Keanekaragaman Jenis Collembola Di Jatibarang Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Ektoparasit Pada Ordo Artiodactyla Di Taman Margasatwa Semarang


N T Qonita, - and Partaya, - and Ning Setiati, FMIPA Biologi (2019) Keanekaragaman Jenis Collembola Di Jatibarang Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Ektoparasit Pada Ordo Artiodactyla Di Taman Margasatwa Semarang. In: Seminar Nasional Biologi Ke-7, 24 oktober 2019, Semarang.

[thumbnail of Keanekaragaman Jenis Collembola Di Jatibarang.pdf] PDF - Published Version
Download (207kB)

Abstract

Collembola merupakan fauna tanah yang berperan sebagai perombak bahan organik, pemakan jamur, indikator perubahan keadaan tanah, dan penyeimbang fauna tanah. Collembola sangat sensitif terhadap perubahan suhu dan faktor abiotic tanah sehingga collembola dapat dijadikan sebagai indikator alami kesehatan tanah. Penelitian ini bertujuan mengetahui keanekaragaman Collembola pada 3 habitat yang berbeda di Kecamatan Jatibarang. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan menentukan kriteria lahan berdasarkan penentuan lokasi penelitian, pengambilan spesies digunakan menggunakan ekstraksi corong barlese dan pitfall trap. Hasil yang didapatkan sebanyak 11 genus. Pada habitat TPA didapatkan 8 Genus berbeda yaitu, Lepidpcytus, Acrocyrtus, Cyphoderopsis, Rambutsinela, Dicranocentrus, Micrisotoma, Isotomiella , Folsomina , yang didominasi oleh Genus Folsomia . Pada habitat sawah bero didapatkan 3 Genus yaitu Ascocyrtus, Lepidocyrtus, Acrocyrtus, yang didominansi oleh genus Lepidocyrtus. Pada habitat kebun didapatkan 4 genus yaitu Ascocyrtus, Lepidocyrtus, Bromacanthus, Sinella didominansi oleh genus Ascocyrtus.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Collembola, Fauna Tanah, Jatibarang, Corong Barlese
Subjects: Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:37
Last Modified: 05 Sep 2022 06:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51871

Actions (login required)

View Item View Item