PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KAPABILITAS PADA KINERJA KARYAWAN DENGAN PERILAKU KERJA INOVATIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada karyawan CV. Aulia Fajar Collection)


Dwi Andriyani, 7311417041 (2021) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KAPABILITAS PADA KINERJA KARYAWAN DENGAN PERILAKU KERJA INOVATIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada karyawan CV. Aulia Fajar Collection). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KAPABILITAS PADA KINERJA KARYAWAN DENGAN PERILAKU KERJA INOVATIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada karyawan CV. Aulia Fajar Collection)] PDF (PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KAPABILITAS PADA KINERJA KARYAWAN DENGAN PERILAKU KERJA INOVATIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada karyawan CV. Aulia Fajar Collection)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada saat ini, kondisi lingkungan bisnis sedang mengalami perguncangan dari berbagai sektor sehingga menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang kurang baik dan berdampak pada lesunya iklim dunia usaha, hal ini sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi setiap perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan pertumbuhan perekonomiannya. Kinerja karyawan merupakan tujuan yang berhasil dicapai seseorang dalam memenuhi tugas dan pemberiannya. Mengingat kinerja karyawan memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja organisasi, maka penelitian terkait kinerja individu dalam organisasi terus mendapat perhatian Oleh karena itu, organisasi harus mampu memanfaatkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja karyawan baik faktor internal maupun faktor eksternal. Beberapa faktor seperti efikasi diri, kapabilitas dan perilaku kerja inovatif yang merupakan faktor yang diduga dapat memberikan pengaruh pada kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mediasi perilaku kerja inovatif dalam hubungan efikasi diri dan kapabilitas pada kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah karyawan CV. Aulia Fajar Collection yang berjumlah 160 karyawan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner baik secara online maupun offline. Metode analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif dengan teknik pengolahan data menggunakan Structural Equation Modelling berbasis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku kerja inovatif dan kapabilitas berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan. Sedangkan efikasi diri berpengaruh positif namun tidak signifikan pada kinerja karyawan. Efikasi diri dan kapabilitas berpengaruh positif dan signifikan pada perilaku kerja inovatif. Perilaku kerja inovatif berhasil memediasi penuh dalam hubungan efikasi diri pada perilaku kerja inovatif. Sedangkan perilaku kerja inovatif dapat memediasi secara partial hubungan antara kapabilitas pada kinerja karyawan. Simpulan penelitian ini adalah efikasi diri, kapabilitas dan perilaku kerja inovatif dapat meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian selanjutnya, diharapkan dapat mengambil objek penelitian yang membutuhkan tingkat inovasi tinggi sehingga dapat menggeneralisasikan hasil mediasi secara lebih baik. Penelitian yang akan mendatang juga diharapkan untuk menggunakan faktor lain yang dapat berpengaruh pada kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Kapabilitas, Perilaku Kerja Inovatif, Kinerja Karyawan, CV. Aulia Fajar Collection
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:26
Last Modified: 26 Sep 2022 01:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52006

Actions (login required)

View Item View Item