Pengembangan Media Audiovisual (VCD) Sinematisasi Puisi sebagai Media Pengajarana Apresiai Puisi pada Siswa SMA Kelas X


Endang Astuti , 2101407190 (2011) Pengembangan Media Audiovisual (VCD) Sinematisasi Puisi sebagai Media Pengajarana Apresiai Puisi pada Siswa SMA Kelas X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Media Audiovisual (VCD) Sinematisasi Puisi sebagai Media Pengajarana Apresiai Puisi pada Siswa SMA Kelas X]
Preview
PDF (Pengembangan Media Audiovisual (VCD) Sinematisasi Puisi sebagai Media Pengajarana Apresiai Puisi pada Siswa SMA Kelas X) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mengapresiasi puisi merupakan kegiatan yang dapat menumbuhkan sikap kritis pada siswa. Sementara itu, karakteristik dari puisi itu sendiri adalah pemadatan (dan pemusatan) bahasa sehingga membuat siswa bingung dan sulit memahaminya serta masih sedikitnya media yang menunjang untuk pembelajaran mengapresiasi puisi membuat pembelajaran belum mencapai optimal. Media dinilai memiliki peranan yang cukup penting dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pembelajaran untuk mengapresiasi puisi yang sesuai dengan karekteristik siswa tersebut. Permasalahan yang dikaji adalah (1) bagaimanakah profil media pengajaran apresiasi puisi yang sesuai pada siswa SMA kelas X, (2) bagaimanakah prototipe media sinematisasi puisi sebagai media pengajaran apresiasi puisi pada siswa SMA kelas X, dan (3) bagaimanakah validasi prototipe sinematisasi puisi sebagai media pengajaran apresiasi puisi pada siswa SMA kelas X. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) dibuatnya profil media pengajaran apresiasi puisi yang sesuai pada siswa SMA kelas X, (2) dibuatnya prototipe media sinematisasi puisi sebagai media pengajaran apresiasi puisi pada siswa SMA kelas X, dan (3) diperolehnya validasi prototipe sinematisasi puisi sebagai media pengajaran apresiasi puisi pada siswa SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dengan enam tahap, (1) survey pendahuluan, (2) awal pengembangan prototipe bahan ajar, (3) desain produk, (4) pengujian terbatas prototipe media sinemtisasi puisi, (5) revisi dan perbaikan prototipe media sinematisasi puisi, dan (6) deskripsi hasil penelitian. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa dan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data kebutuhan media sinematisasi puisi untuk siswa SMA kelas X. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskrispsi kualitatif, yaiktu pemaparan data dan simpulan data.Setelah peneletian dilaksanakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) simpulan tentang kebutuhan bahan ajar berupa media VCD sinematisasi puisi yang dibutuhkan guru dan siswa adalah sebagai berikut: a) ditinjau dari segi bentuk, siswa dan guru membutuhkan media sinematisasi puisi yang mempunyai bentuk dan desain yang menarik, b) ditinjau dari segi isi, siswa dan guru membutuhkan media sinematisasi puisi yang terdiri atas dua puisi yang disinemakan, (2) hasil penilaian yang diberikan oleh dosen ahli dan guru (a) pada dimensi perwajahan VCD sinematisasi puisi nilai rata-rata yang diperoleh dari guru sebesar 87,2 dan dari ahli sebesar 85, (b) pada dimensi menu teks VCD, nilai rata-rata yang diperoleh dari guru sebesar 85, 78 dan dari ahli 83,75, dan (c) pada dimensi isi VCD, nilai rata-rata yang diperoleh dari guru sebesar 85,25 dan dari ahli 86,25, (3) perbaikan yang dilakukan terhadap prototipe media VCD sinematisasi puisi, yaitu (a) pada dimensi kotak pembungkus VCD sinematisasi puisi, dilakukan penggantian desain secara total. Namun, masih menggunakan konsep awal yaitu menampilkan ilustrasi yang ditampilkan dalam kedua sinema tersebut dan kedua model pembaca, (b) pada dimensi perwajahan VCD sinematisasi puisi, dilakukan penyesuaian dengan sampul kotak pembungkus VCD sinematisasi puisi, (c) pada dimensi menu teks ada penambahan dan perbaikan pada komposisi warna dan ukuran, (d) pada dimensi isi ada penghapusan video atau gambar yang kurang sesuai, (e) perbaikan buku panduan hanya pada sampul buku saja sesuai dengan perubahan sampul VCD. Saran yang peneliti rekomendasikan adalah (1) guru hendaknya mengembangkan media pembelajaran mengapresiasi puisi untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi, yang menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan agar siswa dapat mencapai kompetensi yang diinginkan. Media VCD sinematisasi puisi ini dapat digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran mengapresiasipuisi, (2) perlu diadakan pengembangan terhadap media VCD sinematisasi puisi untuk memperbaiki kekurangan pada media VCD sinematisasi puisi yang telah ada, dan (3) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektivan media VCD sinematisasi puisi untuk siswa SMA kelas X.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Audiovisual (VCD) Sinematisasi Puisi, Apresiasi Puisi, Siswa SMA kelas X.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Oct 2011 06:49
Last Modified: 25 Apr 2015 05:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5208

Actions (login required)

View Item View Item