KELAYAKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR PADA VIDEO TIKTOK CARA MEMBUAT MAKANAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KELAS VII SMP


Deni Triyanti, 2101417079 (2021) KELAYAKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR PADA VIDEO TIKTOK CARA MEMBUAT MAKANAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101417079 - Deni Triyanti.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses belajar dan hasil belajar peserta didik. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah berpengaruh terhadap penggunaan alat-alat bantu mengajar, tidak hanya aplikasi penunjang belajar yang banyak diminati, aplikasi yang bersifat hiburan pun sudah menjadi tren yang diminati oleh masyarakat. Aplikasi TikTok merupakan salah satu aplikasi yang bersifat untuk hiburan, aplikasi TikTok cukup berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Pemanfaatan aplikasi TikTok dalam pembelajaran teks prosedur tepatnya dalam KD 3.6 yaitu menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll) dari berbagai sumber. Namun, tidak semua video TikTok cara membuat makanan memuat keseluruhan struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur, oleh karena itu perlu adanya analisis lebih lanjut dan secara mendalam apakah di dalam video TikTok cara membuat makanan memuat struktur dan kebahasaan teks prosedur sehingga video TikTok cara membuat makanan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan Kelayakan video TikTok cara membuat makanan dengan struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur dan kelayakannya sebagai media pembelajaran dengan memperhatikan kriteria pemilihan media pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Wujud data dalam penelitian ini berupa 30 video TikTok cara membuat makanan, yang dianalisis berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur serta kriteria pemilihan media pembelajaran. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri atau human instrument. Peneliti sebagai humat instrument memanfaatkan kartu data sebagai alat bantu dalam mencatat data-data penelitian. Data-data yang ditemukan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 30 video TikTok cara membuat makanan yang telah dianalisis ditemukan sebanyak 22 data layak dijadikan sebagai media pembelajaran struktur teks prosedur, 8 data layak dijadikan sebagai media pembelajaran kaidah kebahasaan teks prosedur, dan ditemukan sebanyak 8 data yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran teks prosedur KD 3.6 kelas VII SMP/MTs, karena telah memenuhi struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi guru dalam memilih media pembelajaran teks prosedur, dan dapat dijadikan sebagai referensi bagi para peneliti yang ingin mengkaji penelitian yang relevan dengan penelitian penulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: video TikTok, media pembelajaran, teks prosedur.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:41
Last Modified: 06 Oct 2022 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52091

Actions (login required)

View Item View Item