SISTEM SURVEILANS EPIDEMIOLOGI BERBASIS ANDROID SEBAGAI PENDUKUNG KEWASPADAAN DINI KEJADIAN LUAR BIASA DEMAM BERDARAH DENGUE


Nur Khaeni Oktafia, 5302415001 (2021) SISTEM SURVEILANS EPIDEMIOLOGI BERBASIS ANDROID SEBAGAI PENDUKUNG KEWASPADAAN DINI KEJADIAN LUAR BIASA DEMAM BERDARAH DENGUE. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 5302415001 - Nur Khaeni Oktafia(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Sistem administratif dalam gerakan 1 rumah 1 jumantik di Kecamatan Rowokele dengan mengisi kertas formulir dan petugas harus memasukkan kembali satu-persatu data untuk dilaporkan sehingga membutuhkan waktu yang lama serta tidak real-time. Sarana berupa aplikasi SIPETIK berbasis android dapat dikembangkan dan digunakan untuk melakukan pencatatan pemantauan dan pelaporan jentik serta penemuan kasus/penderita DB. Penelitian ini bertujuan untuk membangun dan mengetahui kelayakan aplikasi SIPETIK. Prosedur penelitian yang dilakukan berdasarkan flowchart yaitu persiapan penelitian, analisis kebutuhan, perancangan atau desain sistem, pembuatan sistem, pengujian sistem, dan Deployment. Aspek pengujian yang dilakukan untuk uji validitas ahli media dan pengguna yaitu functionality, compability, dan usability dengan analisis data menggunakan skala Likert. Hasil functionality testing menunjukan bahwa seluruh fungsi berjalan dengan baik sesuai harapan. Hasil compability testing menunjukan bahwa proses instalasi dan penggunaan aplikasi pada versi sistem operasi android dengan resolusi layar berbeda telah berhasil dijalankan. Hasil rata-rata persentase yang diperoleh dari uji media adalah 92,67% (Sangat Layak). Hasil dari usability testing yang diuji pengguna menghasilkan rata-rata persentase 89,62% (Sangat Layak) sehingga aplikasi SIPETIK layak digunakan sebagai sarana pencatatan pemantauan jentik nyamuk mandiri secara berkala. Saran untuk peneliti selanjutnya agar memperbaiki kekurangan yang ada dengan mengembangkan aplikasi tersebut menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Android, Aplikasi, Jumantik.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:17
Last Modified: 13 Sep 2022 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51965

Actions (login required)

View Item View Item