KOMPETENSI ABAD 21 DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP/MTS KELAS VII EDISI REVISI 2017
Novia Wahyu Utami, 2101417050 (2021) KOMPETENSI ABAD 21 DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP/MTS KELAS VII EDISI REVISI 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Download (3MB) |
Abstract
Pada pendidikan abad 21 tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan peserta didik memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat berpikir kritis, mampu berkerja sama, berkomunikasi yang baik, dapat menciptakan dan memperbaharui suatu karya dan memiliki literasi (BSNP, 2010). Proses pembelajaran membutuhkan sumber belajar untuk membantu peserta didik memahami pelajaran. Sumber belajar dapat berupa buku teks. Buku teks yang baik salah satunya harus menerapkan kompetensi abad 21, yaitu keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan komunikasi, dan keterampilan kolaborasi. Penelitian ini memiliki tujuan meliputi: (1) mendeskripsikan penerapan keterampilan berpikir kritis dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017, (2) mendeskripsikan penerapan keterampilan komunikasi dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017, (3) mendeskripsikan penerapan keterampilan kolaborasi dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017, dan (4) mendeskripsikan penerapan keterampilan berpikir kreatif dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode content analysis dengan maksud untuk mendeskripsikan penerapan kompetensi abad 21 dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. Metode dan teknik untuk mengumpulkan data menggunakan metode simak dan teknik catat. Penggunaan metode simak dan teknik catat untuk mengumpulkan data kompetensi abad 21 yang diterapkan pada buku teks. Teknik dokumentasi juga dilakukan untuk memperoleh data berupa foto bagian-bagian buku teks yang dijadikan contoh dalam pembahasan. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti sendiri atau human instrument yang berarti peneliti sebagai perencana, pelaksana, pengumpul data, penafsir, penganalisis, dan pelapor penelitian. Instrumen penelitian kartu data digunakan sebagai pendukung menggunakan kartu data digunakan untuk menganalisis data berupa buku teks Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. Pedoman dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian benar-benar dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan keterampilan berpikir kreatif sudah sangat baik dengan skor tertinggi, yaitu 80,25%. Sementara itu, keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi sudah baik. Keterampilan berpikir kritis mencapai skor 71,05%. Keterampilan kolaborasi mencapai skor 70,75% dan paling rendah adalah keterampilan komunikasi dengan skor 70,37%. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan yaitu bagi pendidik baiknya menganalisis kompetensi abad 21 dalam buku teks yang akan digunakan sebelum pembelajaran berlangsung, dapat menentukan buku teks sebagai sumber belajar bagi peserta didik yang baik dan sesuai tujuan pembelajaran dan tuntutan kurikulum, dan menggunakan buku teks lain untuk menunjang dan pendamping pembelajaran jika terdapat kekurangan pada buku teks yang digunakan. Bagi peneliti lain, dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi dan dapat mengkaji lebih lanjut terkait kompetensi abad 21 pada buku teks. Bagi penerbit, diharapkan dapat menyeleksi dan mengevaluasi kembali kompetensi abad 21 dalam cetakan buku bahasa Indonesia yang diedarkan untuk dikonsumsi publik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan 4C, buku teks, Kemendikbud |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 06:44 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 06:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52086 |
Actions (login required)
View Item |