PENGEMBANGAN BUILD OPERATE AND TRANSFER SYSTEM (BOTS) TELEGRAM GUNA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER ANTI BULLYING


Muhammad Afif Nashrullah, 1102416069 (2021) PENGEMBANGAN BUILD OPERATE AND TRANSFER SYSTEM (BOTS) TELEGRAM GUNA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER ANTI BULLYING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102416069 - Muhammad Afif Nashrullah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan di SMP N 22 Semarang diketahui bahwa program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dilaksanakan hanya menggunakan cara konfensional sepertisosialisasi maupun edukasi dan masih belum menggunakan media pembelajaran sebagai penunjang, sehingga penyampaian program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) masih belum terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bots telegram anti bullying sebagai solusi permasalahan tersebut. Penelitian ini berfokus pada bagaimana hasil pengembangan media bots telegram anti bullying, bagaimana kelayakan serta manfaat dari media bots telegram anti bullying ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Untuk menilai kelayakan dan kevalidan media dilihat dari hasil angket penilaian dari para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi syarat. Hal ini dilihat dari hasil validasi ahli media pada aspek tampilan, isi materi dan manfaat mendapatkan nilai sebesar 88% dengan kategori sangat layak. Dari hasil validasi oleh ahli materi dalam aspek materi, kebahasaan dan manfaat memperoleh nilai 91% dengan kategori “Sangat Layak”, dan untuk tanggapan dari pengguna atau peserta didik memperoleh nilai 78% dengan kategori positif. Sedangkan untuk manfaat menunjukan bahwa media bots telegram anti bullying ini bermanfaat. Hal ini dilihat dari hasil angket ahli media, ahli materi dan pengguna yang menyatakan setuju dengan pernyataan yang ada pada aspek manfaat, hasil angket tersebut menunjukan bahwa untuk ahli materi dengan nilai rata-rata 92% dengan kategori sangat setuju, untuk ahli media dengan dengan nilai rata-rata 83% dengan kategori sangat setuju dan pengguna mendapatkan nilai rata-rata 77% dengan kategori setuju. Jadi dari penilaian para ahli dan pengguna menunjukan bahwa media bots telegram anti bullying ini layak serta valid digunakan sebagai media pembelajaran, dapat memberikan manfaat kepada peserta didik serta dapat membantu dan melengkapi penyampaian program PPK yang dilakukan guru BK di SMP N 22 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: A. Abu-Ayfah, Z. (2019). Telegram App in Learning English: EFL Students’ Perceptions. English Language Teaching, 13(1), 51. https://doi.org/10.5539/elt.v13n1p51 Aghajani, M., & Adloo, M. (2018). The Effect of Online Cooperative Learning on Students’ Writing Skills and Attitudes through Telegram Application. International Journal of Instruction, 11(3), 433–448. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11330a Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72. Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta Andiarini, S. E., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238–244. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p238 Ardimansyah, M. I., & Widianto, M. H. (2020). Development of online learning media based on Telegram Chatbot (Case studies: Programming courses). Journal of Physics: Conference Series, 1987(1), 012006. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1987/1/012006 Ballerina, T., & Immanuel, A. S. (2019). Gambaran Tindakan Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Perilaku, 3(1), 18. https://doi.org/10.25077/jip.3.1.18-31.2019 Dalyono, B. dan E. D. (2017). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah, 03, 33–42. Dewi, E. R., & Alam, A. A. (2020). Transformation Model For Character Education Of Students. Cypriot Journal of Education, 2(5), 61–74. Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099 Fahrianto, F., & Kitanggi, A. (2016). Penerapan End-To-End Encryption Dengan Metode Super Encryption Untuk Kerahasiaan Citra Digital Pada Aplikasi Instant Messaging. Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.15408/jti.v9i1.5651 Gedik, H., & Cosar, H. A. (2020). Perception of Social Media in Secondary Students. International Education Studies, 13(3), 6. https://doi.org/10.5539/ies.v13n3p6 Hayatin, N. (2015). Sistem Penilaian Jawaban Essay Otomatis Berdasarkan Nilai Kedekatan Kalimat. Seminar Teknologi Dan Rekayasa (SENTRA), (October), 169–172. Hendarman. (2019). Pendidikan Karakter Era Milenial. bandung: PT Remaja Rosdakarya Ibrahim, dkk. 2000. Media Pembelajaran Bahan Sajian Program Pendidikan Akta Mengajar. Malang: Depdiknas, Universitas Negeri Malang, FIP. Iksan, Z. H., & Saufian, S. M. (2017). Mobile Learning: Innovation in Teaching and Learning Using Telegram. International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE), 1(1), 19–26. Isnaini, R. L. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Manajemen Bimbingan dan Konseling Islam. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 35–52. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.11-03 Jaya, I. M., & Sadia, I. W. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Setting Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Karakter Dan Hasil Belajar Siswa Smp. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program, 4, 1–12. Jayani, D H. 2019. PISA: Murid Korban 'Bully' di Indonesia Tertinggi kelima di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/12/pisa-murid-korban-bully�di-indonesia-tertinggi-kelima-di-dunia (Diakses tanggal 10 Maret 2020) Juan, A., Zuze, L., Hannan, S., Govender, A., & Reddy, V. (2018). Bullies, victims and bully-victims in South African schools: Examining the risk factors. South African Journal of Education, 38(October), 1–10. https://doi.org/10.15700/saje.v38ns1a1585 Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778 Lea Indriani, Dalilul Falihin, M. S. (2020). Perilaku Bullying Siswa Di Smp Negeri 23 Makassar. Social Landscape Journal, 31–38. Mislia, M., Mahmud, A., & Manda, D. (2016). The Implementation of Character Education through Scout Activities. International Education Studies, 9(6), 130. https://doi.org/10.5539/ies.v9n6p130 Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22– 26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336 Naqiyya, H., Uchyani, R., & Parama, O. (2021). Environmental education to build school members ’ character. JPBI ( Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia ), 7(1), 43–52. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i1.14283 Nurhayati, T. (2015). PERKEMBANGAN PERILAKU PSIKOSOSIAL PADA MASA PUBERTAS. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.24235/edueksos.v4i1.649 Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al�Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171 Peraturan Presiden Republik INDONESIA. No 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Purwanti, Lestari Ning (2018) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta : Penerbit Erlangga. Ramadhan, F., & Wibawa, S. C. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA DENGAN BOT API MEDIA SOSIAL TELEGRAM DI AKADEMI FARMASI SURABAYA. IT - EDU, 02(02), 145–152. Risanty, R. D., & Sopiyan, A. (2017). Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (Ft-Umj) Dengan Metode Polling. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, (November), 1–9. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/2071/1712 Rifa'i, Achmad & Anni, Cathrina Tri (2016) Psikologi Pendidikan. Semarang : Unnes Press. Rokhman, F., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197 S, I. R. K.-K., & Rohani. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Dan Matematika UIN-SU, VII(1), 91–96. Saldıraner, M., & Gızır, S. (2021). School Bullying From the Perspectives of Middle School Principals. International Journal of Progressive Education, 17(1), 294– 313. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.329.19 Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366 Satmoko, Retno Sriningsih (1999) Proses Belajar Mengajar II: Penilaian Hasil Belajar. Semarang:CV. IKIP Semarang Press. Saribekyan, H., & Margvelashvili, A. (2017). Security Analysis of Telegram, 1- 12Saribekyan, H., Margvelashvili, A. (2017). S. Saripudin, D., Komalasari, K., & Anggraini, D. N. (2021). Value-Based Digital Storytelling Learning Media to Foster Student Character. International Journal of Instruction, 14(2), 369–384. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14221a Smit, B. (2018). Understanding bullying relationally. South African Journal of Education, 38(Supplement 1), S1–S8. https://doi.org/10.15700/saje.v38ns1a1586 Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sulistyaningsih, D., Purnomo, P., & Aziz, A. (2018). Development of Learning Design for Mathematics Manipulatives Learning based on E-learning and Character Building. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 197–205. https://doi.org/10.29333/iejme/3996 Ulfah, M., & Gustina, E. (2020). Bullying behavior among students. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(3), 644. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20437 Utami, T. W., Fadilah, A., & PH, L. (2019). the Relationship Between Bullying Andhelplessness in Adolescent. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7, 159–164. Wardah, A. (2018). PEMAHAMAN DIRI SISWA SMP TENTANG MASA PUBERTAS (BALIGH) SEBAGAI FONDASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Bimbimbingn Dan Konseling Ar-Rahman, 4(2), 88–93. Winarto, A., & Hardyanto, W. (2019). Telegram Development in Dokeos-Based E- Learning As a Learning Media to Improve Students’ Motivation in Learning Physics. Physics Communication, 3(37), 78–85. https://doi.org/10.15294/physcomm.v0i0.20628 Yudhar, A. N., Agustang, A., & Sahabuddin, J. (2021). Habituation of character values in junior high school students. Cypriot Journal of Education, 16(2), 659–668. https://doi.org/https://orcid.org/0000-0001-5729-2567 Yuyarti. (2018). Mengatasi bullying melalui pendidikan karakter. Jurnal Kreatif, 8(2), 168–173. ZAKIYAH, E. Z., HUMAEDI, S., & SANTOSO, M. B. (2017). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REMAJA DALAM MELAKUKAN BULLYING. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Oct 2022 02:44
Last Modified: 24 Oct 2022 02:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52217

Actions (login required)

View Item View Item