PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 14 SEMARANG


Lyna Latifah, - (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 14 SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 6 (1). pp. 36-46. ISSN 2252-6544

[thumbnail of 11. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Siswa Kelas XI IS SMA - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 14 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS di SMA Negeri 14 Semarang tahun pelajaran 2015/2016 sebesar 144 siswa. Anggota sampel adalah 106 siswa dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner untuk mengumpulkan data. Metode analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, analisis konfirmatori, dan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara langsung keterampilan mengajar guru sebesar 19,4%, kesiapan belajar sebesar 28,1%, motivasi belajar sebesar 38,7% terhadap hasil belajar. Ada pengaruh secara langsung keterampilan mengajar guru sebesar 23,6%, kesiapan belajar sebesar 59,9% terhadap motivasi belajar. Ada pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar sebesar 28,5%. Ada pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar sebesar 51,3%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa keterampilan mengajar guru dan kesiapan belajar siswa berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning Motivation; Learning Outcomes; Learning Readiness;
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:32
Last Modified: 27 Sep 2022 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52017

Actions (login required)

View Item View Item