PENGEMBANGAN MEDIA SIMULASI DIGITAL “PAPAN ASTRONOMIS” UNTUK MATA PELAJARAN IPS KELAS IX
AYU TRI ARUM MURTI, 1102416081 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA SIMULASI DIGITAL “PAPAN ASTRONOMIS” UNTUK MATA PELAJARAN IPS KELAS IX. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dalam sumber daya media pembelajaran yang terus berkembang. Pendidik sebagai fasilitator dituntut untuk bisa menggunakan media pembelajaran yang sudah ada ataupun menginovasi media pembelajaran yang sudah ada atau belum ada di sekolah untuk menunjang proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran IPS tidak cukup dengan menggunakan metode ceramah saja. Terlebih media yang digunakan hanya media cetek saja seperti buku pegangan peserta didik ataupun menggunakan LKS. Perlunya variasi media pembelajaran untuk membantu peserta didik memahami konsep materi pembelajaran. Berdasarkan analisis yang dilakukan peneliti di SMP N 26 Semarang diketahui bahwa dalam proses pembelajaran IPS pendidik masih mengalami kesulitan dalam menggembangan media pembelajaran untuk materi pembahasan tertentu. Sehingga menyebabkan peserta didik kurang temotivasi dalam belajar dan merasa bosan karena pendidik masih menggunakan metode ceramah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan, kelayakan dan keefektifan media simulasi digital papan astronomis untuk kelas IX di SMP N 26 Semarang. Motode pengembangan media menggunakan model (Define, Desian, Develop, Disseminate). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket uji kelayakan oleh ahli media dan materi, uji keefektifan dengan menggunakan tes pretest dan posttest kepada peserta didik. Objek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX di SMP N 26 Semarang. Hasil penelitian pengembangan media simulasi digital papan astronomis dari uji kelayakan oleh dua ahli media di peroleh hasil yang sangat layak untuk semua aspek yaitu aspek rekayasa perangkat lunak dan aspek komunikasi visual yaitu dengan rata-rata presentasi 87.5%. Sedangkan dari uji kelayakan oleh dua ahli materi memperoleh rata-rata presentase 93% yang dinyatakan sangat layak untuk semua aspek yaitu aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kelayakan kegrafisan. Sedangkan untuk keefektifan dengan hasil N-Gain untuk kelas kontrol sebesar 0.72 dengan kategori tinggi dan kelas eksperimen sebesar 0.51 dengan kategori penilaian sedang, dan diperoleh nilai efektifitas media sebesar 0.70 atau 70%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pengembangan media simulasi digital “Papan Astronomi” sangat layak digunakan dan cukup efektif dalam meningkatkan proses pembelajaran peserta didik kelas IX pada mata pelajaran IPS materi letak astronomis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Additional Information: | Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. Akbar, R. R. A., & Komarudin. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantukan Media Sosial Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Matematika, 1(2), 209. Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 11–18. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata. Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Ayuningsih, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS3 Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keadaan Alam di Indonesia Kelas VII. Universitas Muhammaiyah Surakarta. B. Uno, H., & Rahman, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 169–185. Chayko, M. (2019). Digital Technology, Social Media, and Techno‐ Social Life. In The Wiley Blackwell Companion to Sociology. Clemente, F. J. G., Esquembre, F., & Wee, L. K. (2017). Deployment of Physics Simulation Apps Using Easy JavaScript Simulations. IEEE Global Engineering Education Conference, EDUCON, 1093–1096. IEEE Computer Society. Dewi, S. M., Harjono, A., & Gunawa. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Siswa SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(3), 123–128. Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11. Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. Fithriani, S. L., Halim, A., & Khaldun, I. (2016). Penggunaan Media Simulasi PhET dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasa Kalor di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan SAINS Indonesia, 04(02), 45–52. Hardiyanti, F., & Arianto, F. (2018). Pengembangan Media Simulasi Digital Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pokok Bayangan Pada Cermin Kelas VIII Di SMP Negeri 33 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2). Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak dan Perpindahan. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 01–18. Hendrayanto, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Flash Flip Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Mater Sejarah Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Secang Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang. Irana, A. T. (2019). Pembelajaran Pemetaan Sebagai Pengetahuan Kebencanaan Pada Materi Letak Dan Luas Indonesia Dengan Metode Participatory Learning And Action di SMP Negeri 2 Kartasura. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jatiningtias, N. H. (2017). Pengembangan media pembelajaran powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial di SMP Negeri 15 Semarang. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang. Jaya, H., Haryoko, S., & Lu’um. (2015). Praktikum Simulasi Berbasis Website. In Edukasi Mitra Grafika. Makassar. Karo-Karo S, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan & Matematika, 07(1), 91–96. Kartikasari, A. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Kokami (Kotak Kartu Misterius) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 20 Semarang. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang. Khafid, S. (2016). Membaca Dan Melengkapi Peta Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Materi Geografi Regional. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 120–127. Kustiono. (2010). Media Pembelajaran: Konsep, Nilai Edukasi, Klasifikasi, Praktek Pemanfaatan dan Pengembangan. Semarang: UNNES PRESS. Lindgren, R., Tscholl, M., Wang, S., & Johnson, E. (2016). Enhancing Learning And Engagement Through Embodied Interaction Within A Mixed Reality Simulation. Computers and Education, 95, 174–187. Makransky, G., & Lilleholt, L. (2018). A Structural Equation Modeling Investigation of the Emotional Value of Immersive Virtual Reality in Education. Educational Technology Research and Development, 66(8), 1141– 1164. Miarso, Y. (2009). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Mukiman, & Saliman. (2008). Teknologi Informasi dan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahun Sosial. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Muslichun, A. (2019). Pengembangan Aplikasi Multimedia Interaktif “Asean Go” Berbasis Adobe Animate Cc Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Smp Negeri 41 Semarang. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang. Nababan, S. A., & Henra Saputra Tanjung. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMA Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 233–243. Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran (A. Daulay, Ed.). Medan: Perdana Publishing. Ninda, A. P. C., Bariyyah, K., & Leny, L. (2017). Efektivitas Teknik Permainan Simulasi dengan Menggunakan Media Dart Board untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Tegal Siwalan Probolinggo. Jurnal Konseling Indonesia, 3(1), 22–27. Nisa’, C., & Agung, Y. A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Multisim10 Simulations Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 311–317. Nurdyansyah, & Toyiba, F. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Paskah, M. R., Maharta, N., & Suana, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Termodinamika. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 4(1), 32–41. Perry, K. H., & Annie, M. M. (2019). Mobility, Media, and Multiplicity: Immigrants’ Informal Language Learning via Media. In M. Dressman & R. W. Sadler (Eds.), The Handbook of Informal Language Learning. Prawiradilaga, Dewi Salma. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana. Priyatno, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: C.V Andi Offset (Penerbit ANDI). Rahayu, S. (2017). Model Simulasi dalam Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 118. Ranieri, M. (2019). Teaching with Media. In The International Encyclopedia of Media Literacy. Rohani. (2019). Media pembelajaran. Diktat. Sadiman, A. S. dkk. (2007). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: Rajawali Pers. Saiful, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IX B SMP Negeri 8 Muaro Jambi dalam Menentukan Iklim Matahari pada Pembelajaran Unsur Geografis di Kawasan Asia Tenggara dengan Menggunakan Media Gambar Globe. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 438–442. Saltan, F., & Arslan, Ö. (2017). The Use of Augmented Reality in Formal Education: A Scoping Review. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(2), 503–520. Sanina, A., Kutergina, E., & Balashov, A. (2020). The Co-Creative approach to digital simulation games in social science education. Computers and Education, 149. Sayre, B., Bode, L., Shah, D., Wilcox, D., & Shah, C. (2010). Agenda Setting in a Digital Age: Tracking Attention to California Proposition 8 in Social Media, Online News, and Conventional News. Policy & Internet, 2(2), 7–32. Schmidt, S. J. (2014). Active and Cooperative Learning Using Web-Based Simulations. Journal of Economic Education, 34(2), 151–167. Seels, B. B., & Richey, R. C. (2000). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. In Dewi S. Prawiradilaga, R. Rahardjo, & Y. Miarso (Eds.), Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Jakarta: Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia., IPTPI. Sekretariat Negara. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. , (2003). Sekretariat Negara. Permendikbud 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTS: Lampiran III Pedoman Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. , (2014). Sihaloho, A. J. T. W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMP PGRI Tegowanu. Doctoral dissertation, Universitas Negeeri Seamarang. Sitindaon, S. F., Bukit, N., & Turnip, B. M. (2017). The Effect of Guided Inquiry Learning Using PhET Media on Students ’ Problem Solving Skill and Critical Thinking. Journal of Education and Practice, 8(21), 129–134. Spodniaková Pfefferová, M. (2015). Computer Simulations And Their Influence On Students’ Understanding Of Oscillatory Motion. Informatics in Education, 14(2), 279–289. Suarno, D. T., & Sukirno. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPS Dengan Tema Pemanfaatan dan Pelestarian Sungai Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 115–125. Subkhan, E. (2013). Pengantar Teknologi Pendidikan: Perspektif Paradigmatik dan Multidimensional. Yogyakarta: Deepublish. Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sugiyono. (2014). Statistika unntuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sulfemi, W. B., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(2). Suneko, A., & Kiswantoro, A. (2018). Kontribusi Teknologi Musik dalam Iringan Tari Kreasi Baru di Yogyakarta. Yogyakarta. Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan (Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran, dan Penarikan Kesimpulan). Depok: RajaGrafin. Suparman, A. (2014). Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan (Edisi Keem). Jakarta: Penerbit Erlangga. Supurwoko, Cari, Sarwanto, Sukarmin, Budiharti, R., & Dewi, T. S. (2017). Virtual Lab Experiment: Physics Educational Technology (PhET)Photo Electric Effect for Senior High School. Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 381–386. Syafriadi. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Konsep Pembagian Wilayah Waktu Dan Letak Geografis Indonesia Dengan Menggunakan Media Bergambar. Suara Guru, 3(3), 473–486. Thompson, M., Owho-Ovuakporie, K., Robinson, K., Kim, Y. J., Slama, R., & Reich, J. (2019). Teacher Moments: A Digital Simulation for Preservice Teachers to Approximate Parent–Teacher Conversations. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 35(3), 144–164. Triwibowo, S., Abdurrahman, A., & Nyeneng, I. (2013). Perbandingan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Media Simulasi Komputer Dan Media Realia. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 1(7), 77–88. Ulya, A. I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Game Spinning Wheel Berbasis Model 4D Pada Materi Pelajaran Alat Panca Indra Manusia Kelas V Di Sekolah Dasar. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang. Vahidi, B., & Esmaeeli, E. (2013). MATLAB-SIMULINK-Based Simulation for Digital Differential Relay Protection of Power Transformer for Educational Purpose. Computer Applications in Engineering Education, 20(3), 475–483. Vlachopoulos, D., & Makri, A. (2017). The Effect of Games and Simulations on Higher Education: a Systematic Literature Review. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1), 1–33. Wahono, R. S. (2006). Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. Wicaksono, A. G. (2013). Penggunaan Pendekatan Kontekstual Melalui Media Simulasi Animasi Komputer dan Film Pendek Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Analitis dan Gaya Belajar Siswa. Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University). Widodo, S. A., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(1), 154–160. Wright-Maley, C., Lee, J. K., & Friedman, A. (2018). Digital Simulations and Games in History Education. In The Wiley International Handbook of History Teaching and Learning. Yildiz, M. N. (2019). Educational Media History. In The International Encyclopedia of Media Literacy. Zainiah, R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi dan Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mapel Instalasi Penerangan Listrik di SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2), 515–522 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 03:02 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 03:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52219 |
Actions (login required)
View Item |