PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei Pada Konsumen Mincellar Water Garnier)


Naura Qonita Satriana, 7311417074 (2021) PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei Pada Konsumen Mincellar Water Garnier). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei Pada Konsumen Mincellar Water Garnier)] PDF (PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei Pada Konsumen Mincellar Water Garnier)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini dapat mengubah pola konsumsi masyarakat sehingga mereka cenderung membeli produk ramah lingkungan. Faktor yang dapat meningkatkan keputusan pembelian dalam menkonsumsi produk ramah lingkungan dapat berupa green product, green marketing, dan citra merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah green product, green marketing, dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian serta untuk mengetahui apakah citra merek mampu memediasi hubungan antara green product dan green marketing terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari produk Micellar Water Garnier di Kabupaten Banjarnegara. Jumlah sampel sebanyak 110 responden, pengambilan sampel menggunakan insidental sampling. Teknik pengumpulan data dila kukan dengan metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur dengan bantuan program SPSS 25 rilis 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green product berpengaruh negatif dan terhadap keputusan pembelian sedangkan green marketing dan citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa citra merek mampu memediasi hubungan antara green product dan green marketing terhadap keputusan pembelian. Saran bagi konsumen untuk dapat mempertimbangkan aspek green product sebagai penentu dalam keputusan pembelian. Saran bagi perusahaan untuk dapat lebih mengiklankan pencapaian dalam mewujudkan green product serta menginovasi promosi paket bundling produk karena konsumen cenderung membeli produk karena merek. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan variabel intervening lainnya yang diharapkan dapat memberikan nilai yang lebih besar daripada variabel citra merek dan mengganti objek penelitian untuk dilihat perbandingan hasilnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Green Product, Green Marketing, Citra Merek, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Sep 2022 01:56
Last Modified: 28 Sep 2022 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52022

Actions (login required)

View Item View Item