ANALISIS TINGKAT KESIAPAN PENERAPAN E-LEARNING PADA GURU DI SMK NEGERI 1 SUMBER REMBANG
Desy Indriyani Putri, 1102416057 (2021) ANALISIS TINGKAT KESIAPAN PENERAPAN E-LEARNING PADA GURU DI SMK NEGERI 1 SUMBER REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi pada saat ini sudah semakin maju, hal ini membawa dampak kepada aspek kehidupan manusia, salah satunya yaitu aspek pendidikan. Dahulu pembelajaran didominasi oleh peran guru dan buku, kini pembelajaran tidak hanya didominasi oleh peran guru dan buku saja tetapi juga didominasi oleh teknologi. Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, pada awalnya berupa penggunaan alat audio/video tape, interaktif TV, LCD proyektor, dan lain-lain. Saat ini akses internet sudah sangat terjangkau untuk guru dan siswa yang menjadikan pembelajaran berbasis teknologi informasi menjadi lebih bervariasi. Salah satu penerapan teknologi informasi dalam kegaiatan pembelajaran yakni berupa e-learning. Teknologi e-learning hadir sebagai sarana penunjang pendidikan yang membawa warna baru dalam perubahan sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan penerapan e-learning pada guru di SMK Negeri 1 Sumber Rembang dan mengetahui faktor-faktor yang kuat yang perlu dipertahankan dan faktor yang masih lemah yang membutuhkan peningkatan dalam penerapan e-learning. Dengan mengetahui tingkat kesiapan penerapan e-learning dapat diharapkan dapat menjadi dasar pengambilan keputusan untuk melakukan persiapan dan perbaikan. Oleh karena itu perlu dianalisis terlebih dahulu tingkat kesiapan dalam menerapkan e-learning (e-learning readiness). Penelitian ini mengukur tingkat kesiapan penerapan e-learning menggunakan model Aydin & Tasci (2005) yang mengukur empat faktor utama yaitu teknologi, inovasi, manusia, dan pengembangan diri. Indeks e-learning yang digunakan berskala 1-5. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan pengolahan data menggunakan metode statistik deskriptif yang dipetakan berdasarkan indeks e-learning readiness versi Aydin & Tasci (2005). Penelitian dilakukan kepada semua guru SMK Negeri 1 Sumber yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian dari keempat faktor yaitu faktor manusia, inovasi, teknologi, dan pengembangan diri menunjukkan kategori siap, dengan sedikit peningkatan. Keempat faktor tersebut yaitu faktor manusia dengan skor ̅=3,861; faktor pengembangan diri dengan skor ̅=3,62; faktor teknologi dengan skor ̅=3,99; dan faktor inovasi dengan skor ̅=3,64. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Negeri 1 Sumber mempunyai indeks kesiapan e-learning dengan skor ELR keseluruhan ̅=3,78 yang berarti bahwa SMK Negeri 1 Sumber siap untuk menerapkan e-learning tetapi membutuhkan sedikit peningkatan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : E-Learning, Kesiapan, E-Learning Readiness; Aydin & Tasc |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 01:42 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 01:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52211 |
Actions (login required)
View Item |