PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL “KENALI CERPEN!” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA


Annisa Wahyu Palupi, 2101416055 (2021) PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL “KENALI CERPEN!” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101416055 - Ann W P.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Kurikulum 2013 pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang SMA menekankan pembelajaran berbasis teks. Pembelajaran berbasis teks dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia lebih menekankan kepada kemampuan peserta didik untuk memahami berbagai jenis teks dan menutut peserta didik agar mampu menulis berbagai jenis teks, salah satunya adalah cerpen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, banyak peserta didik kurang berminat dalam pembelajaran menulis cerpen, hal tersebut dikarenakan beberapa faktor, salah satunya adalah masih jarang digunakannya media pembelajaran dalam pembelajaran menulis cerpen. Kurikulum 2013 sendiri menuntut peserta didik menjadi agen aktif dalam pembelajaran serta mandiri, maka diperlukan media pembelajaran yang menarik dan inovatif, namun juga mudah diaplikasikan dalam pembelajaran mandiri sehingga pembelajaran tetap berlangsung optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berusaha untuk mengembangkan media pembelajaran menulis cerpen yang mampu menjembatani proses berlajar, yaitu berupa buku saku digital. Hal tersebut sesuai dengan yang telah disampaikan Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru, dan prinsip pembelajaran kurikulum 2013, yaitu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi agar pembelajaran lebih efisien serta efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan media pembelajaran berupa buku saku digital “Kenali Cerpen!” sebagai media pembelajaran menulis cerpen untuk peserta didik kelas XI SMA, (2) menjelaskan prinsip pengembangan buku saku digital “Kenali Cerpen!” sebagai media pembelajaran menulis cerpen untuk peserta didik kelas XI SMA, dan (3) mendesain prototipe buku saku digital “Kenali Cerpen!” sebagai media pembelajaran menulis cerpen untuk peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Langkah-langkah penelitian yang dilakukan yaitu, (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik dan pendidik yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dari SMA N 1 Gubug dan SMA Islam Sudirman Kedungjati, sedangkan sumber data validasi prototipe media buku saku digital sebagai media pembelajaran menulis cerpen adalah dosen ahli dari Universitas Negeri Semarang. Hasil analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap buku saku digital sebagai media pembelajaran menulis cerpen terdiri atas lima aspek, yaitu (1) aspek kebutuhan buku saku digital, (2) aspek isi atau materi, (3) aspek bahasa dan keterbacaan, (4) aspek grafika, dan (5) aspek harapan terhadap buku saku digital. Hasil analisis kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap pengembangan buku saku digital sebagai media pembelajaran menulis cerpen yang diperoleh dirumuskan menjadi prinsip-prinsip pengembangan. Berdasarkan prinsip-prinsip pengembangan yang telah dirumuskan, prototipe buku saku digital “Kenali Cerpen!” sebagai media pembelajaran menulis cerpen untuk peserta didik kelas XI SMA disusun. Penilaian pada buku saku digital “Kenali Cerpen!” sebagai media pembelajaran menulis cerpen untuk peserta didik kelas XI SMA dilakukan oleh ahli dalam aspek materi serta aspek media. Perolehan rata-rata persentase dari dua validator ahli pada penilaian aspek materi atau isi sebesar 86,9%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa prototipe pada aspek materi atau isi memiliki kriteria sangat baik. Sedangkan perolehan rata-rata persentase dari dua validator ahli pada aspek media sebesar 81%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa prototipe pada aspek media memiliki kriteria baik. Validator ahli memberi saran perbaikan secara umum terhadap prototipe buku saku digital “Kenali Cerpen!” sebagai media pembelajaran menulis cerpen untuk peserta didik kelas XI SMA. Perbaikan yang disarankan oleh validator ahli meliputi (1) penggunaan bahasa, (2) ukuran huruf, dan (3) warna tulisan. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyarankan untuk menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran menulis cerpen. Menggunakan media pembelajaran dalam materi menulis cerpen dapat membantu peserta didik dalam memahami, karena dengan diimbangi adanya penggunaan media, proses komunikasi dalam pembelajaran akan berjalan dengan baik. Penelitian pengembangan buku saku digital “Kenali Cerpen!” sebagai media pembelajaran menulis cerpen untuk peserta didik kelas XI SMA yang telah dilakukan ini tidak sempurna, perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk produk hasil penelitian dan keefektifannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, buku saku digital, menulis cerpen
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:29
Last Modified: 29 Sep 2022 07:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52055

Actions (login required)

View Item View Item