PENGARUH TINGKAT LITERASI DIGITAL GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DARING DI SMK NEGERI 2 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL


Rahma Ta’nisatul Qulub, 1102417024 (2021) PENGARUH TINGKAT LITERASI DIGITAL GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DARING DI SMK NEGERI 2 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102417024 - Rahma Ta'nisatul Qulub.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sistem pembelajaran berubah dari tatap muka (luring) menjadi pembelajaran jarak jauh (daring). SMK termasuk SMK Negeri 2 Adiwerna yang menekankan pembelajaran praktik mengalami kesulitan untuk bisa beradaptasi dengan pembelajaran daring ini. Disamping itu faktor tingkat literasi digital guru juga dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran daring yang di laksanakan. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan hubungan antara kemampuan literasi digital guru dengan kualitas pembelajaran daring di Sekolah. Desain penelitian menggunakan penelitian kuantitatif tipe penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pengajar di SMK Negeri 2 Adiwerna yang berjumlah 64 guru, pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yang merupakah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel atau disebut dengan total sampling. Sample dalam penelitian ini adalah seluruh guru pengajar sejumlah 64 guru. Pengumpulan data melalui instrumen skala literasi digital guru dan skala kualitas pembelajaran daring. Masing-masing memiliki validitas butir untuk variabel X antara 0,243 dan 0,675, untuk variabel Y antara 0,244 dan 0,760. Dengan reliabel variabel X sebesar 0,750 dan variabel Y sebesar 0.837. Analisis data dilakukan dengan regresi sederhana dan product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tingkat literasi digital guru di SMK Negeri 2 Adiwerna termasuk dalam kategori Baik dengan nilai rata-rata 80,56% dari 100% dengan skor rerata 97,08, 2) Kualitas pembelajaran daring di SMK Negeri 2 Adiwerna termasuk dalam kategori Baik dengan nilai rata-rata 77,85% dari 100% dengan skor rerata 101,98, 3) Terdapat hubungan anatara tingkat literasi digital guru dan kualitas pembelajaran daring di SMK N 2 Adiwerna. Berdasarkan hasil perhitungan didapat hasil bahwa tingkat literasi digital guru berpengaruh positif terhadap kualitas pembelajaran daring di SMK Negeri 2 Adiwerna. Berdasarkan hasil penelitian, guru diharapakan meningkatkan kompetensi literasi digital melalui pelatihan yang diselenggarakan sekolah maupun dari lembaga lain, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring perlu juga meningkatkan sarana dan prasaran, serta dapat dapat dilakukan penelitian selanjutnya yang lebih mendalam terkait dengan literasi digital dan kualitas pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Ahmad Budiyono. (2019). Ruang Lingkup Teknologi Pendidikan Islam di Era 4.0. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Ardi, Z., & Dkk. (2019). EVALUATION OF DIGITAL SIMULATION LEARNING BASED E-LEARNING IN SMK NEGERI 2 PADANG. International Journal of Educational Dynamics, 2(1), 188–198. APJII (2018). Infografis Penentrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia Survey 2016. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia A'yuni, Q. Q. (2015). Literasi Digital Remaja Di Kota Surabaya: Studi Deskriptif Tentang Tingkat Kompetensi Literasi Digital Pada Remaja Smp, Sma Dan Mahasiswa Di Kota Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA). Benson, V., & Kolsaker, A. (2015). Instructor Approaches to Blended Learning: A Tale of Two Business Schools. International Journal of Management Education, 13(3), 316–325. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2015.10.001 Borthwick, A. C., & Hansen, R. (2017). Digital Literacy in Teacher Education: Are Teacher Educators Competent? Journal of Digital Learning in Teacher Education, 33(2), 46–48. https://doi.org/10.1080/21532974.2017.1291249 Divayana, D. G. H. (2017). Evaluasi Pemanfaatan E-Learning di Universitas Teknologi Indonesia Menggunakan Model CSE-UCLA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 280–289. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.12853 Efendi, R., Jama, J., & Yulastri, A. (2019). Effectiveness of Competency Based Learning. International Journal of Educational Dynamics, 1(2), 284–292. Retrieved from http://ijeds.ppj.unp.ac.id/index.php/IJEDS/article/view/155 Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529 Fitriyadi, H. (2013). Keterampilan TIK guru produktif SMK di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan implementasinya dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 213–233. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1033 Gilster, P., & Watson, T. (1997). An Excerpt from Digital Literacy. Digital Literacy, 20. Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 86–95. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.32165 Hee, O. C., Ping, L. L., Rizal, A. M., Kowang, T. O., & Fei, G. C. (2019). Exploring lifelong learning outcomes among adult learners via goal orientation and information literacy self-efficacy. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 616–623. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20304 Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645 Jabor, M. K., Sale, M. I., Deba, A. A., Musta’mal, A. H., & Sadiq, A. (2013). Responsibility of school’s leaders in tackling the E-learning barriers in technical and vocational education higher institutions. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 6(3), 134–142. https://doi.org/10.7160/eriesj.2013.060301 Jamil, H. F. (2021). Pengaruh kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge Personality (TPACK-P) Framework pada guru terhadap keefektifan pembelajaran PAI dan budi pekerti secara daring. (Doctoral Dissertation, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG)., 32. Jannah, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2015). Hubungan Kecanduan Game dengan Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 200. https://doi.org/10.24036/02015446473-0-00 Khuluqo, I. El, Ghani, A. R. A., & Fatayan, A. (2021). Postgraduate students’ perspective on supporting “learning from home” to solve the COVID-19 pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(2), 615. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21240 Kuncová, M., & Vojáčková, H. (2015). Analysis of dependences of E-learning usage on study results. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 8(1), 24–34. https://doi.org/10.7160/eriesj.2015.080104 Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718– 734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.529 Mahmud, M. E. (2011). Mewujudkan Sekolah Atau Kampus Digital. Dinamika Ilmu, 11, 16. Mannan, A. (2018). Analisis Kualitas Pembelajaran Guru Kaitannya Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng, (1), 1–21. https://doi.org/10.31227/osf.io/r8puq Martin, A. (2006). A European framework for digital literacy. Nordic Journal of Digital Literacy, 2(1), 151–161. Retrieved from http://www.idunn.no/file/pdf/33191479/a_european_framework_for_digital_liter acy.pdf Nasir, M. (2013). Profesionalisme Guru Agama Islam: Sebuah Upaya Peningkatan Mutu melalui LPTK. Dinamika Ilmu, 13(2), 189–203. https://doi.org/10.21093/di.v13i2.25 Novi Kurnia, S. I. A. (2017). PETA GERAKAN LITERASI DIGITAL DI INDONESIA : Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid�19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645 Nurtanto, M., Kholifah, N., Masek, A., Sudira, P., & Samsudin, A. (2021). Crucial problems in arranged the lesson plan of vocational teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 345–354. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20604 Prof. Dr. I Made Yudana, M., & Prof. Dr. I Nyoman Natajaya, M. (2014). Kontribusi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Dan Pengelolaan Diri Terhadap Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Tematik Pada Guru Sd Di Kecamatan Bangli. Jurnal Administrasi Pendidikan, 5. Qory Qurratun A’yuni. (2015). Literasi digital remaja di kota surabaya, 1–15. Rambousek, V., Fuglík, V., & Štípek, J. (2015). Selected outcomes of research of digital competency development on elementary schools. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 8(2), 35–43. https://doi.org/10.7160/eriesj.2015.080201. Ramkissoon, P., Belle, L. J., & Bhurosy, T. (2020). Perceptions and experiences of students on the use of interactive online learning technologies in Mauritius. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 833–839. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20692 Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759 Sari, N. (2020). Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Daringmasa Pandemic Covid-19 di MIN 3 Medan. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 2(3), 44–57. https://doi.org/10.51178/jetl.v2i3.67 Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020 Shopova, T. (2014). Digital literacy of students and its improvement at the university. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 7(2), 26–32. https://doi.org/10.7160/eriesj.2014.070201 Sr. Felisitas A Sri, Monika Luhung, D. L. (2020). ANALISIS FAKTOR PENGARUH STUDI FROM HOME (SFH) KARENA WABAH COVID-19 TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA STIKes PANTI WALUYA MALANG. Jurnal Keperawatan Malang, 5(2), 114–126. Sukenada, I. W., Natajaya, P. I. N., & Pd, M. (2013). Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Seni Budaya Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Tabanan, 4. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&d. Bandung. Alfabeta Cetakan ke 23 Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID 19) Susanti, W. (2019). the School Literation Movement Strategy in Improving the Student Reading Interest At Sma Negeri 4 Padang. Nternational Journal of Educational Dynamics, 1(2), 99–107. Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072 Tour, E. (2015). Digital mindsets: Teachers’ technology use in personal life and teaching. Language Learning and Technology, 19(3), 124–139. Tuluk, G., & Kepceoğlu, İ. (2019). Pre-service teachers’ web pedagogical content knowledge and online information searching strategies. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 229–236. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.18771 Undang- Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Undang- Undang Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal 1 Ayat 1 Yaniawati, R. P. (2013). Pengaruh E-Learning Untuk Meningkatkan Daya Matematik Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3), 381–393. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1137 Yilmaz, O. (2015). The effects of “live virtual classroom” on students’ achievement and students’ opinions about “live virtual classroom” at distance education. Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(1), 108–115
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:12
Last Modified: 24 Oct 2022 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52220

Actions (login required)

View Item View Item