STRUKTUR DAN PEMARKAH KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI KARYA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU INSAN CENDEKIA SEMARANG


Neni Widyawati, 2101417020 (2021) STRUKTUR DAN PEMARKAH KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI KARYA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU INSAN CENDEKIA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101417020 - Neni Widyawati.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Saat ini pembelajaran dilakukan secara daring, begitupun pembelajaran bahasa Indonesia. Pembelajaran bahasa Indonesia menerapkan kurikulum 2013 edisi revisi, sedangkan pembelajaran dilakukan dengan berbasis teks, terdapat berbagai jenis teks, salah satunya teks eksposisi. Penelitian ini menganalisis struktur dan pemarkah kebahasaan yang terdapat pada teks eksposisi karya peserta didik kelas VIII B dan VIII C SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Semarang. Struktur dan pemarkah kebahasaan pada teks merupakan hal yang sangat penting dalam hal kepaduan teks. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur teks eksposisi karya peserta didik SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Semarang, dan (2) mendeskripsikan pemarkah kebahasaan pada teks eksposisi karya peserta didik SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoretis berupa pendekatan analisis wacana dan pendekatan metodologis berupa pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa penggalan struktur dan pemarkah kebahasaan teks eksposisi karya peserta didik kelas VIII B dan VIII C SMP IT Insan Cendekia Semarang. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu teks eksposisi karya peserta didik kelas VIII B dan VIII C SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode studi dokumentasi yang diikuti dengan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan, yaitu metode agih. Penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Berdasarkan hasil analisis struktur dan pemarkah kebahasaan teks eksposisi karya peserta didik SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Semarang dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Struktur teks eksposisi karya peserta didik dibagi menjadi tiga tipe, yakni teks eksposisi dengan struktur yang lengkap, kurang lengkap, dan tidak lengkap. Teks eksposisi dengan struktur yang lengkap merupakan teks eksposisi karya peserta didik yang memiliki tiga struktur, yakni tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang, teks eksposisi dengan struktur yang kurang lengkap merupakan teks eksposisi karya peserta didik yang memiliki tiga struktur yang lengkap, akan tetapi isi dari struktur tersebut kurang tepat, terakhir teks eksposisi dengan struktur yang tidak lengkap merupakan teks eksposisi yang tidak memiliki salah satu strukturnya. Masing-masing tipe struktur diuraikan berdasarkan tema teks eksposisi yang telah ditentukan, yakni lingkungan hidup, kondisi sosial, dan keragaman budaya. 2) Pemarkah kebahasaan teks eksposisi karya peserta didik yang diteliti adalah pemarkah gramatikal (konjungsi) dan pemarkah leksikal (adverbia). Analisis konjungsi dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan tema teks eksposisi, yakni konjungsi pada teks eksposisi bertema lingkungan hidup, kondisi sosial, dan keragaman budaya. Sedangkan analisis adverbia juga dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan struktur teks, yakni tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang. Saran dari peneliti(1) bagi peneliti lain, penelitian ini perlu dilakukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam. Penelitian ini hanya memfokuskan pada struktur dan pemarkah kebahasaan konjungsi dan adverbia saja sehingga penelitian ini belum menjawab dengan tuntas pemasalahan yang berkaitan dengan pemarkah kebahasaan yang lain ataupun mengenai kesantunan berbahasa pada teks yang ditulis peserta didik, (2) bagi guru bahasa Indonesia, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi pada pembelajaran selanjutnya terkait struktur dan pemarkah kebahasaan teks eksposisi, agar hasil yang didapat makin baik, (3) bagi pembaca, penelitian ini dapat memperluas wawasan dan pengetahuam tentang struktur dan pemarkah kebahasaan sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami karakteristik teks khususnya pada teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teks eksposisi, struktur teks, pemarkah kebahasaan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:36
Last Modified: 06 Oct 2022 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52081

Actions (login required)

View Item View Item