TUTURAN REPRESENTATIF DAN DIREKTIF DALAM FILM DOKUMENTER DIAM DAN DENGARKAN SERTA KELAYAKANNYA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR TEKS PERSUASI BERTEMA LINGKUNGAN


Febri Haryani, 2101417009 (2021) TUTURAN REPRESENTATIF DAN DIREKTIF DALAM FILM DOKUMENTER DIAM DAN DENGARKAN SERTA KELAYAKANNYA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR TEKS PERSUASI BERTEMA LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101417009 - Febri Haryani.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Tuturan narator dan narasumber merupakan hal yang memegang peranan penting dalam penyajian film dokumenter Diam dan Dengarkan. Hal tersebut dikarenakan informasi peristiwa, argumen, serta pesan persuasif yang dibahas di dalam film dokumenter Diam dan Dengarkan disajikan dalam bentuk tuturan oleh narator dan narasumber. Adanya berbagai tuturan informatif yang bersifat fakta dan mempengaruhi penonton, maka peneliti tertarik untuk melakukan analisis tuturan representatif dan direktif yang digunakan oleh narator dan narasumber di dalam film tersebut. Selain itu, muatan informasi faktual dan persuasif dengan tuturan representatif dan direktif dalam film dokumenter Diam dan Dengarkan yang membahas permasalahan tentang lingkungan hidup memungkinkan untuk dapat disajikan sebagai alternatif sumber belajar yang layak untuk pembelajaran teks persuasi bertema lingkungan. Berdasarkan uraian tersebut, tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi tuturan representatif yang terdapat di dalam film Dokumenter Diam dan Dengarkan, (2) mendeskripsi tuturan direktif apa saja yang ada di dalam film Dokumenter Diam dan Dengarkan, (3) mendeskripsi kelayakan tuturan representatif dan direktif dalam film dokumenter Diam dan Dengarkan sebagai alternatif sumber belajar teks persuasi bertema lingkungan. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori pragmatik, sumber belajar, teks persuasi, dan muatan lingkungan. Data dalam penelitian ini adalah tuturan narator dan narasumber yang ada pada sumber data, yaitu film dokumenter Diam dan Dengarkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sadap, teknik catat, dan teknik dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah penulis dengan menggunakan kartu data. Dalam menganalisis data, teknik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) ditemukan 176 data tuturan representatif yang meliputi tuturan memberitahukan, tuturan menyebutkan, tuturan menyatakan, tuturan melaporkan, tuturan memprediksi, tuturan mengeluh, dan tuturan menunjukkan, (2) ditemukan 21 data tuturan direktif yang meliputi tuturan menasehati, tuturan memesan, tuturan memerintah, tuturan menganjurkan, tuturan menuntut, tuturan melarang, dan tuturan mengajak, (3) ditemukan tuturan representatif dan direktif dalam film dokumenter Diam dan Dengarkan yang layak disajikan sebagai alternatif sumber belajar teks persuasi bertema lingkungan yang terdapat pada Chapter 3 “Kerajaan Plastik” sejumlah 22 tuturan, Chapter 4 “Air Sumber (Gaya) Hidup” sejumlah 14 tuturan, dan Chapter 5 “Kehutanan Yang Maha Esa” sejumlah 17 tuturan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi penambah khasanah keilmuan pragmatik, khususnya bidang tindak tutur representatif dan direktif. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat bermanfaat untuk dunia pendidikan sebagai rujukan bagi pendidik dalam memilih alternatif sumber belajar teks persuasi bertema lingkungan yang layak untuk menambah variasi sumber belajar yang digunakan oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tuturan representatif, tuturan direktif, film dokumenter, sumber belajar, teks persuasi.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:38
Last Modified: 30 Sep 2022 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52060

Actions (login required)

View Item View Item