PENGARUH RESHUFFLE KABINET PRESIDEN JOKO WIDODO TERHADAP REAKSI PASAR MODAL INDONESIA (STUDI PADA SAHAM LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)


Muhammad Dwi Cahyo, 7311417016 (2021) PENGARUH RESHUFFLE KABINET PRESIDEN JOKO WIDODO TERHADAP REAKSI PASAR MODAL INDONESIA (STUDI PADA SAHAM LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH RESHUFFLE KABINET PRESIDEN JOKO WIDODO TERHADAP REAKSI PASAR MODAL INDONESIA (STUDI PADA SAHAM LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)] PDF (PENGARUH RESHUFFLE KABINET PRESIDEN JOKO WIDODO TERHADAP REAKSI PASAR MODAL INDONESIA (STUDI PADA SAHAM LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal mempunyai peranan krusial bagi perekonomian terutama pada pengalokasian dana masyarakat. Pasar modal tidak akan lepas dari berbagai pengaruh lingkungan, baik lingkungan ekonomi maupun non-ekonomi. Peristiwa kerap menjadi faktor pemicu utama fluktuasi harga saham di bursa efek dunia. Informasi yang relevan bagi investor akan sangat membantu dalam menilai prospek kinerja emiten sehingga para investor memiliki gambaran mengenai risiko dan expected return atas dana yang telah atau akan diinvestasikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan average abnormal return, average trading volume activity dan average security return variability antara sebelum dan sesudah peristiwa reshuffle kabinet presiden Joko Widodo. Metode yang di pakai purposive sampling digunakan untuk menentukan jumlah sampel. Periode penelitian terbatas pada t-5 sebelum peristiwa dan t+5 setelah peristiwa. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 18 hipotesis terdapat 3 perbedaan yang signifikan pada average abnormal return, 2 perbedaan signifikan pada average trading volume activity, dan 2 perbedaan signifikan pada security return variability. Sedangkan ada 3 hipotesis yang tidak ada perbedaan pada average abnormal return, ada 4 hipotesis yang tidak terdapat perbedaan signifikan pada average abnormal return, ada 4 hipotesis yang tidak terdapat perbedaan signifikan pada average security return variability. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi peneliti selanjutnya apabila menggunakan variabel yang sama untuk mengukur reaksi pasar modal terhadap suatu peristiwa dan diperhatikan juga dalam periode penelitian apakah terdapat peristiwa lain yang dapat berpengaruh terhadap pasar atau tidak. Bagi investor hasil penelitian ini bisa menjadi bahan rujukan untuk mengambil keputusan membeli saham karena tidak semua peristiwa reshuffle kabinet memberikan return kepada investor dan dalam mengambil keputusan berinvestasi untuk lebih fokus pada aspek fundamental terhadap penilaian portofolio sahamnya. Bagi manajer investasi diharapkan untuk dapat mengidentifikasi kembali informasi yang berkaitan dengan pengumuman suatu peristiwa yang menjadi faktor eksternal terhadap aktivitas perdagangan saham.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Abnormal Return, Trading Volume Activity, Security Return Variability
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:19
Last Modified: 26 Sep 2022 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52005

Actions (login required)

View Item View Item