(ABSTRAK) PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR BIOLOGI DI SEKOLAH DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) SMA/MA SE-KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2010

Alif Sumarsih , 4401405530 (2010) (ABSTRAK) PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR BIOLOGI DI SEKOLAH DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) SMA/MA SE-KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR BIOLOGI DI SEKOLAH DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) SMA/MA SE-KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2010) - Published Version
Download (72Kb)

    Abstract

    Hasil Ujian Nasional (UN) biologi di SMA/MA se-Kabupaten Sragen tahun ajaran 2009/2010 belum memuaskan. Nilai-nilai try-out yang telah dilakukan sebelum UN menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang memiliki nilai di bawah standart kelulusan UN. Berdasarkan hasil UN yang belum memuaskan tersebut pelaksanaan bimbingan belajar dalam rangka menghadapi UN perlu dievaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pelaksanaan dan persepsi siswa tentang pelaksanaan program bimbingan belajar biologi dalam menghadapi UN SMA/MA se-Kabupaten Sragen tahun 2010. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah 24 SMA/MA yang memiliki program IPA dan yang menyelenggarakan program bimbingan belajar biologi yang meliputi 9 SMA negeri, 10 SMA swasta, dan 5 MA negeri. Sampel sekolah diambil secara proportional stratified random sampling sebesar 30 %. Sampel siswa diambil 30 % dari setiap sekolah sampel. Data berupa pelaksanaan program bimbingan dan persepsi siswa terhadap pelaksanaan program bimbingan belajar biologi di sekolah. Pola pelaksanaan program bimbingan belajar biologi di sekolah dalam menghadapi UN di 8 (delapan) SMA/MA yang mencakup: teknik, waktu, biaya, tenaga pengajar, dan sumber soal hampir sama. Persepsi siswa SMA/MA se- Kabupaten Sragen tentang pelaksanaan program bimbingan belajar biologi di sekolah dalam menghadapi UN yang meliputi dengan NEM tinggi, sedang, dan rendah pada aspek yang meliputi: manfaat, minat dan motivasi, tujuan, kepuasan siswa, waktu, dan strategi berturut-turut dengan presentase 83,6 % (sangat setuju), 63,9 % (setuju), 77,9 % (sangat setuju), 68,4 % (setuju), 70,9 % (setuju), dan 75,9 % (setuju).

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar, bologi, SMA/MA, UN, Sragen
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 03 Oct 2011 00:13
    Last Modified: 03 Oct 2011 00:14

    Actions (login required)

    View Item