KESALAHAN BERBAHASA TATARAN SINTAKSIS PADA KARANGAN CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA


Muhammad Selamet Rifa’i, 2101417064 (2021) KESALAHAN BERBAHASA TATARAN SINTAKSIS PADA KARANGAN CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101417064 - Muhammad Selamet Rifa'i.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

Dalam pembelajaran menulis cerita pendek masih banyak dijumpai siswa yang belum bisa menulis atau mengarang cerita pendek dengan baik. Cukup banyak persoalan yang dihadapi siswa dalam menulis karangan cerita pendek. Di antara persoalan-persoalan itu yang dirasa cukup sulit bagi siswa dalam menulis adalah karena kurangnya penguasaan kaidah bahasa cerita pendek, termasuk kaidah penulisannya. Hal itu menyebabkan siswa sering mengalami kesalahan berbahasa dalam kegiatan menulis, yang dalam hal ini adalah menulis karangan cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa tataran sintaksis bidang frasa pada karangan cerita pendek yang dibuat oleh siswa kelas XI SMA, mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa tataran sintaksis bidang kalimat pada karangan cerita pendek yang dibuat oleh siswa kelas XI SMA, dan menjelaskan penyebab terjadinya kesalahan berbahasa tataran sintaksis pada karangan cerita pendek yang dibuat oleh siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah penggalan kata atau kutipan pada karangan cerita pendek siswa kelas XI SMA yang mengandung kesalahan berbahasa tataran sintaksis bidang frasa dan kalimat. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen yang berupa hasil karangan cerita pendek siswa kelas XI SMA, dan narasumber, yaitu guru bahasa Indonesia dan beberapa siswa kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen nontes yang berupa pedoman dokumentasi dan pedoman wawancara untuk pengumpulan data, dan kartu data untuk analisis data. Tahapan-tahapan dalam analisis data diawali dari mengumpulkan data, mengidentifikasi dan mengklasifikasi kesalahan, mengurutkan kesalahan, menjelaskan kesalahan, dan mengevaluasi kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan terhadap 64 teks karangan cerita pendek siswa kelas XI SMA, ditemukan 39 data kesalahan berbahasa tataran sintaksis bidang frasa dan 78 data kesalahan berbahasa tataran sintaksis bidang kalimat. Kesalahan berbahasa tataran sintaksis bidang frasa atas 6 aspek, yaitu adanya pengaruh bahasa daerah, penggunaan preposisi yang tidak tepat, susunan kata yang tidak tepat, penggunaan unsur berlebihan atau mubazir, penggunaan bentuk superlatif yang berlebihan, dan penjamakan yang ganda. Kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah penggunaan preposisi yang tidak tepat. Kesalahan berbahasa tataran sintaksis bidang kalimat terdiri atas 11 aspek, yaitu kalimat tidak bersubjek, kalimat tidak berpredikat, kalimat tidak bersubjek dan tidak berpredikat (kalimat buntung), penggandaan subjek, antara predikat dan objek yang tersisipi, kalimat tidak logis, kalimat ambiguitas, penghilangan konjungsi, penggunaan konjungsi yang berlebihan, urutan kalimat yang tidak paralel, dan penggunaan kata tanya yang tidak perlu. Kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah kalimat ambiguitas. Selain itu, penyebab terjadinya kesalahan berbahasa tataran sintaksis pada karangan cerita pendek siswa kelas XI SMA ada 4, yaitu pengaruh bahasa ibu, kekurangpahaman siswa terhadap kaidah bahasa, pengajaran bahasa yang kurang tepat, dan ketidaksukaan siswa terhadap membaca. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah guru perlu melakukan pengajaran bahasa yang baik, tidak hanya berfokus pada pengajaran materi cerita pendek saja, tetapi juga penulisan cerita pendek yang diwujudkan dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik dan bahan ajar yang tepat. Selain itu, guru juga harus melakukan pembimbingan dan penguatan ketika siswa menulis karangan cerita pendek. Saran selanjutnya adalah siswa harus meningkatkan pemahaman tentang kaidah bahasa dan kaidah penulisan cerita pendek dan harus banyak membaca. Saran terakhir adalah penelitian selanjutnya mengenai analisis kesalahan berbahasa tataran sintaksis pada karangan cerita pendek dapat meneliti tentang penerapan media dan bahan ajar yang tepat bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : kesalahan berbahasa, tataran sintaksis, karangan cerita pendek
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:05
Last Modified: 06 Oct 2022 07:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52089

Actions (login required)

View Item View Item