GAYA BAHASA KIASAN DALAM KUMPULAN PUISI PERAWI SABDA IBU KARYA MUHAMMAD ROIS RINALDI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA


Isnen Fajar, 2101417054 (2021) GAYA BAHASA KIASAN DALAM KUMPULAN PUISI PERAWI SABDA IBU KARYA MUHAMMAD ROIS RINALDI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101417054 - Isnen Fajar.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Gaya bahasa merupakan salah satu unsur pembangun puisi yang mempunyai peranan penting dalam puisi. Penyair menggunakan gaya bahasa sebagai salah satu aspek dalam mendayagunakan bahasa sehingga memberikan pengalaman estetik kepada pembaca. Penyair juga menggunakan gaya bahasa sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu kepada pembaca. Namun, penggunaan gaya bahasa menjadikan puisi sebagai salah satu karya sastra yang sarat makna atau multitafsir. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk dapat memaknai dan memahami isi dan pesan dari sebuah puisi yang dibaca. Salah satu caranya yaitu dengan menganalisis gaya bahasanya. Hal ini karena gaya bahasa merupakan sarana terdekat yang dapat ditempuh oleh pembaca untuk dapat memahami isi dan pesan dalam sebuah puisi. Oleh sebab itu, dengan memahami gaya bahasa yang digunakan, maka akan lebih mudah dalam meraih isi dan pesan-pesan dari puisi yang dibaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gaya bahasa kiasan yang terdapat dalam kumpulan puisi Perawi Sabda Ibu karya Muhammad Rois Rinaldi, (2) Bagaimana fungsi gaya bahasa kiasan yang terdapat dalam kumpulan puisi Perawi Sabda Ibu karya Muhammad Rois Rinaldi, dan (3) Bagaimana kelayakan gaya bahasa kiasan dalam kumpulan puisi Perawi Sabda Ibu karya Muhammad Rois Rinaldi sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yakni dengan menganalisis kumpulan puisi Perawi Sabda Ibu karya Muhammad Rois Rinaldi. Data yang digunakan sebagai bahan penelitian berupa kata, frasa, baris, bait, judul, atau larik dalam kumpulan puisi tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik pembacaan heuristik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh disajikan dalam bentuk uraian. Berdasarkan analisis gaya bahasa kiasan yang dilakukan, diperoleh hasil berupa 40 gaya bahasa kiasan dalam 10 judul puisi layak untuk dijadikan sebagai bahan ajar sastra teks puisi kelas X SMA. Gaya bahasa kiasan tersebut terdapat dalam puisi-puisi berikut (1) Pertaruhan, (2) Selepas Pesta Bulan Haji, (3) Kuncup-Kuncup Matahari, (4) Pada Suatu Malam, (5) Kisah Saban Hari Di Sekitar Dapur, (6) Anak-Anak yang Mengetuk Pintu Rumah Ibu, (7) Anak-Anak yang Mengetuk Pintu Rumah Ibu, (8) Setiap Ibu dan Anak-Anaknya, (9) Hari Pencerahan Akan Tiba, (10) Sebelum Sabda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya bahasa kiasan, puisi, bahan ajar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:55
Last Modified: 06 Oct 2022 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52088

Actions (login required)

View Item View Item