MANAJEMEN PEMBINAAN PRESTASI KLUB BOLA VOLI MITRA KENCANA DI KOTA SEMARANG TAHUN 2021


Nabila Nailufar, 6101417051 (2021) MANAJEMEN PEMBINAAN PRESTASI KLUB BOLA VOLI MITRA KENCANA DI KOTA SEMARANG TAHUN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN PEMBINAAN PRESTASI KLUB BOLA VOLI MITRA KENCANA DI KOTA SEMARANG TAHUN 2021] PDF (MANAJEMEN PEMBINAAN PRESTASI KLUB BOLA VOLI MITRA KENCANA DI KOTA SEMARANG TAHUN 2021) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Olahraga bola voli mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal tersebut dikarenakan bola voli merupakan olahraga yang merakyat dan mudah dilakukan. Klub Mitra Kencana Semarang merupakan klub tangguh yang berada di Jawa Tengah. Hal tersebut dibuktikan banyaknya prestasi yang telah diraih baik ditingkat provinsi maupun tingkat nasional seperti Proliga, Livoli dan masih banyak lagi. Pencapaian prestasi tersebut tentunya melalui suatu proses manajemen pembinaan prestasi yang terdiri dari 1) perencanaan (planning), 2) pengorganisasian (organizing), 3)pergerakan ( actuating), 4) Pengawasan (controlling). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan manajemen pembinaan prestasi pada Klub Bola Voli Mitra Kencana di Kota Semarang Tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penrikan kesimpulan serta membuat laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Pembinaan di Klub Mitra Kencana Semarang sudah baik, mulai dari pemassalan, pembibitan, serta prestasi yang di raih juga sudah baik . Program tersusun dengan jelas dan dalam pelaksanaannya juga sudah baik. Pelatih mempunyai kemampuan yang baik, dan berlisensi pelatih. Tetapi untuk Organisasi Klub Mitra Kencana Semarang belum baik, karena masih terdapat rangkap jabatan antara pengurus klub dan pelatih sehingga focus terbagi. Pendanaan juga belum baik, dimana dana hanya diperoleh dari pendaftaran altet, sehingga untuk biaya operasional klub juga belum tercukupi. Sarana yang dimiliki cukup memadai seperti bola, jumlahnya sudah banyak, net kondisi bagus, tetapi untuk prasarana yaitu lapangan belum baik, dimana belum mempunyai lapangan sendiri. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran (1) Pengurus Klub Mitra Kencana supaya melakukan perbaikan pada struktur organisasi sehingga tidak terdapat rangkap jabatan dan bisa fokus dengan tugas masing-masing yang diemban, mencari sumber dana lain seperti mengajukan sponsor sehingga pendanaan di Klub Mitra bertambah dan biaya operasional bisa terpenuhi, mengusahakan prasarana atau lapangan sebagai tempat latihan, sehingga program latihan bisa terlaksana dengan baik, (2) Atlet untuk terus bersemangat dalam latihan dan tingkatkan prestasi Klub Mitra Kencana Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembinaan prestasi, Klub Bola Voli Mitra Kencana di Kota Semarang
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:01
Last Modified: 05 Sep 2022 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51851

Actions (login required)

View Item View Item