Model of Constructive Learaning In Learning Arts Culture of Music Madrasah Tsanawiyah 1 Semarang


Arief Samudera, - and Wadiyo, - and Abdul Rachman, FBS Pendidikan Seni Musik (2020) Model of Constructive Learaning In Learning Arts Culture of Music Madrasah Tsanawiyah 1 Semarang. Jurnal Seni Musik, 9 (1). ISSN 2301-6744

[thumbnail of Model of Constructive Learaning In Learning Arts Culture of Music Madrasah.pdf] PDF - Published Version
Download (451kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran seni musik di kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Semarang menggunakan pendekatan kontruktivis berjalan secara terorganisir, hal ini dibuktikan dengan pembelajaran sudah menggunakan model pembelajaran penangkapan yang memiliki tiga tahap antara lain (a) penyajian advance organizer, pendidik memberikan gambaran umum mengenai istilah-istilah penunjang tentang musik (b) penyajian materi atau tugas belajar, membuat diskusi antar siswa dan di evaluasi oleh tenaga pendidik dan (c) memperkuat organisasi kognitif, tanya jawab dan pendalaman materi. Pembelajaran dilaksanakan dalam waktu 2x45 menit dengan pembagian tahap penyajian advance organizer berdurasi waktu 15 menit, tahap penyajian materi atau tugas belajar dilaksanakan dalam waktu 60 menit, dan tahap memperkuat organisasi kognitif berdurasi 15 menit. Saran yang dapat penulis sampaikan antara lain: (1) pendidik hendaknya dapat memanfaatkan media pembelajaran seperti alat musik maupun proyektor yang di miliki sekolah secara maksimal

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Audio visual, media, music learnin
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 21 Oct 2022 06:54
Last Modified: 21 Oct 2022 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52204

Actions (login required)

View Item View Item