MOTIVASI SUPORTER PANSER GIRL DALAM MENDUKUNG KLUB PSIS SEMARANG


YANUAR BAGUS RUSDIANTO, 6102416062 (2021) MOTIVASI SUPORTER PANSER GIRL DALAM MENDUKUNG KLUB PSIS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MOTIVASI SUPORTER PANSER GIRL DALAM MENDUKUNG KLUB PSIS SEMARANG] PDF (MOTIVASI SUPORTER PANSER GIRL DALAM MENDUKUNG KLUB PSIS SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sepak bola merupakan olahraga yang populer di dunia, bahkan di Indonesia olahraga ini bisa dibilang adalah sebagai primadonanya olahraga Indonesia. Minat dalam olahraga ini bukan hanya dalam memainkannya, tetapi dengan menonton sebuah pertandingan sepak bola juga bisa memberikan suatu kesenangan tersendiri untuk masyarakat, sehingga tidak sedikit orang yang suka menonton pertandingan sepak bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri untuk perempuan menjadi suporter Panser Girl Persatuan Sepak Bola Indonesia Semarang . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota komunitas suporter sepak bola Panser Girl PSIS Semarang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulas data. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada suporter Panser Girl menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis wawancara didapatkan hasil bahwa indikator kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa sosial/cinta, kebutuhan akan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri dimiliki oleh mayoritas dari anggota panser pada motivasi dalam mendukung tim sepak bola PSIS Semarang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa sosial/cinta, kebutuhan akan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri dimiliki oleh mayoritas dari anggota panser girl pada motivasi dalam mendukung tim sepak bola PSIS Semarang. Berdasarkan hasil tersebut disarankan bagi anggota komunitas suporter Panser Girl, upaya pembentukan citra komunitas suporter sepak bola yang baik dimata masyarakat dengan cara penggunaan seragam yang sopan dan kegiatan-kegiatan yang positif, sehingga alangkah sebaiknya turut merangkul agar paham dan sejalan aturanaturan dan tujuan komunitas suporter Panser Girl.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Suporter, PSIS Semarang
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:40
Last Modified: 05 Sep 2022 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51854

Actions (login required)

View Item View Item