PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING KINGDOM PLANTAE BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 12 SEMARANG


Fenny Arifianawati, 1102416061 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING KINGDOM PLANTAE BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102416061 - fenny arifianawati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA Ngeri 12 Semarang terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran Biologi Kelas X MIPA. Terdapat kendala yaitu siswa kurang maksimal dalam pembelajaran, siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung karena guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Selain itu, pemanfaatan media pembelajaran yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile learning Kingdom Plantae berbasis android pada pembelajaran Biologi kelas X dan mengetahui kelayakan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah development research dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data yang diperoleh dari hasil uji kelayakan oleh ahli materi, menyatakan bahwa mobile learning berbasis android mendapatkan hasil dengan kriteria sangat layak pada semua aspek desain pembelajaran, aspek penggunaan bahasa, dan aspek fungsi keseluruhan dengan rata-rata prosentase sebesar 96,11%. Sedangkan pada uji kelayakan media oleh dua ahli materi juga diperoleh hasil dengan kriteria sangat layak pada semua aspek kualitas media, aspek tampilan, dan aspek bahasa dengan rata-rata prosentase sebesar 90,83%. hasil uji t satu pihak bahwa rata-rata pretest sebesar 62,000, rata-rata post test sebesar 79,77. Sedangkan hasil uji t didapatkan t hitung sebesar 5,90 dengan signifikansi 0,000. Karena tingkat sig 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima berarti terdapat perbedaan antara nilai rata-rata pretest dengan posttest yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siswa. Kemudian dari hasil uji n-gain diperoleh nilai n-gain sebesar 0,47 termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulannya bahwa mobile learning berbasis android layak untuk digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Azhar Arsyad, 2005, Media Pembelajaran, Jakarta:Raja Grafindo Persada. Amirullah, G., & Susilo, S. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Wacana Akademika, 2(1): 38–47. Arief S. Sadiman, dkk., 2006, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Arikunto, Suharsimi. 2010. ProsedurPenelitian. Jakarta: Rineka Jaya. Bhati, A., & Song, I. 2019. New methods for collaborative experiential learning to provide personalised formative assessment. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14 (7): 179-195. Chatwattana, P., & Nilsook, P. 2017. A Web-based learning system using project�based learning and imagineering. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 12 (5): 4-22. Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Biologi untuk SMA. Jakarta: Balitbang Puskurbuk Depdiknas. Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta. Dwi, Gian. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dalam Bentuk Buku Saku Digital Untuk Mata Pelajaran Akutansi Kelas XI”. Skripsi. FE UNY. Gargenta, Marko. 2011. Learning Android. United States of America: O’Reilly Media. Georgiev, T, et al. 2005. A general classification of mobile learning systems. International conference on computer systems and technologipaes, 4 (14): 1-6. Gregory, S., & Tyrrel, M. B. 2017. Digital learner presence and online teaching tools: higher cognitive requirements of online learners for effective learning. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12 (18): 1-17. Island Script. 2008. Panduan Mudah Membuat Animasi (Plus CD). Jakarta: Media Kita. I K, Surata., I M, Sudiana., I G, Sudirgayasa. 2020. Meta-Analisis Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education Technology, 4 (1): 22-27. Intan Nur Cahya Mukti & Heru Nurcahyo. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 137-149. Martha, Zeny Dwi, dkk. 2018. Ebook Berbasis Mobile Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (e-ISSN: 2615-8787), Vol 1, No 2. Diakses melalui http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3705/2775. Pada tanggal 25 Desember 2020. Muslichun, A. (2019). Pengembangan Aplikasi Mulimedia Interaktif “ASEAN GO” Berbasis Adobe Animate CC Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 41 Semarang. Digilib UNNES. Nining, G., Unggul, W., & Yusuf, K. 2018. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 6 (1): 44-49. Nuryani Y. Rustaman, dkk. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi: Common Textbook. Edisi Revisi. Bandung: UPI. Prawiradilaga, Dewi Salma. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Panji Wisnu Wirawan. (2011). Pengembangan Kemampuan E- Learning Berbasis Web ke dalam M-Learning. Jurnal Universitas Diponegoro, Vol. 2. No. 4 Hlm 22- 23. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/j masif/article/view/2655 Rahadi, M.R., Satoto, K.I., dan Windasari, I.K. 2016. Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (e-ISSN: 2338-0403), 4 (1): 44- 49. Rahman, Syaiful. 2014. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 1 No. 1. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/ view/3746/2667. Restu, H., Susanti, M., Gufron, A. 2018. Pengembangan Mobile Learning Sistem Koordinasi Berbasis Android. Jurnal Bioeduscience, 2 (1): 53-58. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/bioeduscience/article/view/1334 Rena Agustina & Harun Sitompul. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(1), 1-14. Sandy, Teguh A. 2014. Powerpoint for Android: Cara Mudah Membuat Aplikasi Android dengan Menggunakan Microsoft Powerpoint. Yogjakarta: Deepublish. Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Sarrab, Elgamel, dan Aldabbas. 2012. Mobile Learning (M-Learning) And Educational Environments. International Journal of Distributed and Parallel System (IJDPS), 3 (4). (Online), (www.aircose.org/journal/ ijdps/.../0712ijdps04.pdf, diakses bulan Desember 2020. Sadiman, Arief S. 2007. Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakrta: Kaukaba Bentang Aksara Galang Wacana. Danang Setyadi. 2017. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Jurnal Satya Widya, 33 (2): 87-92. Siti Muyaroah & Mega Fajartia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2): 79-83. Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sutopo, Ariesto Hadi. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sugiyono. 2008. Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Penerbit Alfabeta. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sukmawati, W. 2017. Pembelajaran Kontekstual dengan Saintifik Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi dan Sikap Sains Siswa. Jurnal Bioeduscience, 1 (1): 31-37. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/bioeduscience/article/view/10 85 Taufik, Mohammad. 2018. Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Fisika Materi Listrik Arus Searah Kelas XI SMK Negeri 2 Kediri. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Vol 9, No. 2. Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara. Undang�undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Wilson, M & Bolliger, D.U. 2013. Mobile learning: endless possibilities for allied health educators. Journal of Diagnostic Medical Sonography, 29 (5): 220 – 224. Yustin, J.A., Sujaini, H., & Irwansyah, M.A. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Construct 2. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 1(1), 1-5. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/16354 Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Oct 2022 02:32
Last Modified: 24 Oct 2022 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52215

Actions (login required)

View Item View Item