PENERAPAN TOILET TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TPA ANAK BANGSA


Ivana Farah Nadya, 1601416017 (2021) PENERAPAN TOILET TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TPA ANAK BANGSA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102416057 - Ivana Farah Nadya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait penerapan toilet training yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak di TPA Anak Bangsa. Penelitian ini dilaksanakan di TPA Anak Bangsa yang berlokasi di Gedang Anak, Ungaran Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data Miels and Hubermen. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan teknik pengumpulan data (dokumen). Observasi dilakukan untuk mengetahui fenomena terkait dengan penerapamn toilet training untuk meningkatkan kemandirian anak di TPA Anak Bangsa. Hasil observasi ditindak lanjuti dengan mewawancarai Kepala Sekolah dan Guru yang berada di TPA Anak Bangsa. Dokumen-dokumen yang dikumpulkan berfungsi sebagai data pendukung. Kemudian keabsahan data dilihat menggunakan triangulasi tehnik. Hasil analisis data bahwa penerapan toilet training untuk meningkatkan kemandirian anak di TPA Anak Bangsa yang dalam penerapannya dilaksanakan setiap hari ketika anak berada di dalam lembaga. Pelaksanaan toilet training diterapkan pada anak berusia 2-5 tahun. Dimana pada usia tersebut anak sudah dapat melakukan apa yang harus dilakukan dalam pelaksanaan toilet training. Penerapan toilet training dilihat dari kesiapan anak melakukan toilet training serta bagaimana peran orang tua dalam mendukung terlaksananya toilet training ketika di rumah. Pembiasaan waktu untuk buang air kecil yaitu 1 jam sekali untuk anak yang sering minum susu botol. Sedangkan untuk anak yang jarang minum air susu botol waktunya lebih lama dari anak yang sering minum air botol yaitu 2 jam sekali, yang dilaksanakan untuk menerapkan pelatihan toilet training. Pelaksanaan toilet training harus dibantu dengan kerja sama orang tua dan guru karena ketika anak berada di rumah orang tua lah yang membantu penerapan toilet training. Pelaksanaan toilet training pada TPA Anak Bangsa dapat meningkatkan kemandirian anak, yang secara tidak langsung akan dilatih untuk dapat melakukan buang air besar dan buang air kecil secara mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:53
Last Modified: 24 Oct 2022 01:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52213

Actions (login required)

View Item View Item