NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA


Nufi Azam Muttaqin, 2101417092 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101417092 - Nufi Azam.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik dapat diintegrasikan melalui pembelajaran Bahasa Indonesia, salah satunya melalui pembelajaran sastra dengan memanfaatkan karya sastra sebagai sarana pendidikan karakter. Novel merupakan salah satu karya sastra yang sarat akan nilai-nilai moral yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata, dan (2) Bagaimana kelayakan novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata sebagai bahan ajar sastra di SMA ditinjau dari muatan nilai-nilai pendidikan karakternya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata dan mendeskripsikan kelayakan novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata sebagai bahan ajar sastra di SMA ditinjau dari muatan nilai-nilai pendidikan karakternya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Wujud data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, atau dialog antar tokoh dalam novel yang diyakini mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Pendekatan sastra yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri atau human instrument. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pembacaan heuristik dan teknik catat. Data yang ditemukan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik pembacaan hermeunetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata memuat nilai-nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan lima nilai utama menurut Permendikbud No. 20 Tahun 2018, yaitu nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Kemudian, dalam proses analisis, ditemukan juga nilai-nilai lain, diantaranya nilai gemar membaca, rasa ingin tahu, dan peduli sosial. Novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter layak dijadikan sebagai bahan ajar sastra bagi peserta didik SMA dilihat berdasarkan aspek bahasa, psikologi dan latar belakang budaya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi guru dalam memilih bahan ajar sastra khususnya novel sebagai sarana pendidikan karakter, dan dapat dijadikan sebagai referensi bagi para peneliti yang ingin mengkaji penelitian yang relevan dengan penelitian penulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai pendidikan karakter, peserta didik, novel, bahan ajar sastra
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Oct 2022 08:02
Last Modified: 06 Oct 2022 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52093

Actions (login required)

View Item View Item