Efektifitasi Model student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pokok Bahasan Surat Menyurat Terhadap Hasil Belajar Siswa


Pratiwi Siti Dwi Nur Santi, 7101406029 (2011) Efektifitasi Model student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pokok Bahasan Surat Menyurat Terhadap Hasil Belajar Siswa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitasi Model student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pokok Bahasan Surat Menyurat Terhadap Hasil Belajar Siswa.]
Preview
PDF (Efektifitasi Model student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pokok Bahasan Surat Menyurat Terhadap Hasil Belajar Siswa.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal terhadap proses pembelajaran, hasil belajar siswa mata pelajaran Melakukan Prosedur administrasi di kelas X AP SMK Widya Praja Ungaran tergolong rendah, diketahui bahwa dalam menyampaikan konsep materi surat menyurat guru masih menggunakan metode ceramah, siswa lebih banyak mendengarkan dan mencatat. Guru dalam menyampaikan pembelajaran materi surat menyurat tidak menggunakan metode yang bervariasi. Hal ini membuat proses pembelajaran menjadi pasif yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat mengubah siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran, serta menuntut siswa untuk belajar mandiri yaitu metode STAD. Mengingat masih rendahnya kompetensi dasar siswa dan pentingnya pendekatan yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran STAD pada pokok bahasan surat menyurat terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Widya Praja Ungaran Metode penelitian ini merupakan True Experimental design dengan rancangan Propotion Control-group Pretest-posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X Ap SMK Widya Praja Ungaran sebanyak dua kelas. Kelas Ap 1 diberi perlakuan yaitu menggunakan metode pembelajaran STAD, dan kelas X Ap 2 sebagai kelas kontrol atau pembanding. Data penelitian diperoleh dengan metode tes yang kemudian dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 13,88 dan kelompok kontrol sebesar 6,78. Dari hasil analisis hipotesis diperoleh tabelhitungtt026,2891,3 dengan nilai sig = 0,00 < 0,05 jadi H0 ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode STAD pada materi Surat Munyurat di SMK Widya praja ungaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dalam proses belajar mengajar guru hendaknya menggunakan suatu metode pembelajaran yang bervariasi supaya pembelajaran tidak hanya terpusat pada siswa saja. Peneliti memberikan saran agar dalam proses belajar mengajar melakukan prosedur administrasi pada materi surat menyurat guru menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) yang dapat mendorong siswa aktif melalui keterampilan yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas STAD, Pokok bahasan surat menyurat dan Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LT Textbooks
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Oct 2011 06:44
Last Modified: 25 Apr 2015 05:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5207

Actions (login required)

View Item View Item