PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERMUATAN NILAI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN UNTUK MENGEKSPRESIKAN TEKS CERITA PENDEK SECARA LISAN PADA SISWA SMP


Bayu Surya Anantama, 2101413093 (2021) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERMUATAN NILAI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN UNTUK MENGEKSPRESIKAN TEKS CERITA PENDEK SECARA LISAN PADA SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101413093 - Bayu Surya Anantama.pdf] PDF
Download (15MB)

Abstract

Kehadiran buku dalam dunia pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Pengadaan buku bagi siswa tidak hanya buku teks pelajaran. Ada juga buku nonteks pelajaran yang salah satu jenisnya adalah buku pengayaan bermuatan nilai pengetahuan dan keterampilan untuk mengekspresikan cerita pendek secara lisan. Buku pengayaan yang sejatinya sudah diatur dalam undang-undang dan ditetapkan sebagai sumber belajar pendamping buku wajib yaitu buku teks pelajaran harus dimanfaatkan keberadaannya secara maskimal baik oleh pihak sekolah, guru, siswa, maupun pembaca pada umumnya. Pada kenyataannya, masih sedikit guru dan siswa menggunakan buku pengayaan khususnya dalam kegiatan pembelajaran mengekspresikan cerita pendek secara lisan. Mereka masih mengandalkan buku teks pelajaran terbitan pemerintah ataupun swasta, LKS, buku fiksi, dan buku referensi. Akibatnya, guru dan siswa kurang mendapatkan sumber informasi, kualitas pembelajaran yang rendah, dan kurang tercapainya peran pembelajaran sastra di sekolah yaitu sebagai pembentuk karakter siswa. Padahal, penggunaan buku pengayaan dapat menambah sumber informasi guna memperkaya pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian siswa/pembaca. Selain itu, buku pengayaan juga dapat diintegrasikan dengan muatan nilai sehingga siswa dapat meneladani nilai-nilai yang ada di dalam buku. Berdasarkan pemaparan tersebut, masalah penelitin ini adalah (1) bagaimanakah kebutuhan buku pengayaan bermuatan nilai pengetahuan dan keterampilan untuk mengekspresikan cerita pendek secara lisan, (2) bagaimanakah prototipe buku pengayaan bermuatan nilai pengetahuan dan keterampilan untuk mengekspresikan cerita pendek secara lisan, (3) bagaimanakah penilaian ahli terhadap buku pengayaan bermuatan nilai pengetahuan dan keterampilan untuk mengekspresikan cerita pendek secara lisan, dan (4) bagaimanakah hasil perbaikan buku pengayaan bermuatan nilai pengetahuan dan keterampilan untuk mengekspresikan cerita pendek secara lisan setelah memperoleh penilaian dari para ahli. Tujuan penelitian ini ini untuk mengetahui wujud, keunggulan, dan kelayakan produk buku pengayaan bermuatan nilai pengetahuan dan keterampilan untuk mengekspresikan cerita pendek secara lisan pada siswa SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, mengekspresikan, cerita pendek, nilai pengetahuan, nilai keterampilan
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:21
Last Modified: 29 Sep 2022 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52054

Actions (login required)

View Item View Item