PERAN LINGKUNGAN INDUSTRI DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI STRATEGI PEMASARAN (Studi Pada Usaha Mikro Carica di Kabupaten Banjarnegara)


Tyeka Febi Lestari, 7311416150 (2021) PERAN LINGKUNGAN INDUSTRI DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI STRATEGI PEMASARAN (Studi Pada Usaha Mikro Carica di Kabupaten Banjarnegara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN LINGKUNGAN INDUSTRI DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI STRATEGI PEMASARAN (Studi Pada Usaha Mikro Carica di Kabupaten Banjarnegara)] PDF (PERAN LINGKUNGAN INDUSTRI DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI STRATEGI PEMASARAN (Studi Pada Usaha Mikro Carica di Kabupaten Banjarnegara)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja pemasaran merupakan faktor penting bagi setiap perusahaan guna mengukur strategi perusahaan untuk mengetahui tingkat volume penjualan, tingkat pertumbuhan penjualan dan perolehan laba perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh lingkungan industri dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui strategi pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh usaha mikro carica di Kabupaten Banjarnegara. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 103 responden yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan uji t dan analisis jalur menggunakan IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan strategi pemasaran berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan lingkungan industri tidak memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran secara langsung. Strategi pemasaran memediasi pengaruh lingkungan industri dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Simpulan dari penelitian ini adalah orientasi kewirausahaan dan startegi pemasaran mampu meningkatkan kinerja pemasaran secara langsung. Sedangkan lingkungan industri secara langsung tidak dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Strategi pemasaran juga mampu memediasi pengaruh variabel lingkungan industri dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Saran yang diberikan adalah sebaiknya pelaku usaha mikro lebih meningkatkan kualitas produk, melakukan inovasi dan memperluas jaringan distribusi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperkuat landaran teori tentang meningkatkan kinerja pemasaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Industri, Orientasi Kewirausahaan, Strategi Pemasaran, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:10
Last Modified: 26 Sep 2022 01:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52004

Actions (login required)

View Item View Item