernanda, M. M., Sano, A., & Nurfarhanah, . (2012). Hubungan antara Kemampuan Berinteraksi Sosial dengan Hasil Belajar. Konselor, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.24036/0201212698-0-00 Gunawan, I. (2016). KUALITATIF Imam Gunawan. Pendidikan, 27. Gusdwisari, B. (2020). Digital Skill Education Concept, Upaya Peningkatan Kualitas Generasi Muda dan Mengurangi Tingkat Pengangguran Menuju SDGs 2030. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 216–223. Hague, C., & Payton, S. (2010). Digital literacy across the curriculum Key to themes: A Futurelab handbook. In Futurelab. Retrieved from www.futurelab.org.uk Hämäläinen, R., Nissinen, K., Mannonen, J., Lämsä, J., Leino, K., & Taajamo, M. (2021). Understanding teaching professionals’ digital competence: What do PIAAC and TALIS reveal about technology-related skills, attitudes, and knowledge? Computers in Human Behavior, 117(December 2020). https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106672 Hamid, F. (2012). Modul Teori Komunikasi: Teori-Teori Komunikasi Interpretif dan Kritis. Retrieved from https://docplayer.info/36885719-Perspektif�dalam-ilmu-komunikasi.html Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286 Hidayah, N., Rusilowati, A., & Masturi, M. (2019). ANALISIS PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP/MTs DI KABUPATEN PATI. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 36–47. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3601 Hidayanti, N. (2017). TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DI KALANGAN GURU SMA (SEKOLAH MENENGAH ATAS) KOTA MOJOKERTO. Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1). https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019 Himma, K. E. (2009). Ethical Issues Involving Computer Security: Hacking, Hacktivism, and Counterhacking. In The Handbook of Information and Computer Ethics. https://doi.org/10.1002/9780470281819.ch8 Horst, H. A., & Miller, D. (2012). Digital Anthropology Edited. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Hughes, I. A. (2005). A perspective on perspectives. Archives of Disease in Childhood, 90(8), 771. https://doi.org/10.1136/adc.2005.073536 INDONESIA, K. P. D. K. R. (2013). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA. Indrawati, F. A., Wadono, & Junaedi, I. (2021). Mathematics Literacy Ability in Terms Of Self Efficacy in Cooperative Learning Type of Group Investigation Model With HumanismApproachAssisted by Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(1), 83–93. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/39619 Internet World Stats. (2021). Internet 2021 Usage in Asia. Retrieved September 25, 2021, from internetworldstats.com website: https://www.internetworldstats.com/stats3.htm Iryana, & Kawasati, R. (2018). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif (Vol. 4). Ivanovich Agusta. (2014). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1–11. Jannah, M., Prasojo, L. D., & Jerusalem, M. A. (2020). Elementary School Teachers’ Perceptions of Digital Technology Based Learning in the 21st Century: Promoting Digital Technology as the Proponent Learning Tools. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.6088 Juditha, C. (2018). Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation (Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya). Journal Pekommas, 3(1), 31. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030104 K, P. H., & S, E. H. (2004). Technology in Schools : Education , ICT and the Knowledge Society by. Kala, M. A. (2010). Exploring Digital Literacy Competencies among the Library and Information Professionals of Bangladesh : Problems and Recommendations. Proceedings of 55th ILA National Conference, on Library and Information Science in the Digital Era, January 21-24, 2010, 884–900. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Kempster Group. (2008). California ICT Digital Literacy Assessments and Curriculum Framework. California Emerging Technology Fund, 1–34. Kholid. (2020). Pentingnya Literasi Digital bagi Guru Pada Lembaga Pendidikan Tingkat Dasar dan Implikasinya Terhadap Penylenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Horizon Pendagogia, 22–27. Kim, K. T. (2019). The structural relationship among digital literacy, learning strategies, and core competencies among south korean college students. Educational Sciences: Theory and Practice, 19(2), 3–21. https://doi.org/10.12738/estp.2019.2.001 Kopecký, K., & Szotkowski, R. (2017). Cyberbullying, cyber aggression and their impact on the victim – The teacher. Telematics and Informatics, 34(2), 506– 517. https://doi.org/10.1016/j.tele.2016.08.014 Kumparan. (2020, July 23). Ikatan Guru: 60% Pengajar Tak Bisa Pakai Teknologi, Kami Beri Pelatihan. Retrieved September 25, 2021, from kumparan.com website: https://kumparan.com/kumparannews/ikatan-guru�60-pengajar-tak-bisa-pakai-teknologi-kami-beri-pelatihan-1tfEB7qUwgD/4 Kurnia, Nov, Sadasri, L. M., Angendari, D. A. D., Yuwono, A. I., Syafrizal, Monggilo, Z. M. Z., & Adiputra, W. M. (2020). YUK, SAHABAT PEREMPUAN BERTRANSAKSI DARING DENGAN CERMAT. In 2018 International Conference on Computing Sciences and Engineering, ICCSE 2018 - Proceedings (Vol. 16). Retrieved from https://www.weforum.org/whitepapers/cyber-resilience-in-the-oil-and-gas�industry-playbook-for-boards-and-corporate�officers%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jnca.2018.04.004%0Ahttp://aisel.aisnet .org/pacis2007/73 Kurnia, Novi, & Wijayanto, X. A. (2020). Bab I Kolaborasi Sebagai Kunci: Membumikan Kompetensi Literasi Digital Japelidi. (December 2020). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/350121118_Kolaborasi_Sebagai_K unci_Membumikan_Kompetensi_Literasi_Digital_Japelidi Kusumastuti, F., Astuti, S. I., Kusumastuti, F., Astuti, S. I., Astuti, Y. D., Birowo, M. A., … Kurnia, N. (2021). Etis bermedia digital. Retrieved from http://literasidigital.id/books/modul-etis-bermedia-digital/ Latif, A. (2020). Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 613–621. Retrieved from http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index Liza, K., & Andriyanti, E. (2020). Digital literacy scale of English pre-service teachers and their perceived readiness toward the application of digital technologies. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(1), 74–79. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i1.13925 Lookout.com. (2021). Should You Worry About Getting a Cell Phone Virus. Retrieved September 23, 2021, from Lookout.com website: file:///C:/Users/Me/Downloads/Documents/Aman Bermedia Digital Final.pdf Mac Callum, K., Jeffrey, L., & NA, K. (2014). Factors Impacting Teachers’ Adoption of Mobile Learning. Journal of Information Technology Education: Research, 13(December 2017), 141–162. https://doi.org/10.28945/1970 Maharani, E. S. (2021). Pengaruh Profesionalisme Kinerja Guru dan Kemampuan Literasi Digital Guru terhadap Kualitas Pembelajaran Daring di SMAN 3 Tebo Tahun Ajaran 2020/2021. UNIVERSITAS JAMBI. Maharrani, A., & Syaifudin, N. (2020). Darurat pendidikan literasi digital. Retrieved from https://lokadata.id/artikel/darurat-pendidikan-literasi-digital website: https://lokadata.id/artikel/darurat-pendidikan-literasi-digital Mahmud, M. E. (2020). Teknologi Pendidikan Konsep Dasar dan Aplikasi. In Journal of Chemical Information and Modeling. microsoft.com. (2021). Perlindungan & ancaman virus di Keamanan Windows. Retrieved September 23, 2021, from support.microsoft.com website: https://support.microsoft.com/id-id/windows/perlindungan-ancaman-virus�di-keamanan-windows-1362f4cd-d71a-b52a-0b66-c2820032b65e Miller, C., & Bartlett, J. (2012). “Digital fluency”: towards young people’s critical use of the internet. Journal of Information Literacy, 6(2), 35. https://doi.org/10.11645/6.2.1714 Miskiah, M., Suryono, Y., & Sudrajat, A. (2019). Integration of information and comunication technology into Islamic religious education teacher training. Cakrawala Pendidikan, 38(1), 130–140. https://doi.org/10.21831/cp.v38i1.23439 MKN. (1945). PERUBAHAN KEDUA UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945 DENGAN. Retrieved from https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:ht tps://media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum�terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan�ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Moller, L., Jones, G., & Shelton, K. (2004). Association for Educational Communication and Technology Conference on Emerging Technologies and Theories for Teaching and Learning. Monggilo, Z. M. Z., Kurnia, N., Wirawanda, Y., Desi, Y. P., Sukmawati, A. I., Anwar, C. R., … Astuti, S. I. (2021). Cakap Bermedia Digital. Retrieved from http://literasidigital.id/books/modul-cakap-bermedia-digital/ Mukhtar, I. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Muslim. (2016). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian dalam Ilmu Komunikasi. Wahana, 1, No.10(10), 77–85. Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/wahana/article/view/654 Mustika, I. (2019). [PANDUAN] Belanja aman tanpa takut ketipu di toko online. Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid�19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133 Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 43. Retrieved from http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/literasi�DIGITAL.pdf Njenga, J. K. (2018). Digital literacy: The quest of an inclusive definition. Reading & Writing, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.4102/rw.v9i1.183 Novauli. M, F. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Smp Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(1), 45–67. OECD. (2018). Indonesia What 15-year-old students in Indonesia know and can do Figure 1 . Snapshot of performance in reading , mathematics and science. Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(manager pendidikan), 464–468. Panjaitan, H. (2017). Sanksi Pidana Plagiarisme Dalam Hukum Positif Di Indonesia. To-Ra, 3(2), 551. https://doi.org/10.33541/tora.v3i2.1152 Pati, P. K. (2018). Buku 2 Master Plan Smart City Kabupaten Pati, 2018. 83. Perifanou, M., Economides, A. A., & Tzafilkou, K. (2021). Teachers’ Digital Skills Readiness During COVID-19 Pandemic. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(8), 238–251. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i08.21011 Persichitte, K. A. (2018). Educational Technology to Improve Quality and Access on a Global Scale. In Educational Technology to Improve Quality and Access on a Global Scale. https://doi.org/10.1007/978-3-319-66227-5 Phuapan, P., Viriyavejakul, C., & Pimdee, P. (2016). An Anlysis of Digital Literacy Skills among Thai University Seniors. IJet, 16(03). https://doi.org/10.3991/ijet.v1li03.5301 Pohan, S. S., & Suparman. (2020). Perspektif Literasi Digital Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 7(1), 164–178. Pratama, H. A., & Iryanti, H. D. (2020). Transformasi SDM Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi 4.0 di Sektor Kepelabuhan. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 18(1), 71–80. https://doi.org/10.33489/mibj.v18i1.229 Presiden RI. (2014). UU RI Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281 Putra, E. N. (2019). Merunut lemahnya hukum cyberbullying di Indonesia. Retrieved September 26, 2021, from Aminef.or.id website: https://www.aminef.or.id/merunut_lemahnya_hukum_cyberbullying_di_indo nesia/ Rachmawati, D. (2014). Phising Sebagai Salah Satu Bentuk Ancaman Dalam Dunia Cyber. Jurnal Ilmiah Saintikom, Universitas Sumatera Utara, Medan, 1978–6603, 209–216. Rahma, T. A. (2020). Literasi Digital Guru Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Semarang (Universitas Negeri Semarang). Retrieved from https://sitedi.unnes.ac.id/v2/primer/login.aspx Rahmawati Haryanti Budhi; Sudiyana, Benedictus; Rohadi, Agus, B. U. (2021). Penggunaan Google Classroom Di Kelas Virtual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(Vol 9, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya), 105–115. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/Basastra/article/downloadSuppFile/46555/5865 Rees, C., Forbes, P., & Kubler, B. (2006). Student employability profiles. The Higher Education Academy, York, 1–83. Retrieved from http://www.hear.ac.uk/assets/was York - delete this soon/documents/ourwork/employability/student_employability_profiles_apr0 7.pdf Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Jurnal Gunahumas, 1(1), 72–87. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/view/28380 Rizkinaswara, L. (2021). Waspada Rekam Jejak Digital Kita di Internet. Retrieved September 23, 2021, from aptika.kominfo.go.id website: https://aptika.kominfo.go.id/2021/08/waspada-rekam-jejak-digital-kita-di�internet/ Rusydiyah, E. F., Purwati, E., & Prabowo, A. (2020). How to use digital literacy as a learning resource for teacher candidates in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 305–318. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30551 Sabado, K. X. (2018). Exploring Teachers ’ Perspective of Digital Literacy Pedagogy : Implications for Future Practice. 1–198. Sabarin, G., & Djunaidi, A. (2019). Peran Guru Dan Masyarakat Sekolah Dalam Menghadapi Pengaruh Media Sosial Terkait Dengan Kenakalan Remaja Di Sma Negeri 1 Mauponggo. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 73. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.676 Sari, A. I., Suryani, N., Rochsantiningsih, D., & Suharno, S. (2020). Digital learning, smartphone usage, and digital culture in indonesia education. Integration of Education, 24(1), 20–31. https://doi.org/10.15507/1991- 9468.098.024.202001.020-031 Sari, E. A. (2020). TERHADAP JEJAK DIGITAL DI YOUTUBE BAGI GENERASI MILLENIAL. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 42–55. Serezhkina, A. (2021). Digital Skills of Teachers. E3S Web of Conferences, 258, 07083. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202125807083 Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Dinamika Pendidikan Unnes, 5(2), 117–133. https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4921 Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333 Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodelogi Peelitian (1st ed.; Ayup, Ed.). Yogyakarta: Literasi Media. Sugiyono. (2012). buku metode penelitian pendidikan sugiyono Download buku metode penelitian pendidikan sugiyono. Buku Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono Download Buku Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono, 1. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuanttatif Kualitatif Dan R&D. In Journal of Chemical Information and Modeling (19th ed., Vol. 53). Bandung: CV Alfabeta Bandung. Suharno. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Research in Science Teaching, 4(2), 33–45. Suwarjo. (2015). Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan di Era Digital. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 20–31. Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia ( Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya ). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. Thohir, M., Kurjum, M., & Muhid, A. (2020). Design and discourse of modern standard Arabic e-textbook. Litera, 19(1), 1–20. https://doi.org/10.21831/ltr.v19i1.28901. Tim Penulis. (2020). Teknik Penilaian Keterampilan dalam Kurikulum 2013. Retrieved September 23, 2021, from jurnaldiknas website: https://jurnaldiknas.blogspot.com/2020/04/teknik-penilaian-keterampilan�pada.html Tobing, S. M. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Informasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 64–73. https://doi.org/10.31932/jpk.v4i1.376 Tomczyk, Ł. (2019a). Digital literacy in the area of e-safety among teachers (second stage of the primary school) in Poland. ELearning and Software for Education Conference, (April), 130–135. https://doi.org/10.12753/2066- 026X-19-087 Tomczyk, Ł. (2019b). What Do Teachers Know About Digital Safety? Computers in the Schools, 36(3), 167–187. https://doi.org/10.1080/07380569.2019.1642728 Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 102. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15333 Undang Undang Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang-Nomor-14-Tahun�2005 tentang Guru Dosen. UNESCO. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy for Indicator 4.4.2. Information Paper, 51(51), 1–146. Utami, N. R. (2020). 5 Virtual Classroom Terbaik untuk Belajar di Rumah Saja. Retrieved September 23, 2021, from idntimes.com website: https://www.idntimes.com/life/education/nadiya-rizki-utami/kelas-virtual�belajar-di-rumah-c1c2 Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462 We are Social & Hootsuite. (2021). Digital 2021 Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia Widiasworo, E. (2019). Guru Ideal Di Era DIGITAL (I; Damaya, Ed.). Yogyakarta: Noktah. Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1, 263–278. Winarsih, W., & Irwansyah, I. (2020). Proteksi Privasi Big Data Dalam Media Sosial. Jurnal Audience, 3(1), 1–33. https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.3722 Yahya, I. M. (2019). Literasi Media Digital Sebagai Strategi Peningkatan Kompetensi Digital Pada Siswa Sma Negeri 1 Mayong (Vol. 1). Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/33441/1/1102414047_Optimized.pdf yandip prov jateng. (2018). Menuju Smart City, Bupati Launching Empat Sistem Aplikasi Andalan. Https://Jatengprov.Go.Id/Beritadaerah/Menuju-Smart�City-Bupati-Launching-Empat-Sistem-Aplikasi-Andalan/. Yani, C. (2019). Pencegahan Hoax Di Media Sosial Guna Memelihara Harmoni Sosial. Jurnal Kajian Lemhannas RI |, (40), 15–21. Yazon, A. D., Ang-Manaig, K., Buama, C. A. C., & Tesoro, J. F. B. (2019). Digital literacy, digital competence and research productivity of educators. Universal Journal of Educational Research, 7(8), 1734–1743. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070812 Yusrizal, Safia, I., & Nurhaidah. (2017). KOMPETENSI GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(2), 126–134. Yuwinanto, H. P. (2015). Privasi online dan keamanan data. Palimpsest, (031), 11. Zulham, M. (2014). Kesenjangan Digital di Kalangan Guru SMP (Studi Deskriptif mengenai Kesenjangan Aksesibilitas dan Kapabilitas Teknologi Informasi di kalangan Guru SMP Kecamatan Krian). Universitas Airlangga Journal, 3(3), 626–637 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 03:30 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 03:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52222 |
Actions (login required)
View Item |