ANALISIS STRUKTUR DAN ISI WACANA PADA LAMAN COVID19.GO.ID EDISI BULAN DESEMBER 2020 SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR TEKS BERITA BERMUATAN HIDUP SEHAT KELAS VIII SMP
Ika Widyastuti, 2101417028 (2021) ANALISIS STRUKTUR DAN ISI WACANA PADA LAMAN COVID19.GO.ID EDISI BULAN DESEMBER 2020 SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR TEKS BERITA BERMUATAN HIDUP SEHAT KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Download (2MB) |
Abstract
Sumber belajar adalah salah satu bagian yang krusial pada proses belajar. Namun, pada kenyataannya hasil observasi di SMP Negeri 2 Kedungjati ditemukan bahwa sumber belajar yang digunakan kurang inovatif dan bervariatif, salah satunya sumber belajar teks berita. Sumber belajar teks berita yang digunakan berupa buku teks dari pemerintah dan modul saja. Sumber belajar tersebut digunakan setiap tahun. Keadaan ini akan membuat peserta didik terbatas dalam menyerap materi pembelajaran dan pengetahuan lain yang terkandung dalam teks berita. Berdasarkan hal tersebut membuat peserta didik kurang maksimal dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sumber belajar teks berita yang digunakan di SMP Negeri 2 Kedungjati berupa modul ternyata kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran peserta didik kelas VIII SMP. Sumber belajar tersebut kurang memicu munculnya proses belajar peserta didik pada dua kompetensi teks berita dalam kurikulum 2013, yaitu menelaah struktur dan menyimpulkan teks berita. Hal tersebut membuat peserta didik tidak maksimal dalam mencapai tujuan pembelajaran karena terdapat ketidaksesuaian sumber belajar dengan tujuan pembelajaran. Padahal, mengetahui struktur sebuah teks adalah salah satu tahap awal mengenali teks tersebut termasuk jenis teks berita. Hal tersebut akan semakin sulit bagi peserta didik ketika masa pandemi yang mengharuskan pembelajaran secara daring dari rumah dengan bermodalkan sumber belajar tersebut. Melalui berita, peserta didik bisa memperoleh wawasan dan pengetahuan yang lebih luas sehingga terampil berpikir kritis dan kreatif serta bertindak efektif dalam menghadapi permasalahan. Salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, yaitu wacana dalam media massa daring sebagai sumber belajar. Pemilihan sumber belajar yang tepat membuat peserta didik dapat memanfaatkannya dalam proses belajar sehingga membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Bahkan, selain tujuan pembelajaran peserta didik dapat memperoleh pengetahuan lain yang termuat dalam sumber belajar, seperti pengetahuan hidup sehat sebagai wujud penanaman karakter hidup sehat peserta didik di sekolah. Penanaman karakter hidup sehat di sekolah biasanya dilakukan dengan adanya pembiasaan dalam kegiatan keseharian yang menjadi perwujudan penanaman karakter hidup sehat pada peserta didik dan pendidik sebagai teladannya. Namun, masa pandemi saat ini hal tersebut sulit dilakukan. Pendidik harus berpikir inovatif agar nilai karakter hidup sehat tetap tersampaikan pada peserta didik. Salah satu caranya dengan mengintegrasikan nilai karakter hidup sehat di dalam pemilihan sumber belajar. Pengetahuan hidup sehat sangat diperlukan pada masa pandemi saat ini. Adanya pemahaman hidup sehat pada peserta didik diharapkan mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sosial di masyarakat sehingga mencerminkan nilai karakter hidup sehat dalam diri. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan struktur wacana pada laman Covid19.go.id edisi bulan Desember 2020; (2) mendeskripsikan isi wacana pada laman Covid19.go.id edisi bulan Desember 2020; dan (3) mendeskripsikan kelayakan wacana pada laman Covid19.go.id edisi bulan Desember 2020 sebagai alternatif sumber belajar teks berita bermutan hidup sehat kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wacana berita yang telah dikumpulkan dari laman Covid19.go.id edisi Desember 2020 sejumlah 15 judul. Sumber data dalam penelitian ini adalah media massa daring Covid19.go.id yang diterbitkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19. Selanjutnya, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan obervasi. Lalu, teknik analisis data yang digunakan peneliti saat melakukan penelitian menggunakan model Miles & Huberman. Model interaktif analisis data dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, visualisasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini, yaitu (1) Semua wacana dari lima belas wacana pada laman Covid-19 memuat struktur teks berita siswa kelas VIII SMP; (2) Semua wacana dari lima belas wacana pada laman Covid-19 memuat ciri isi teks berita siswa kelas VIII SMP dengan muatan hidup sehat; dan (3) Wacana dari lima belas wacana pada laman Covid-19 layak digunakan sebagai sumber belajar teks berita siswa kelas VIII SMP berita dengan Kompetensi Dasar menganalisis stuktur dan menyimpulkan teks berita siswa kelas VIII SMP dengan muatan hidup sehat. Wacana tersebut, yaitu 1) Masyarakat Tetap Disiplin 3M setelah Vaksin Tiba; 2) Kepatuhan Masyarakat terhadap Protokol Kesehatan Harus Ditingkatkan; 3) Cegah Klaster Kantor Lewat Disiplin 3M; 4) Daerah Harus Pastikan Alat Kesehatan Tersedia Jelang Akhir Tahun; 5) Orang Tua dan Anak Bisa Terus Asah Kreativitas saat Pandemi; 6) Satgas COVID-19: Menghalangi Petugas Harus Ditindak Tegas; 7) Satgas COVID-19: Pengumuman Program Vaksinasi Tunggu Keputusan Pemerintah; 8) Risiko Kematian COVID-19 Dipengaruhi Usia dan Riwayat Komorbid; 9) Fasilitas Isolasi Mandiri Antisipasi Lonjakan Pasien COVID-19; 10) Ibadah Natal Harus Utamakan Kesehatan dan Keselamatan Jemaat; 11) Pemerintah Pantau Perkembangan Varian Baru Virus COVID-19; 12) Pemerintah Pastikan Kesiapan Logistik Vaksin Covid-19; 13) Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia; 14) Pemerintah Ambil Langkah Antisipatif Guna Optimalkan Fasilitas Kesehatan Covid-19; 15) Iman, Aman dan Imun Solusi Komprehensif Terhindar Covid-19.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sumber belajar teks berita, wacana, hidup sehat |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 06:04 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 06:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52083 |
Actions (login required)
View Item |