Peningkatan Keterampilan Membaca Huruf Jawa melalui Media Permainan Papan Pemutar pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kalisegoro Gunungpati Semarang

Galih Istiningsih , 1402407071 (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Huruf Jawa melalui Media Permainan Papan Pemutar pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kalisegoro Gunungpati Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Peningkatan Keterampilan Membaca Huruf Jawa melalui Media Permainan Papan Pemutar pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kalisegoro Gunungpati Semarang) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Kompetensi membaca dalam mata pelajaran bahasa Jawa bertujuan agar peserta didik mampu menguasai keterampilan yaitu membaca huruf Jawa. Pengelolaan pembelajaran bahasa Jawa di kelas IV SDN Kalisegoro Gunungpati Semarang belum menggunakan media pembelajaran yang menarik, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajarnya rendah (ketuntasan klasikal 25%). Maka perlu dilaksanakan perbaikan dengan menerapkan media permainan papan pemutar sebagai alternatif pemecahannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Jawa dengan penggunaan media permainan papan pemutar pada materi membaca kata dan kalimat huruf Jawa. Metode penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kalisegoro Gunungpati Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Cara pengambilan data melalui teknik tes dan nontes, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata persentase 67, 5%, siklus II ratarata persentase 87, 5% dan siklus III rata-rata persentasenya adalah 88, 75%. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan persentase. Perolehan nilai rata-rata dari 28 siswa hasil observasi keterampilan siswa membaca huruf Jawa mengalami peningkatan persentase dari siklus I hingga ke siklus III berupa aspek pelafalan, intonasi, jeda dan kelancaran. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan membaca siswa meningkat pada siklus I rata-rata persentasenya adalah 42, 37%, pada siklus II rata-rata persentase 51, 12 % dan pada siklus III rata-rata persentasenya 64, 37%.Rata-rata hasil nilai membaca huruf Jawa meningkat dari siklus I, II dan III. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan telah tercapai ketuntasan belajar pada siklus III dan penerapan media permainan papan pemutar dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca huruf, kata dan kalimat Jawa pada siswa kelas IV SDN Kalisegoro Gunungpati Semarang. Guru disarankan untuk menerapkan media permainan papan pemutar sebagai alternatif dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran bahasa Jawa yang inovatif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Huruf Jawa, Keterampilan Membaca, dan Media Permainan Papan Pemutar.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 03 Oct 2011 03:12
    Last Modified: 03 Oct 2011 03:12

    Actions (login required)

    View Item