PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASIONAL PADA TURNOVER INTENTION MELALUI KOMITMEN AFEKTIF (Studi pada Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Tingkat Universitas di Universitas Terakreditasi A Jawa Tengah)


Mar’atus Syolikha, 7311417068 (2021) PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASIONAL PADA TURNOVER INTENTION MELALUI KOMITMEN AFEKTIF (Studi pada Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Tingkat Universitas di Universitas Terakreditasi A Jawa Tengah). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASIONAL PADA TURNOVER INTENTION MELALUI KOMITMEN AFEKTIF (Studi pada Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Tingkat Universitas di Universitas Terakreditasi A Jawa Tengah)] PDF (PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASIONAL PADA TURNOVER INTENTION MELALUI KOMITMEN AFEKTIF (Studi pada Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Tingkat Universitas di Universitas Terakreditasi A Jawa Tengah)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Adanya pandemi membuat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat Universitas di Jawa Tengah menyesuaikan kebijakan organisasi dari offline menjadi online. Dikarenakan perubahan yang mendadak, tidak jarang permasalahan-permasalahan organisasi muncul, salah satunya yaitu meningkatnya turnover intention. Berdasarkan data hasil studi pendahuluan, turnover intention pengurus UKM tingkat Universitas di Jawa Tengah tergolong tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh servant leadership dan persepsi dukungan organisasional pada turnover intention pengurus UKM tingkat Universitas di Jawa Tengah dengan komitmen afektif sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengurus UKM tingkat Universitas di Jawa Tengah dengan jumlah sampel 180 responden dari sepuluh universitas terakreditasi A di Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dan simple random sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data meliputi analisis deskriptif menggunakan program SPSS 25 dan analisis Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh servant leadership pada turnover intention tidak signifikan, namun pengaruh persepsi dukungan organisasional dan komitmen afektif pada turnover intention signifikan. Selain itu, pengaruh servant leadership dan persepsi dukungan organisasional pada komitmen afektif juga signifikan. Selanjutnya, penelitian ini menemukan adanya pengaruh yang signifikan antara servant leadership dan persepsi dukungan organisasional pada turnover intention yang dimediasi oleh komitmen afektif. Saran penelitian di masa depan, penelitian ini menguji persepsi pengurus UKM di tingkat individu dan responden hanya berasal dari universitas yang terakreditasi A, oleh karena itu peneliti di masa depan dapat mereplikasi model penelitian ini di tingkat organisasi atau universitas tertentu yang terakreditasi B.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adanya pandemi membuat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat Universitas di Jawa Tengah menyesuaikan kebijakan organisasi dari offline menjadi online. Dikarenakan perubahan yang mendadak, tidak jarang permasalahan-permasalahan organisasi muncul, salah satunya yaitu meningkatnya turnover intention. Berdasarkan data hasil studi pendahuluan, turnover intention pengurus UKM tingkat Universitas di Jawa Tengah tergolong tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh servant leadership dan persepsi dukungan organisasional pada turnover intention pengurus UKM tingkat Universitas di Jawa Tengah dengan komitmen afektif sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengurus UKM tingkat Universitas di Jawa Tengah dengan jumlah sampel 180 responden dari sepuluh universitas terakreditasi A di Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dan simple random sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data meliputi analisis deskriptif menggunakan program SPSS 25 dan analisis Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh servant leadership pada turnover intention tidak signifikan, namun pengaruh persepsi dukungan organisasional dan komitmen afektif pada turnover intention signifikan. Selain itu, pengaruh servant leadership dan persepsi dukungan organisasional pada komitmen afektif juga signifikan. Selanjutnya, penelitian ini menemukan adanya pengaruh yang signifikan antara servant leadership dan persepsi dukungan organisasional pada turnover intention yang dimediasi oleh komitmen afektif. Saran penelitian di masa depan, penelitian ini menguji persepsi pengurus UKM di tingkat individu dan responden hanya berasal dari universitas yang terakreditasi A, oleh karena itu peneliti di masa depan dapat mereplikasi model penelitian ini di tingkat organisasi atau universitas tertentu yang terakreditasi B.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Sep 2022 01:43
Last Modified: 28 Sep 2022 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52021

Actions (login required)

View Item View Item