Proses Belajar Menyanyi Keroncong Melalui Tradisi Lisan Di Semarang


Sabrina Firda Sokhiba, - and Abdul Rachman, FBS Pendidikan Seni Musik (2021) Proses Belajar Menyanyi Keroncong Melalui Tradisi Lisan Di Semarang. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni (JPKS), 6 (1). ISSN 2503-4626

[thumbnail of Proses Belajar Menyanyi Keroncong Melalui Tradisi Lisan Di Semarang.pdf] PDF - Published Version
Download (430kB)

Abstract

Keroncong merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Pewarisan turun temurun yang sudah melekat di masyarakat ialah pewarisan secara lisan (tradisi lisan) baik bagi pemain maupun penyanyi keroncong dalam mempelajari lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses belajar menyanyi keroncong melalui tradisi lisan di Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar menyanyi keroncong melalui tradisi lisan terdapat 2 kategori yaitu proses belajar hanya secara lisan dan proses belajar secara lisan namun juga membaca partitur. Proses belajar secara lisan efektif digunakan pada generasi zaman sekarang dan mendukung eksistensi musik keroncong agar tetap berkelanjutan. Namun terdapat kelemahan yaitu pada hasil pembawaan beberapa penyanyi tidak sesuai dengan partitur yang ada atau notasi kurang tepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Proses belajar, menyanyi keroncong, tradisi lisan.
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 24 Oct 2022 00:41
Last Modified: 24 Oct 2022 00:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52209

Actions (login required)

View Item View Item